Kamis, 06 Januari 2022

# Cerita # film

Mudah Beli Tiket Nonton di Mtix

Semenjak ada pengumuman bahwa Spiderman No Way Home akan rilis akhir tahun ini saya sudah antusias, meski bakalan enggak bisa nonton langsung di bioskop. Biasanya saya akan cari spoilernya saja untuk mengetahui akhir ceritanya. Tapi pada suatu pagi Si Sulung nanya apakah boleh dia nontor Spiderman No Way Home di bioskop. Tak berpikir lama saya mengiyakan permintaan Si Sulung tersebut.
Setelah itu saya langsung searching jadwal tayang di bioskop terdekat. Senang sekali waktu melihat jam tayangnya yang cukup banyak. Jadinya saya santai karena hampir tiap jam ada jadwal tayangnya.

Alangkah terkejutnya saya waktu sampai di lokasi. Antrian tiket mengular. Sudah parno duluan melihat antrian yang begitu panjang. Akhirnya kami tidak jadi beli tiket untuk jadwal tayang jam 2 dan memutuskan untuk makan dulu. 

Sambil makan saya coba utak atik untuk pembelian secara online. Nah prosesnya sebagai berikut.

1. Akses Web 21Cineplex



Pertama akses dulu ke web 21cineplex.com kemudian pilih kota dimana kita akan nonton. Lalu pilih filmnya, tempat nontonnya dan jamnya. Setelah itu kita pilih jumlah tiket yang akan dibeli. 

2. Login/Logup M-Tix


Setelah itu kita akan diarahkan ke halaman login M-Tix. Jika sudah punya akun tinggal login dengan nomor handphone yang telah didaftarkan dan pin nya. 

Jika belum klik bagian bawah login yang bertuliskan Register M-Tix. Setelah itu isi semua data yang diperlukan lalu klik register account. Setelah itu kita akan dikirimi link ke email untuk aktivasi dan juga SMS aktivasi. Setelah itu kita bisa login dan top up.

3. Top Up


Setelah berhasil login kita bisa melakukan pembelian tiket. Tapi pembayarannya mewajibkan kita untuk mengisi saldo terlebih dahulu. 

Ada 10 cara untuk top up. Pertama melalui bank BCA yang bisa dilakukan via ATM BCA, klik BCA dan mobile BCA. Kedua melalui bank mandiri yang bisa dilakukan via ATM Mandiri, Livin' by Mandiri dan Mandiri Internet. Ketiga melalui bank BRI yang bisa dilakukan melalui BRI Internet Banking. Keempat melalui aplikasi Tokopedia, dan yang kelima aplikasi Jenius.

Selanjutnya melalui digibank, kartu kredit, Indomaret, BCA klikpay dan voucher M-Tix. Rata-rata top up minimal adalah 100 ribu dengan biaya admin sebesar lima ribu rupiah. Namun beberapa metode pembayaran ada yang mengenakan biaya admin hingga sepuluh ribu rupiah dan hanya bisa top up dengan kelipatan tertentu.

Pada saat itu saya top up menggunakan BRI Internet banking dan ternyata bisa top up sejumlah biaya yang saya perlukan saja sekitar 150 ribuan. 

5. Cetak Tiket


Setelah berhasil melakukan pembelian kita akan mendapatkan inbox yang berisi kode booking. Jadi kita tidak langsung mendapatkan tiket atau e-tiketnya ya melainkan harus mencetaknya terlebih dahulu di tempat kita akan nonton. 


Awalnya saya kira harus ikut antri, ternyata ada counter nya tersendiri dan bisa kita lakukan secara mandiri. Tinggal diketikkan nomor handphone kita dan kode booking ya kemudian klik print. Sudah ada printer kecil disebelahnya yang akan mencetak tiket sebanyak yang kita pesan. Oiya order di M-Tix terbatas hanya 8 tiket untuk sekali pertunjukan dan 10 tiket per hari.


Pengalaman pertama menggunakan M-Tix yang cukup mudah dan menyenangkan. Yang jelas gak harus pegel-pegel ngantri, prosesnya juga cukup mudah meski awalnya merasa ribet. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar