Kamis, 28 Oktober 2021

Tumis Daun Kolesom Teri

03.15 0 Comments
Nyaris beberapa bulan ini saya gak masak. Nyentuh kompor paling cuma buat manas-manasin sayuran dan lauk aja hehehe. Hiruk pikuk pasar, atau sms-an sama pakde sayur sudah jarang dilakukan. Jangan ditanya kulkas seperti apa, sudah lengang.

Nah karena kemarin melihat ada sambal pecel lele nganggur, saya jadi kepikiran buat masak. Yang praktis aja sih no ribet sesua slogan hidup saya hihi, jadilah putar otak gimana biar masak sayur. Kebetulan di halaman rumah itu kolesom sudah pada memperbanyak diri. Kolesom yang juga dikenal dengan nama krokot belanda atau gingseng jawa ini konon daunnya bisa dimasak. Saya juga pernah lihat daun ini dijual di mall dan diberandol dengan harga yang bikin saya eman-eman mengeluarkan uang. Dan akhirnya saya babat habis deh daunnya. 

Daun Kolesom ini juga memiliki banyak manfaat lho. Dilansir dari situs detikfood daun ini dipercaya dapat mengobati sakit maag, menyehatkan paru-paru, meningkatkan produksi ASI, menyembuhkan bisul, menyegarkan wajah yang letih dan menambah nafsu makan. Wah yang terakhir agak gawat efeknya ya hehehe.
Namanya dedaunan pasti bakalan susut kalau dimasak, maka kali ini saya kombinasi dengan teri yang kebetulan masih ada stoknya di kulkas. Yuk deh kita eksekusi aja menu sederhana ini.
Bahan:
Daun Kolesom
1sdm teri
1 sdm saus tiram
2 bungkus sambal pecel lele
Minyak untuk menumis
Air

Dari bahannya aja udah simpel banget ya .... Yuk lanjut kita masak.
Cara membuat:
1. Daun Kolesom diiris sesuai selera, gak diiris juga boleh sih.
2. Panaskan minyak, tumis sambal pecel lele nya.
3. Masukkan daun kolesom aduk rata
4. Tambahkan sedikit air aduk lagi
5. Masukkan teri, aduk hingga merata
6. Masukkan saus tiram aduk rata
7. Diamkan selama 2 menit hingga air mendidih/ menyusut.
8. Siap dihidangkan.


https://vt.tiktok.com/ZSe29bVL5/

Disini air sesuai selera saja ya, yang suka banyak air ya banyakin aja, jangan lupa saus tiramnya juga tambahin biar rasanya makin mantep. Untuk daun kolesom nya saya tidak ukur. Praktis banget masaknya kan? No ribet lagi. Selamat mencoba semoga postingan ini bermanfaat.

Minggu, 03 Oktober 2021

Tempe Goreng Kriuk Ala Kobe

08.35 11 Comments



Weekend itu saatnya bagi para Emak pekerja buat menyalurkan hobinya. Termasuk saya hehehe. Apalagi kalau bukan masak. Meski pekerjaan kantor masih menggunung dan harus lembur jangan sampai dong keluarga kangen masakan kita. 

Nah kali ini saya coba membuat cemilan simpel. Yaitu tempe kriuk menggunakan tepung bumbu Kobe. Dari namanya sudah bisa ditebak ya kalau tepung ini berasal dari Jepang. Tapi salah lho, Kobe ini ternyata tepung bumbu pertama di Indonesia.




Yup Kobe adalah singkatan dari Kata Orang Banyak Enak dan memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu. Awal berdirinya tahun 1979 di Semarang yang merupakan industri rumahan. Hayo siapa yang tadi salah ngira?

Saat ini Kobe sendiri memiliki enam varian tepung bumbu yaitu:






1. Kobe Tepung Tempe Kriuk
Sesuai namanya tepung ini memang diformulasikan khusus untuk membuat tempe goreng yang gurih dan renyah dengan ketumbar asli yang melimpah.

2. Kobe Tepung Kentucky Super Crispy
Tepung ini khusus untuk membuat Ayam Kentucky yang super renyah, tahan sampai 8 jam lho Bun.

3. Kobe Tepung Bumbu Putih
Tepung ini diformulasikan khusus untuk membuat gorengan renyah bertekstur kristal.

4. Kobe Tepung Bumbu Serbaguna
Khusus untuk membuat aneka gorengan yang renyah dan berempah.

5. Kobe Tepung Bakwan dan Perkedel
Nah kalau tepung yang satu ini diformulasikan khusus untuk membuat bakwan dan perkedel, yang mana teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.
 
6. Kobe Tepung Pisang Goreng
Membuat pisang goreng tak lagi ribet dengan tepung ini, bisa juga lho untuk membuat aneka kue.

Wah banyak ya variannya, tinggal menyesuaikan saja mau masak apa. Nah kali ini saya mau nyobain Kobe Tepung Tempe Kriuk. Simak resep berikut ya ...




Bahan:
1 papan tempe
125 ml air
1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (70 gram)
Minyak untuk menggoreng
Daun bawang (opsional)

Cara membuat:
1. Iris tipis 1 papan tempe
2. Iris tipis daun bawang ( jika menggunakan, di skip juga tidak apa-apa)
3. Larutkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan 125 ml air, tambahkan daun bawang jika menggunakan lalu aduk rata.
4. Celupkan Tempe ke dalam adonan hingga tertutup rata. Goreng hingga kuning kecoklatan.
5. Siap disajikan. 




Mudah banget kan Bun? No rempong. Jadi bisa dibuat kapan aja mau pagi, siang ataupun sore untuk cemilan saat santai.

Kobe Tepung Tempe Kriuk ini memang pas banget untuk membuat Tempe Kriuk soalnya:
1. Diracik Khusus
Dari namanya saja kita sudah tahu ya bahwa tepung ini diracik khusus buat tempe kriuk tentu saja rasanya lebih pas buat goreng tempe. 

2. Kriuknya Tahan Lama
Sudah pernah goreng tempe kriuk yang baru diangkat sudah letoy? Cobain deh pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk dijamin kriuknya lebih tahan lama, bahkan saat gorengan mulai dingin.

3. Ketumbar Melimpah
Awalnya kaget pas ngadon tepung ini. Karena ada ketumbar aslinya yang cukup banyak. Ini bikin tempe makin gurih dan lezat dong.

4. Proses
Kobe Tepung Tempe Kriuk ini sudah diproses menggunakan teknologi modern lho Bun. Pastinya lebih higienis ya ....

5. Tanpa Bahan Pengawet dan Tanpa Pewarna Buatan
Cek deh Bun di komposisinya, Kobe Tepung Tempe Kriuk tidak menggunakan bahan pengawet dan tidak menggunakan pewarna buatan, warna kuningnya memang dari kunyit yah Bun dan tidak terlalu kuning banget sih pas kita adon.

Selain untuk membuat tempe goreng kriuk, Kobe Tepung Tempe Kriuk bisa juga digunakan untuk membuat kripik tempe lho. Mau tahu resepnya? Ada di bagian belakang kemasan ya Bun. Kita juga bisa eksplore berbagai resepnya di dapur kobe kok.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.