Minggu, 22 Agustus 2021

# drama korea # review

Blue Birthday, Perjalanan Waktu Mengembalikan Cinta Masa SMA




Masa SMA adalah masa paling indah, begitu katanya. Nah kalau ada drama yang berkisah masa SMA mungkin akan mengingatkan kita pada kenangan masa lalu ya? Seperti drama korea yang satu ini Blue Birthday.

Blue Birthday yang berarti Ulang Tahun kesedihan, mengisahkan tentang Oh Ha Rin yang menyukai temannya selama sepuluh tahun Ji Seo Jun dan ingin mengungkapkan perasaannya di hari ulang tahunnya. Namun ternyata dia malah menemukan orang yang disayanginya itu meninggal. Ji Seo Jun bunuh diri dan tidak ada yang tahu apa sebabnya dia melakukan hal itu.

Tentu saja hal ini membuat Ha Rin memiliki kesedihan yang mendalam. Sepuluh tahun berlalu, kini Ha Rin tergabung di Pusat Penyelamatan Hewan. Dan suatu ketika dia harus menyelematkan hewan yang berada di sekolahnya semasa SMA. Di sana Ha Rin banyak mengenang masa-masa SMA nya termasuk bersama Seo Jun. Bagaimana kecanggungan yang mereka rasakan padahal sebenarnya saling suka.


Suatu ketika Ha Rin mengambil foto lama Seo Jun di studio foto kuno hitam putih beserta tas dan kemera lamanya. Ha Rin makin sedih dan merasa bahwa dia harusnya memberikan perhatian lebih pada Seo Jun sehingga ia tidak merasa tertekan dan melakukan bunuh diri. Di dalam tas tersebut Ha Rin juga menemukan pernyataan cinta Seo Jun. Makin sedihlah dia, dan salah satu foto yang ia bakar ternyata membawanya ke masa lalu.

Pertama kali datang ke masa lalu Ha Rin langsung menemui Seo Jun. Dia begitu rindu dengan keberadaan Seo Jun. Seo Jun bingung teman yang lain malah mengira mereka pacaran. Adegan ini memang bikin baper deh.

Mengetahui bahwa foto-foto lama itu bisa membuatnya melakukan perjalanan waktu Ha Rin akhirnya berupaya untuk mengembalikan Seo Jun. Dia mulai menyelidiki apa yang membuat Seo Jun bunuh diri. Menurut hasil penyelidikan Ha Rin, Seo Jun merasa tertekan karena dia hanya anak angkat. Awalnya Seo Jun diadopsi karena mirip dengan anak yang hilang dari sebuah keluarga. Namun kemudian mereka menemukan anak yang hilang itu dan Seo Jun merasa tersisih.

Ha Rin pun berusaha keras membuat Seo Jun merasa diterima oleh keluarganya. Dan akhirnya Ha Rin berhasil membuat Seo Jun kembali. Ha Rin sangat bahagia meski ia merasa canggung. Namun ternyata mengembalikan Seo Jun di masa sekarang harus dibayar mahal oleh Ha Rin. Persahabatannya dengan Su Jin hancur dan Hye Min, kakak Seo Jun meninggal karena kecelakaan sewaktu SMA.

Harusnya Ha Rin sudah senang dong Seo Jun hidup lagi. Tapi dasar Ha Rin yang mau semuanya baik-baik saja akhirnya dia kembali ke masa lalu. Membereskan masalah Seo Jun, menemani Su Jin dan menyelamatkan Hye Min dari kecelakaan maut. Dia pun kembali ke masa sekarang dan kembali kehilangan Seo Jun. Tuh kan nyesek jadinya.


Pertemuan pertama Ha Rin dan Seo Jun dewasa


Dari sini justru episode-episodenya makin seru. Karena kali ini Ha Rin yakin, Seo Jun tidak bunuh diri melainkan dibunuh oleh seseorang. Ha Rin meminta Eun Seong sahabatnya yang juga anggota club fotografi untuk membawakan berkas kematian Seo Jun. Eun Seong ini kelihatan banget kalau juga suka sama Ha Rin namun dia pendam. Awalnya saya malah curiga yang bunuh Eun Seong tapi kayaknya terbantahkan di episode 9 dan 10.

Dari berkas yang diberikan Eun Seong ada dua kejanggalan yang ditemukan Ha Rin. Pertama dia tidak mengirim sms kepada Seo Jun untuk terakhir kalinya namun Seo Jun lah yang mengirim. Tetapi ketika Ha Rin mendapatkan ponsel Seo Jun dari ibunya memang ada sms terakhir darinya yang mengatakan bahwa dia akan terlambat dan sudah menyiapkan minuman untuk Seo Jun, padahal dia tidak melakukan itu. Kejanggalan kedua tidak ditemukan luka ragu pada sayatan pergelangan tangannya. 

Akhirnya Ha Rin kembali melakukan perjalanan waktu untuk kembali menyelamatkan Seo Jun. Awalnya kesempatan itu hampir tidak ada. Namun karena dia mencuri foto Seo Jun agar bisa kembali ke masa yang lebih lama dan tertangkap basah, jadi terungkap kalau Seo Jun juga sering melakukan perjalanan waktu. Hal itu dia lakukan untuk menolong Ha Rin yang ceroboh dan sering terjatuh. So sweet banget ya ....

Sayangnya Seo Jun tidak mau diselamatkan. Menurut dia setiap perubahan yang terjadi di masa lalu akan ada sesuatu yang harus dibayar. Bapak pemillik studio fotografi bahkan sudah berpesan akan mendatangkan kesialan bermain-main dengan waktu. Tapi namanya Ha Rin yang selalu ngeyel dia ngotot untuk menyelamatkan Seo Jun. Akhirnya Seo Jun dan Ha Rin bekerjasama untuk mengungkap pembunuh Seo Jun.

Kecurigaan Ha Rin tertuju pada salah satu siswa yang cukup membenci Seo Jun yaitu Kim Shin Oh. Jadi Ha Rin menyelidiki dan membuntutinya. Dan akhirnya ketahuan kalau Shin Oh mencuri zoletil, obat bius untuk hewan. Zat ini juga yang ditemukan dalam minuman Seo Jun sebelum dia meninggal. 


Karena kedapatan mencuri akhirnya Shin Oh ditangkap polisi. Waktu diinterogasi dia malah berbicara mengenai kematian Seo Jun. Dan dia adalah saksi kunci pembunuhan itu. Namun waktu dia diam saja karena takut ada masalah lebih lanjut mengingat hubungannya dengan Seo Jun yang tidak begitu baik dan bahkan diapun membencinya. Dan orang yang membunuh Seo Jun adalah Hye Min, kakaknya sendiri. Maafin ya Eun Seong udah curiga sama kamu.

Di tempat lain ada seorang penyelinap yang mencuri foto Ha Rin. Dialah Hye Min yang mengambilnya dan melakukan perjalanan waktu. Dia tahu foto itu bisa digunakan untuk melakukan perjalanan waktu karena sering mendengar Ha Rin membicarakannya. Dia pun kembali ke masa lalu dan menghabisi Shin Oh. 

Ha Rin yang sedang menunggu di kepolisian menjadi merasa aneh karena tidak ada kasus Shin Oh. Diapun merasa ada orang yang telah mengubah masa lalu. Tapi siapa? Ha Rin kembali menyelidikinya. Dia mulai membongkar stok foto lama Seo Jun dan ternyata ada yang hilang. Dia pun mencari bekas foto yang terbakar dan akhirnya ketemu di dekat kafe Hye Min. Ha Rin pun jadi mencuriga Hye Min.

Ha Rin kembali ke masa lalu menyelidiki kematian Shin Oh. Karena Seo Jun tetap meninggal meski Shin Oh sudah meninggal duluan, berarti yang membunuh Seo Jun adalah orang lain. Karena Ha Rin yakin pembunuhnya adalah orang yang sama maka dia mencari bekas botol zoletil. Bersama Seo Jun, Ha Rin melaporkan peristiwa pembunuhan tersebut ke kantor polisi. Namun seperti kata Seo Jun dan Bapak pemilik studio kuno bahwa mengubah masa lalu bisa mendatangkan ketidakberuntungan. Dan saat mereka berjalan bersama sebuah papan jatuh menimpa Seo Jun hingga ia pingsan.



Ah jadi penasaran apa hasilnya di masa depan. Apakah Seo Jun tetap mati? 

Drama ini cukup menarik dengan plot twist yang mungkin tidak terbaca oleh kita. Seperti munculnya Seo Jun dewasa di episode 4. Namun ada beberapa hal yang bikin agak nggak masuk akal seperti saat Hye Min ke masa lalu, pas dia kembali ke masa depan kok ingatan Ha Rin masih di masa sebelum Hye Min mengubah masa lalu ya. Kejanggalan kedua adalah ketika melakukan perjalanan waktu orang asli di masa lalu jadi menghilang. Padahal kalau di film-film lain biasanya mereka masih bisa bertemu dengan diri mereka sendiri di masa lalu. Tapi mungkin ini sudah rule nya begini kali ya, jadi gak usah terlalu dipikirin.

Yang bikin gemes juga ada. Di episode 4 Hye Min mati sehingga Seo Jun gak mati. Begitu dia diselamatkan malah Seo Jun tetap mati. Harusnya Ha Rin ngeh sama hal ini nantinya ya. Satu lagi soal minuman yang sudah disuntik zoletil peringatkan aja Seo Jun untuk tidak meminumnya, dengan begitu tidak ada kesempatan Hye Min menyakiti Seo Jun, beres kaaaan hahaha.

Yang paling keren memang Hye Min, masih SMA bisa melakukan tindak kriminal tanpa bukti. Canggih banget dia bisa lolos dari jeratan hukum. Tapi saya yakin pasti dia bakalan kena karmanya nanti.

Lanjut ya episode 11 dan 12. Episode 11 tidak terlalu memberikan kemajuan berarti dalam penyelidikan pembunuhan. Karena setelah Seo Jun pingsan dan dibawa ke rumah sakit Ha Rin malah mendapatkan telepon dari polisi bahwa bukti yang dia berikan lemah. 

Ha Rin putar akal dan akhirnya meminta bantuan teman-temannya untuk menemukan perekam yang telah diletakkan oleh Seo Jun di atas lemari. Pencarian dimulai namun hampir saja gagal dan ternyata Ui Yeong, pacar Su Jin yang menyembunyikannya. Kira-kira kenapa Ui Yeong menyembunyikannya ya? Akan kita ketahui di episode 12.

Nah meski penyelidikan sedikit terhambat, namun kemajuan perasaan antara Ha Rin dan Seo Jun terlihat jelas di episode ini. Penonton dibuat makin baper dengan kedekatan mereka. Jadi pengen kembali ke masa lalu hihihi.

Di episode 12 kita akan makin dibuat tegang karena ternyata Su Jin yang ada dalam rekaman video tersebut, sehingga dia menjadi tersangka pembunuhan Kim Shin Oh. Tentu saja bukan Su Jin yang melakukannya. Sumpah deh Hye Min jago banget deh, padahal kirain awalnya dia itu berhati lembut ternyata sadis setengah mati. Gak cuma membunuh tapi juga fitnah.

Hye Min menyamar menjadi Su Jin


Interogasipun dimulai dan Su Jin ketakutan. Sementara itu Ha Rin putar otak lagi. Ha Rin juga keren lho punya pikiran detektif, seperti ketika Ui Yeong menemukan jam tangan rusak Seong Cha yang menghilang ternyata ada di dalam lemari penyimpanan. Hal ini diketahui Ui Yeong ketika akan menyimpan alat perekam dalam lemari. Kemudian dia urung menyimpannya di sana dan malah menyimpannya di gudang.

Agak lucu sih, daripada sibuk menyembunyikan alat perekam kenapa tidak menghapus rekaman itu saja ya? Tapi untungnya gak dihapus jadi bisa dijadikan barang bukti.

Ha Rin mulai mengetahui rencana si pelaku. Jadi ketika Su Jin sakit perut dan pulang dia mengambil jaket dan jepit rambut Su Jin dan mengambilnya. Sehingga dia mirip Su Jin dari belakang. Karena pelaku sudah tahu ada perekam di dekat ruang fotografi.

Setelah membunuh dan menghilangkan barang bukti, pelaku kemudian mengcopy hasil rekaman, meletakkan jam Seong Cha dalam lemari dan mengembalikan barang milik Su Jin. Pelaku berharap Seong Cha menemukan barang bukti tersebut karena pasti dia akan langsung lapor polisi. Namun perkiraan pelaku salah, sehingga Ui Yeong yang menemukannya. Kemudian tiba-tiba Ha Rin dapat ide bahwa muka pelaku bisa kelihatan di depan jendela kaca.

Ekspresi Seo Jun mengetahui pelaku sebenarnya.


Pas ketahuan itu muka siapa Seo Jun langsung shock. Sama dengan saya waktu Shin Oh bersaksi bahwa dia melhat pustakawan yang menghabisi Seo Jun. Episode selanjutnya pasti makin seru nih. Kira-kira akan seperti apa ya?

Drama ini masih on going ya dan menyisakan empat episode lagi. Bisa disaksikan di We TV tiap Jum'at dan Sabtu pukul 17.00 WIB. Dan ini sisa jadwalnya.
  • Episode 13 pukul 17.00 WIB, Jumat, 3 September 2021
  • Episode 14 pukul 17.00 WIB, Sabtu, 4 September 2021
  • Episode 15 pukul 17.00 WIB, Jumat, 10 September 2021
  • Episode 16 pukul 17.00 WIB, Sabtu, 11 September 2021


2 komentar:

  1. Uwoooow, kayaknya complicated ya mba hahahahah. Jujur sih, Drakor yg bertema mesin waktu, aku hrs konsen banget nontonnya, supaya ngerti :D. Krn kdg jadi bingung alurnyaa :(. Makanya kalo udh bertema mesin waktu, aku prefer baca spoiler aja, biar bisa ngikutin :D.

    Tapi Krn ini msh on going, mau nunggu tamat. Soalnya aku memang LBH suka mastiin endingnya itu bakal happy ATO ga. Kalo ga, lgs skip :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk iya nih mbak agak ribet, memang harus fokus ya soalnya bolak-balik masa, skip dikit aja jadi bingung.

      Saya juga penonton yang suka happy ending sih, semoga drama ini happy ending ya mbak :D

      Hapus