Senin, 20 Mei 2019

Yang Mana Bedak Wardahmu? Ini Dia Tips Memilih Bedak

00.05 0 Comments
Memilih bedak itu gampang-gampang susah buat saya yang memiliki kulit sensitif. Salah pilih bedak bisa mengakibatkan wajah berjerawat bahkan timbul bercak merah yang cukup mengganggu di area wajah. Untuk itu diperlukan kecermatan dalam memilih bedak yang cocok. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bedak.

1. Jenis kulit
Ada tiga jenis kulit yaitu normal, kering dan berminyak. Pastikan sebelum memilih bedak kamu sudah tahu jenis kulitmu. Sebenarnya jenis kulit saya normal cenderung kering, sehingga jika salah memilih bedak untuk kulit berminyak maka akan timbul jerawat. Begitu juga untuk rangkaian make up yang lain, salah pilih bisa fatal akibatnya.

Wardah sendiri memiliki aneka varian untuk berbagai macam jenis kulit. Untuk kulit normal bisa memilih Wardah Luminous Compact Powder dan Wardah Compact Powder. Sedangkan untuk kulit berminyak bisa memilih varian bedak Wardah Luminous Face Powder, Wardah Lightening Two Way Cake Light Feel,
Wardah Lightening Two Way Cake Extra Cover dan Wardah Luminous Two Way Cake. Sementar itu untuk kulit kering sebaiknya menggunakan Wardah Exclusive Two Way Cake.

Selain menyediakan bedak untuk kulit normal, kering dan berminyak wardah juga memiliki varian untuk kulit yang berjerawat. Jadi buat yang lagi jerawatan tak perlu khawatir, tetap bisa memakai bedak. Varian untuk kulit berjerawat keluaran Wardah antara lain Wardah Acne Face Powder, Wardah Liminous Face Powder dan Wardah Loose Powder Acne.

2. Warna kulit
Selain jenis kulit, hal lain yang harus diperhatikan ketika memilih bedak adalah warna kulit. Untuk memilih bedak yang sesuai dengan warna kulit perlu dilakukan uji coba kecil-kecilan.

Pertama lakukan tes warna di pergelangan tangan, karena kulit wajah cenderung memiliki warna yang sama dengan pergelangan tangan. Jika ingin tampil natural maka pilih warna yang terlihat natural di pergelangan tangan.

Dalam memilih bedak memang kita tidak akan menemukan warna yang pas di wajah, namun kita bisa memilih warna yang lebih terang maupun lebih gelap dari warna kulit namun hanya satu tone warna saja.

Wardah sendiri memiliki 4 jenis warna untuk bedaknya yaitu Leight Beige, Beige, Ivory dan Natural.

Jadi Bedak Wardah mana yang cocok untukmu?

Referensi:

3.https://hijab.dream.co.id/beauty/4-cara-memilih-bedak-yang-sesuai-dengan-jenis-kulit-1804127.html

Minggu, 19 Mei 2019

Tentang THR

09.33 0 Comments
pixabay.com


THR yang merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya selalu dinantikan oleh setiap pegawai pada saat Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya pegawai muslim saja yang dapat, semua pegawai dapat menikmati THR ini tanpa harus menunggu hari raya mereka masing-masing. Bagi aparatur sipil negara THR ini memiliki perjalanan yang cukup panjang.

Dulu THR diadakan oleh instansi masing-masing, sehingga meskipun sesame ASN akan menerima hasil yang berbeda bahkan di dalam satu instansi. Kini THR sudah dianggarkan dalam Anggaran Belanja Pemerintah baik pusat maupun daerah yang dinamakan gaji 14 dan tunjangan kinerja 14. Tentu saja setelah dianggarkan banyak keuntungan yang didapat pegawai.

1. Besaran THR Sama
Zaman belum ada gaji dan tunjangan kinerja 14 THR diadakan oleh masing-masing instansi. Jadi pintar-pintarnya instansi masing-masing untuk menganggarkannya. Bahkan satu instansi bisa beda-beda hasil yang didapat. Malahan bagi instansi yang anggaranannya minim, bisa saja nggak dapat THR.

Kini semenjak dianggarkan semua pegawai bisa menikmati THR, perbedaan mungkin hanya di Tunjangan Kinerjanya yang masing-masing instansi memang berbeda.

2. Meningkatkan Kesejahteran Pegawai
Pemberian THR ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai. Karena nominal yang didapat bagi sebagian pegawai lebih besar daripada THR yang diadakan oleh instansi itu sendiri. Kalau bagi pegawai swasta mungkin ini bukanlah hal baru, THR = 1 kali gaji, tapi bagi aparatur sipil negara baik pegawai negeri maupun bukan hal ini adalah hal baru yang dijalankan 2018 lalu.

3. Ganti Kenaikan Gaji Tahunan
Jika di era pemerintahan sebelumnya gaji mengalami peningkata 6-7 persen per tahun maka di pemerintahan ini pemerintah tidak menaikkan gaji, namun memberikan gaji dan tunjangan kinerja ke empat belas. Kabarnya sih pemberian gaji dan tunjangan kinerja ke empat belas ini sebenarnya tidak sebanyak jika harus menaikkan gaji per tahun. Tapi tak apa lah ya yang penting hepi hihihi.


Walaupun sudah mendaptkan THR yang layak jangan juga lantas melakukan pemborosan. Hidup cermat tetap harus diperhatikan, jangan lupa baca 5 Tips Antisipasi Promo Belanja Online Agar Tak Terjadi Pemborosan.

Sabtu, 18 Mei 2019

5 Gaya Rambut Untuk Wanita Berhijab

03.48 0 Comments
pixabay.com


Bagi  wanita berhijab gaya rambut tidaklah terlalu ditonjolkan. Namun gaya rambut menjadi penting demi kenyamanan saat berhijab. Selain nyaman perlu juga dipertimbangkan agar rambut jangan sampi mengintip keluar hijab. Seperti apa gaya rambut untuk wanita berhijab?

1. Rambut Pendek
Rambut pendek banyak dipilih karena praktis. Tidak perlu macam-macam untuk menatanya, tinggal memakai ciput kemudian memakai hijab. Gaya rambut ini juga cukup praktis untuk merawat dan menatanya. Hanya saja gaya rambut seperti ini dianggap kurng feminim.

2. Kuncir
Rambut dikuncir agar lebih mudah ditata dan tidak keluar-keluar dari hijab. Kuncir ini dikhususkan bagi mereka yang memiliki rambut hingga sebahu. Karen rambut yang lebih panjang dari itu jika hanya dikuncir masih akan memperlihatkan rambut.

3. Kepang
Gaya rambut konvensional  ini memiliki beberap kelebihan. Untuk wanita berhijab gaya rambut model ini lebih rapi daripada rambut hanya dikuncir. Setalah dibukapun model rmbut kepang memberikan gelombang yang indah pada rambut.

4. Cepol/Gelung
Bagi wanita berhijab yang memiliki panjang rambut hingga melebihi siku mungkin pilihan cepol atau digelung adalah mutlak. Pemakaian ciput akan lebih mudah dan rambut tidak akan berantakan. Alat cepol banyak dijual di pasar, namun terkadang menggunakan alat cepolan rambut membuat hijab kurang nyaman bisa memilih untuk menggelungnya saja. Kelemahannya jika digelung rambut lebih cepat kusut.

5. Braid Bun
Kombinasi dari kepang dan gelung. Cocock untuk wanita yang memiliki rambut panjang. Caranya juga cukup mudah, kepang rambut kemudian gelung. Tinggal mengenakan ciput kemudian pasang hijab.


Pada intinya, gaya rambut untuk wanita berhijab haruslah yang membuat rambut rapi, tidak ada sedikitpun rambut yang terurai  kemudian menjadikan rambut muncul ke permukaan  dan nyaman. Karena beberapa gaya rambut mungkin bisa membuat tidak nyaman saat mengenakan hijab ataupun  malah menampakkan rambut yang seharusnya disembunyikan karena merupakan aurat. Penting juga untuk memerhatikan kesehatan rambut karena rambut yang sering diikat biasanya rapuh dan mudah patah.


Semoga bisa menjadi inspirasi dan selamat mencoba.

Jumat, 17 Mei 2019

Tunik Baru Untuk Ibu

08.25 0 Comments
“Wah tuniknya bagus ya …”
                “Iya Bu ini keluaran terbaru, Ibu mau coba?”
                “Eh…e… anu enggak  Mbak, Cuma mau lihat-lihat aja, makasih ya…”
                Obrolan itu sering Tania dengar manakala menemani Ibunya ke pasar. Awalnya Tania menyangka memang Ibunya hanya ingin melihat-lihat saja. Namun melihat Ibu sering melakukan itu Tania jadi berfikir bahwa Ibu memang benar-benar menginginkan tunik baru.
                “Bu, Ibu memang mau beli baju tunik ya?” tanya Tania ketika mereka sedang dalam perjalanan pulang.
                “Enggak kok Tan, Ibu hanya suka melihat-lihat Tunik yang cantik-cantik itu, tapi kalau beli enggak kepikiran Tan, tunik Ibu kan sudah banyak.”
                Tania terdiam. Kehidupan mereka memang berubah drastis semenjak Ayah pergi. Kehidupan yang awalnya serba berkecukupan menjadi serba kekurangan. Ibu harus banyak berhemat agar mereka tetap bisa makan dan anak-anak bisa tetap sekolah, salah satunya adalah tidak membeli baju baru lagi.
                Mama Tania yang awalnya adalah ibu rumah tangga, semenjak suaminya meninggal terpaksa harus bekerja untuk menghidupi kedua anaknya yang sudah beranjak remaja karena pensiunan suaminya tidak mencukupi.
                Tania adalah anak pertama yang kini sudah duduk di bangku SMA kelas tiga, sedangkan adkinya Renata kini sudah kelas 1 SMP. Tania sudah mengerti betapa ibunya kesusahan semenjak ayah pergi, dan entah kenapa baju tunik begitu mengusiknya.
                “Bu Tania ke sekolah dulu ya … “
                “Kok pagi-pagi betul nak?” Ibu heran, biasanya Tania berangkat setengah tujuh kini baru jam enam Tania sudah berpamitan.
                “Iya Bu, mau piket.”
                Dan itu berlangsung hampir selama dua bulan hingga akhirnya bulan suci ramadhan tiba                . Tania tak lagi berangkat pagi-pagi, dia malah berangkat jam tujuh karena sekolah masuk jam delapan. Dan hari itu seminggu sebelum lebaran seperti biasa Tania mengantar Ibu ke pasar.
                “Wah tunik yang ini cantik … “
                “Iya Bu, cocok untuk lebaran, mau dicoba?”       
                “Iya Mbak,” Tania langsung menjawab sebelum ibunya menolak.
                “Apa-apaan sih Tania …”
                “Udah Ibu coba aja, kalau pas ukurannya kita beli.”
                Meskipun banyak pertanyaan, Ibu menurut saja. Dia akan meminta penjelasan Tania di rumah nanti.
                “Jadi darimana kamu dapat uang Tania? Kamu nggak mencuri kan?” Ibu langsung menginterogasi Tania begitu sampai rumah, kerana sepanjang mereka belanja di pasar Tania yang membayar dan membeli macam-macam.
                “Astaghfirullah Bu, Tania tahu mana yang baik dan yang buruk. Sebenarnya dua bulan ini Tania jualan roti Bu Ira di sekolah. Makanya Tania berangkat pagi-pagi untuk mengambil roti dan menjualnya ke kelas-kelas. Lumayan bu sehari Tania bisa menjual sekitar dua ratusan roti. Satu roti Tania mendapat komisi serratus rupiah, dan alhamdulillah sebelum puasa kemarin terkumpul sekitar satu juta. Lagian dari awal Tania memang ingin membelikan Tuni baru untuk Ibu.”
                Ibu melelehkan air mata dan memeluk Tania.
                “Maafkan Ibu ya Nak, Ibu membuatmu susah.”
                “Enggak kok Bu, Tania yang justru banyak menyusahkan Ibu.”

                Mereka berdua berpelukan dalam tangis. Lebaran sebentar lagi, dan Tania telah mewujudkan mimpinya membelikan tunik baru untuk ibu.

Kamis, 16 Mei 2019

Cara Menggunakan Panci Presto

00.05 0 Comments
pixabay.com

Tak diragukan lagi panci presto kian hari kian populer di dapur. Hal ini dikarenakan panci bertekanan tinggi ini memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain.

1. Kandungan Nutrisi Makanan Tetap Terjaga
Memasak dengan panci presto membutuhkan waktu yang relative singkat. Hal ini membuat makanan yang dimasak menjadi tetap sehat karena tidak kehilangan nilai gizinya, tidak seperti ketika kita memasak dalam waktu lama.

2. Lebih Cepat dan Hemat
Memasak menggunakan panci presto mempercepat proses memasak hingga 70 persen  dan menghemat energi hingga 50 persen daripada menggunakan panci biasa. Bisa dibayangkan ya masakan cepat tersaji plus irit lagi hihihi.

3. Serbaguna
Alat yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai hal, tidak hanya sekedar mengempukkan daging atau melunakkan tulang. Namun juga bisa digunakan sebagai oven maupun steamer, bisa juga digunakan sebagai panci maupun Loyang. Wah multifungsi sekali, bisa-bisa peralatan dapur nantinya tinggal si panci presto ini.

4. Suhu Dapur Lebih Dingin
Jika biasanya memasak membuat kita banyak mengeluarkan keringat dengan panci presto ini panas akan benar-benar ditahan di dalam panci sehingga suhu udara di dapur tidak terlalu panas.

5. Membersihkan Dapur Menjadi Lebih Mudah
Tutup panci presto yang rapat membuatnya tidak menimbulkan percikan. Hal ini menjadikan dapur lebih bersih dan tidak perlu repot untuk membersihkannya. Beberda ketika memasak dengan panci biasa yang mengakibatkan sisa percikan dimana-mana.

Lalu bagaimana cara menggunakan alat ini? Banyak yang bingung bahkan takut menggunakan panci bertekenan tinggi ini. Namun jika mengikuti petunjuk yang ada maka bisa dipastikan penggunaan panci ini akan aman. Berikut step by step menggunakan panci presto.

1. Periksa Panci Presto Dengan Cermat
Periksa panci dengan cermat, jangan sampai masih ada sisa masakan di dalam panci baik luar maupun dalam. Periksa gasketnya, gasket harus dalam keadaan baik, jangan sampai retak maupun rapuh. Jika ada bagian karet yang rusak, pastikan langsung menggantinya. Periksa juga lubang ventilasi (untuk model jiggle top) dan katupnya (model katup). Pastikan lubang ventilasi jelas terbuka atau katupnya bisa digerakkan.

2. Memasukkan Bahan Makanan
Takaran air juga penting untuk diperhatikan. Untuk model jiggle top dibutuhkan minimum satu gelas sedangkan model katup dibutuhkan setengah gelas. Takaran air ini cukup untuk memasak selama dua puluh menit. Yang perlu diingat, panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 total kapasitasnya. Jika memasak makanan yang menghasilkan buih maka pengisian maksimum adalah ½ dari total kapasitasnya.

3. Waktu Memasak
Memasak menggunakan panci presto tidak boleh ditinggalkan. Tandai berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tekanannya, pada saat itu kecilkan apinya. Jangan sampai terlewat karena terlewat beberapa menit saja masakan akan menjadi lembek.

4. Melepaskan Tekanan Pada Panci
Tidak seperti biasa, selesai memasak atau ketika panci sudah tidak mendapatkan panas lagi masih ada tekanan di dalam panci, sehingga untuk membuka tutupnya belum dapat dilakukan. Ada dua cara menghilangkan tekanan ini. Pertama membiarkan panci hingga tekanannya habis, cara ini memerlukan waktu hingga 20 menit dan masakan didalamnya masih mendapatkan panas. Sedangkan cara kedua adalah cara pelepasan cepat. Untuk model katup dangan membuka katup pengaman sampai uap habis baru membuka tutup panci.

Demikian cara menggunakan panci presto semoga bermanfaat.

Rabu, 15 Mei 2019

Bagaimana Menghilangkan Bau Mulut?

12.27 0 Comments


Bau mulut seringkali membuat kita tidak percaya diri. Ada beberapa penyebab kenapa mulut kita memiliki bau yang tidak sedap antara lain kurang bersihnya mulut, adanya sisa makanan dalam mulut mengakibatkan mulut bau karena bakteri menghancurkan sisa-sisa makanan tersebut. Penyebab lain adalah gigi berlubang maupun gusi yang bermasalah. Sinusitis,mulut kering dan gangguan pencernaan juga menyebabkan bau mulut.

Nah agar bau mulut tak datang kita perlu melakukan pencegahan. Langkah-langkah yang bis ditempuh antara lain:

1. Menggosok gigi dengan baik dan benar
Selain menggosok gigi dua kali sehari, menggosok gigi juga harus dilakukan dengan baik dan benar.Seperti apa menggosok gigi yang baik dan benar? Yaitu menggosok gigi secara menyeluruh selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk membersihkn lidah juga.

2. Rutin mengganti sikat gigi.
Kapan terakhir kali mengganti sikat gigi? Apakah menunggu bulu sikatnya mengembang? Sebaiknya kita mengganti sikat gigi 3 bulan sekali agar dapat membersihkan gigi dengan baik.

3. Ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali
Dokter gigi jarang dikunjungi ketika gigi tidak bermasalah. Padahal penting untuk mendatangi dokter tiap enam bulan sekali.Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan gigi yang dapat menyebabkan bau mulut.

4. Konsumsi makanan sehat dan bergizi serta hindari rokok
Makanan yang sehat dan alami seperti buah dan sayur tidak menganduk zat kimia yang mengakibatkan mulut berbau busuk. Sementara produk tembakau sangat berpotensi menimbulkan bau mulut, sehingga jika tidak ingin bau mulut cobalah untuk berhenti merokok.

5. Perbanyak minum air putih
Air putih membantu menjaga kelembapan mulut dan juga membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut.

Bagaimana jika bau mulut itu sudah muncul, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Ketika bau mulut muncul kita perlu melakukan hal-hal yang dapat mengurangi bau mulut tersebut antara lain:

1. Kumur menggunakan mouthwash
Mouthwash merupakan cara mudah dan instant untuk mengusir bau mulut. Cukup kumur-kumur dan kesegaran akan langsung menyebar dalam mulut.

2. Makan-makanan penghilang bau mulut
Jika tidak sempat berkumur dengan mouthwash cobalah untuk mengunyah atau memakan makanan penghilang bau mulut seperti permen terutama rasa mint, permen karet ataupun buah dan sayur seperti kulit lemon dan peterseli.

Itu di acara mudah untuk menghilangkan bau mulut, lebih baik lagi kalau kita bisa mencegahnya dengan langkah-langkah di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:
1. https://www.tanyapepsodent.com/napas-segar/bau-mulut-inilah-penyebab-cara-mengatasi-dan-pencegahannya.html
2. https://www.alodokter.com/kenali-penyebab-bau-mulut-dengan-cara-mengatasinya