Rabu, 08 Desember 2021

# Cerita # review

Menjajal Tol Pekanbaru-Dumai


Setelah gagal ke Dumai tahun 2020 lalu, akhirnya kembali berkesempatan ke Dumai pada tahun ini. Agar menghemat waktu kami memilih lewat jalur tol Permai, singkatan dari Pekanbaru Dumai. Dengan melewati tol ini kami bisa menghemat waktu hingga 3 jam untuk perjalanan ke Dumai. Jika melewati jalur biasa bisa 7-8 jam lewat tol ini hanya memerlukan waktu sekitar 4-5 jam.

Tol Pertama di Riau


Tol Permai yang diresmikan Presiden Jokowi 25 September 2020 merupakan tol pertama di Riau dari empat jalur tol yang dibangun yaitu Pekanbaru-Bangkinang, Bangkinang-Pangkalan, Pekanbaru-Rengat, Rengat-Jambi. Saat ini selain Tol Permai semua jalan tol tersebut sedang dalam proses pembangunan. Semoga saja bisa segera diresmikan dan digunakan ya.

Tol Pertama Yang Menggunakan CSP dan Mortar Busa.



Saya enggak tahu persis masalah ini. Hanya orang teknik sipil dan Allah saja yang tahu hehehe. CSP merupakan singkatan dari Corrugated Steel Plate yang merupakan modifikasi plat baja dengan bentuk bergelombang. Dengan menggunakan teknologi ini kekuatan struktur meningkat 50 kali lipat.

Sedangkan mortar busa merupakan lapisan diatas CSP. Mortar busa ini memiliki berat jenis 0,9 ton/M3  yang setara dengan setengah dari timbunan tanah namun memiliki daya kekuatan tinggi.

Keunggulan penggunaan CSP dan Mortar Busa ini antara lain:
1. Pondasi struktur lebih hemat
2. Proses pengerjaan minim dan lebih bersih
3. Pengerjaan proyek lebih mudah dan tidak terpengaruh cuaca
4. Konsumsi bahan alam jauh lebih sedikit
5. Menghemat waktu pekerjaan hingga 50 persen dari pekerjaan konvensional.

Terdapat Fasilitas Penyeberangan Gajah


Fasilitas ini dibuat karena ternyata tol ini harus melewati daerah jelajah atau home range satwa yang dilindungi itu. Sehingga diperlukan jalur khusus untuk perlintasan gajah.

Total ada enam fasilitas perlintasan gajah di tol Permai ini. Perlintasan pertama di Sungai Teukuana tak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Sedangkan lima lainnya berada di dekat Suaka Margasatwa Balai Raja. Jika kita beruntung atau jeli kita bisa melihat gajah-gajah ini di sisi jalan tol. Sayangnya saya belum beruntung untuk melihat gajah-gajah tersebut.

Salah Satu Tol Terpanjang di Indonesia


Menurut data dari Kementerian PUPR dalam Publikasi Statistik Konstruksi 2020 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) tol Pekanbaru-Dumai merupakan tol terpanjang kedua di Indonesia saat ini. Tol terpanjang pertama adalah Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung yang panjangnya mencapai 189 km, sementara Tol Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131,69. Lebih panjang dari Tol Cikampek - Palimanan yang pernah didaulat menjadi tol terpanjang di Indonesia yaitu 116,75 km.

Setelah ini akankah ada tol yang mencapai panjang 200 km? Kita tunggu saja ya.... Yang penting sebagai pengendara kita tetap mematuhi batas kecepatan yang telah ditetapkan di jalan tol agar selamat sampai tujuan.

Tarif Tol


Tarif tol Pekanbaru-Dumai mulai berlaku pada tanggal 10 November 2020 melalui Keputusan Menteri PUPR No.1525/KPTS/M/2020 tanggal 22 Oktober 2020. Tarifnya bis dicek digambar berikut ya. Untuk tarif tol dari Pekanbaru-Dumai atau sebaliknya menggunakan kendaraan pribadi atau Gol. I sebesar 118.500 rupiah. Jadi pastikan uang elektronik kita cukup ya. 

Dengan adanya tol ini perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai atau arah sebaliknya telah memangkas waktu hingga 3 jam. Namun tetap patuhi batas kecepatan maksimal agar perjalanan kita selamat sampai tujuan. 



Referensi:
https://www.gaikindo.or.id/lebih-dari-10-terowongan-penyeberangan-gajah-liar-di-jalan-tol-riau-dan-aceh/
https://www.idxchannel.com/market-news/pertama-di-indonesia-hki-terapkan-inovasi-csp-mortar-busa-di-jalur-utama-jalan-tol
Instagram @bps_statistics
https://www.hutamakarya.com/dua-ruas-jalan-tol-trans-sumatera-milik-hutama-karya-akan-segera-bertarif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar