Rabu, 10 November 2021

# nasionalisme # Obrolan

Selamat Hari Pahlawan Nasional 2021, Pahlawanku Inspirasiku

Sejarah Hari Pahlawan



Bulan November merupakan bulan pahlawan, karena pada tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Penetapan hari pahlawan tertuang dalam Keputusan Presiden No 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 yang ditandatangani oleh Presiden Pertama Indonesia, Soekarno yang diubah ke Keppres No 67 Tahun 1961 tentang Perubahan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 Tentang Hari-Hari Nasional Yang Bukan Hari Libur.

Peristiwa yang melatari Hari Pahlawan adalah pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Pemicu peperangan ini adalah ketika pada masa gencatan senjata masih terjadi bentrokan-bentrokan hingga akhirnya menewaskan Brigadir J. Malaby yang merupakan pimpinan tentara Inggris di wilayah Jawa Timur. 

Hal tersebut membuat pihak Inggris marah dan mengeluarkan ultimatum kepada tentara dan rakyat Indonesia untuk menyerahkan senjata dan menghentikan perlawanan terhadap tentara Inggris. Jika hal tersebut tidak dilaksanakan, maka Surabaya akan diserang dari segala arah (darat, laut dan udara). 

Ultimatum tersebut tidak ditaati oleh rakyat Surabaya sehingga pecahlah perang pada 10 November 1945 yang berlangsung selama tiga minggu. Ribuan rakyat menjadi korbannya. Perang ini juga tercatat sebagai perang pertama melawan tentara asing setelah diproklamasikannya kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Kenapa Hari Pahlawan Perlu Diperingati?



Masih ingat quote ini:
"Hanya bangsa yang menghormati jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar" (Ir Soekarno)

Sehingga peringatan hari pahlawan ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Sedangkan tujuan dari peringatan ini sendiri adalah:

  1. Membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugahkesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. 
  2. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia

Tema Hari Pahlawan dan Pesan Para Pahlawan



Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah "PAHLAWANKU INSPIRASIKU". Pahlawan harus menjadi inspirasi kita dalam mengarungi beratnya kehidupan. Betapa perjuangan mereka dulu begitu berat. Berikut beberapa kutipan pesan perjuangan pahlawan nasioal.

1. Supriyadi 
“Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi “. (Disampaikan pada saat Supriyadi memimpin pertemuan rahasia yang dihadiri beberapa anggota Peta untuk melakukan pemberontakan melawan Pemerintah Jepang).

Pahlawan nasional ini bukan hanya inspirasi tapi juga pahlawan idola. Betapa di saat yang masih muda beliau berjuang begitu gigih melawan penjajah.

2. RA Kartini

“Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! 2 patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata “Aku tidak dapat!” melenyapkan rasa berani. Kalimat “Aku mau!” membuat kita mudah mendaki puncak gunung”.

Jleb banget gak sih? Betul-betul membangkitkan semangat untuk mencapai apa yang kita impikan meski harus melintasi kesulitan dan kesusahan. RA Kartini ini tidak begitu asing dalam kehidupan keluarga kami dulu. Kebetulan Ibu pernah dinas di Jepara, jadi pernak-pernik ibu Kartini beliau punya.

3. Tjut Nyak Dien

“Kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan"

Pesan dari Tjut Nyak Dien ini juga begitu memberi semangat. Benar adanya bahwa kita sering lemah dan merasa lelah jika mengingat kekalahan. Jadi lupakan kekalahan, bahasa gaulnya move on  agar bisa mencapai masa depan yang kita harapkan. 

Amanat Menteri Sosial 

Amanat untuk memperingati hari pahlawan tahun ini adalah dari Menteri Sosial yaitu Ibu Risma. Beliau menyampaikan pesan sebagai berikut:
  1. Agar kita harus terus menggelorakan gotong royong agar persatuan semakin kuat. Dan dengan persatuan kita akan dengan mudah mewujudkan cita-cita para pahlawan. 
  2. Pertempuran 10 November juga mesti kita contoh agar tetap gigih berjuang, pantang menyerah dan tidak peduli dengan keterbatasan atau halangan,
  3. Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan untuk merdeka juga harus kita terapkan untuk melawan kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas, karena saat ini itulah musuh terbesar kita. Kita memiliki potensi untuk melawannya karena selam 20 tahun kedepan (2020-2040) Indonesia akan memasuki bonus demografi kependudukan. 
  4. Memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan kempuan dan profesi masing-masing.
  5. Tidak ada yang tidak bisa, asal kita mau atau tidak terkhusus untuk anak-anak yang dapat mengembangkan talenta apa saja meski dalam keterbatasan. 
  6. Menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik.

 

Dan seperti biasa peringatan hari Pahlawan kali ini adalah dengan upacara mengenang para pahlawan. Semoga kita dapat mencotoh semangat juang para pahlawan kita. Pahlawanku Inspirasiku. 

Tulisan ini bersumber dari : https://kemensos.go.id/logo-hari-pahlawan-tahun-2021 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar