Kamis, 28 Oktober 2021

Tumis Daun Kolesom Teri

Nyaris beberapa bulan ini saya gak masak. Nyentuh kompor paling cuma buat manas-manasin sayuran dan lauk aja hehehe. Hiruk pikuk pasar, atau sms-an sama pakde sayur sudah jarang dilakukan. Jangan ditanya kulkas seperti apa, sudah lengang.

Nah karena kemarin melihat ada sambal pecel lele nganggur, saya jadi kepikiran buat masak. Yang praktis aja sih no ribet sesua slogan hidup saya hihi, jadilah putar otak gimana biar masak sayur. Kebetulan di halaman rumah itu kolesom sudah pada memperbanyak diri. Kolesom yang juga dikenal dengan nama krokot belanda atau gingseng jawa ini konon daunnya bisa dimasak. Saya juga pernah lihat daun ini dijual di mall dan diberandol dengan harga yang bikin saya eman-eman mengeluarkan uang. Dan akhirnya saya babat habis deh daunnya. 

Daun Kolesom ini juga memiliki banyak manfaat lho. Dilansir dari situs detikfood daun ini dipercaya dapat mengobati sakit maag, menyehatkan paru-paru, meningkatkan produksi ASI, menyembuhkan bisul, menyegarkan wajah yang letih dan menambah nafsu makan. Wah yang terakhir agak gawat efeknya ya hehehe.
Namanya dedaunan pasti bakalan susut kalau dimasak, maka kali ini saya kombinasi dengan teri yang kebetulan masih ada stoknya di kulkas. Yuk deh kita eksekusi aja menu sederhana ini.
Bahan:
Daun Kolesom
1sdm teri
1 sdm saus tiram
2 bungkus sambal pecel lele
Minyak untuk menumis
Air

Dari bahannya aja udah simpel banget ya .... Yuk lanjut kita masak.
Cara membuat:
1. Daun Kolesom diiris sesuai selera, gak diiris juga boleh sih.
2. Panaskan minyak, tumis sambal pecel lele nya.
3. Masukkan daun kolesom aduk rata
4. Tambahkan sedikit air aduk lagi
5. Masukkan teri, aduk hingga merata
6. Masukkan saus tiram aduk rata
7. Diamkan selama 2 menit hingga air mendidih/ menyusut.
8. Siap dihidangkan.


https://vt.tiktok.com/ZSe29bVL5/

Disini air sesuai selera saja ya, yang suka banyak air ya banyakin aja, jangan lupa saus tiramnya juga tambahin biar rasanya makin mantep. Untuk daun kolesom nya saya tidak ukur. Praktis banget masaknya kan? No ribet lagi. Selamat mencoba semoga postingan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar