Selasa, 31 Agustus 2021

5 Cara Agar Tak Kehabisan Ide Memasak




Memasak sudah menjadi rutinitas bagi para ibu. Menyajikan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga adalah tujuan utamanya. Namun terkadang ide untuk memasak juga bisa mentok. Bingung mau masak apa, terlebih kalau bahan makanan yang ada itu-itu saja. Kadang-kadang hanya sekedar memikirkan untuk masak apa saja malah lebih lama daripada masaknya. Nah biar tidak kehabisan ide memasak coba tips berikut yuk.

1. Membuat Daftar Menu
Membuat daftar menu untuk seminggu atau sebulan ke depan sangat menghemat waktu kita untuk berfikir. Misalnya kita membuat menu di akhir minggu untuk seminggu ke depan. Maka selama seminggu ke depan kita tidak akan kebingungan mau memasak apa.

2. Terapkan Food Preparation
Food preparation sebenarnya lebih bertujuan untuk membuat bahan makanan lebih awet disimpan. Sehingga hal ini juga menghemat uang dan waktu kita dalam memasak. Nah dengan membuat daftar menu selama seminggu kota juga bisa sekaligus berbelanja untuk keperluan seminggu. Setelah itu tinggal melakukan step by step food preparation sehingga memasak menjadi lebih cepat.


3. Mencari Inspirasi Memasak di Internet
Zaman digital memang makin memudahkan. Internet sudah menjadi sahabat kita bahkan dalam memecahkan masalah apapun. Salah satunya ya sebagai sumber ide inspirasi memasak. Tapi tetap hati-hati dalam memilih resep yang disajikan karena terkadang tidak sesuai dengan hasil jadinya.

4. Memasak Bersama
Daripada bingung sendiri, di akhir Minggu bisa kita gunakan untuk memasak bersama. Terserah anggota keluarga mau memasak apa. Yang jelas pekerjaan memasak menjadi lebih ringan dan yang lain jadi bahagia dengan hasil masakan mereka. Paling-paling ibu kebagian nyuci piring yang menggunung hehehe.

5. Buat Menu Baru Dengan Bahan Yang Ada
Gimana caranya ini? Ide mentok malah disuruh mikir hihihi. Tenang, zaman sekarang mencari inspirasi menu dengan bahan yang ada sudah mudah banget. Salah satunya dengan aplikasi Yummy App. Tinggal pilih menu masak lalu pilih 2 bahan makanan maka akan muncul berbagai menu makanan yang berkaitan dengan bahan yang telah kita input tadi.

Contohnya ini, saya mencoba memilih bahan makanan wortel dan tempe. Kemudian muncullah aneka resep berikut.

Praktis banget kaaan.

Tentang Aplikasi Yummy App
Yummy didirikan pada tahun 2016. Yummy merupaka media digital yang membahas tentang resep, tutorial dan tips memasak di bawah naungan IDN Times. Tema yang diangkat oleh Yummy adalah #MasakItuGampang , jadi jangan heran kalau resep masak di Yummy hanya menghadirkan 5 langkah saja. 

Awalnya Yummy hanya bermain di sosial media seperti Facebook "Yummy Indonesia" dan Instagram di @yummyidn. Mulai tahun 2019 Yummy hadir dengan aplikasi android Yummy App sehingga bisa lebih dekat dan membatu audiensnya.

Instalasi Yummy App
Seperti aplikasi berbasis Android lainnya kita tingga ke google playstore dan menginstalnya. 

Kita bisa langsung menggunakan menu yang ada atau bisa login terlebih dahulu. Kita bisa memilih login dengan akun gmail, facebook maupun email yang dimiliki, jadi tinggal pilih salah satu saja.



Menu-Menu Yummy App




Ada lima menu utama di Yummy App, yaitu home, tulis resep, masak, notifikasi dan akun. Pada menu home kita akan menemukan banyak resep pilihan dengan berbagai kategori, di menu ini juga ada pengumuman challenge dari Yummy App

Di menu tulis resep kita akan disuguhkan dengan template penulisan resep ala Yummy App. Asyiknya kalau resep kita disetujui dan tayang maka kita akan mendapatkan poin lho. Poin ini bisa ditukar dengan uang dengan jumlah poin minimal 2500 atau setara dengan Rp 250.000. Poin ini bisa kita dapatkan melalui dua cara. Pertama melalui resep kita yang berhasil tayang di Yummy App dan dari dari jumlah total kode referral milikmu yang berhasil digunakan oleh pengguna lain untuk mendaftar akun yang valid di Yummy App.

Lanjut ke menu masak, disini kita bisa memilih dulu minimal dua bahan makanan yang kita miliki. Kemudian klik tombol terapkan dan akan muncul berbagi pilihan menu dari bahan yang sudah kita input tadi. Berbagi menu yang ada di Yummy App juga sudah dilengkapi dengan gambar step by stepnya bahkan sudah ada videonya. Jadi gak ragu lagi masakan bakal gagal ya. Menu masak disini bisa ditambahkan ke menu favorit dan juga bisa dibagikan ke berbagai sosial media yang ada.

Di menu notifikasi merupakan pemberitahuan dari Yummy App, seperti misalnya menu memasak pilihan editor. Selanjutnya adalah menu Akun. Dalam menu ini kita bisa mengikuti atau menjadi pengikut akun lain seperti layaknya media sosial Di menu akun ini kita juga akan mendapatkan kode referral untuk mengundang teman. Selain itu juga ada histori resep yang sudah kita buat dan resep yang menjadi favorit kita.

Kelebihan Yummy App
Yummy App memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang sudah ada, antara lain:
  1. Kita bisa mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan uang dengan cara membagikan kode referral atau menulis resep dan berhasil ditayangkan di Yummy App dimana 1 poin setara dengan seratus rupiah.
  2. Selain step by step resep di aplikasi ini juga dilengkapi dengan gambar langkah-langkahnya dan video, jadi bisa meminimalisir kegagalan.
  3. Di setiap menu sudah dilengkapi dengan waktu yang diperlukan untuk memasak, jumlah porsi dan budget yang diperlukan serta keterangan mengandung babi atau tidak.
  4. Setiap resep yang ada bisa ditambahkan ke favorit agar memudahkan kita dalam pencarian. Tinggal ke menu akun dan pilih resep favorit.
  5. Resep yang kita ajukan bisa dipantau di menu akun, apakah perlu direvisi, sedang ditinjau atau sudah disetujui.
Kekurangan Yummy App
Meski ftur-fiturnya sudah cukup bagus namun ada beberapa kekurangan di Yummy App, kekurangan tersebut antara lain:
  1. Meski ada menu pengikut dan mengikuti namun kita tidak bisa mencari akun-akun lain. Yang bisa kita ikuti adalah akun-akun official.
  2. Untuk menu favorit masih ada pembatasan hanya sampai dengan 10 resep, lebih dari itu kita tidak bisa menyimpan menu favorit lagi.
  3. Masih terdapat keluhan dari pengguna mengenai lambatnya kurasi menu yang diupload.

Rating
Secara keseluruhan aplikasi ini sangat menarik. Resep yang disajikan dengan video menambah nilai plus tersendiri. Bagi yang suka bereksperimen dengan masakan tentu saja bisa menambah penghasilan dengan mengupload resep-resep yang dimiliki. Jadi saya kasih rating 4,5 untuk aplikasi ini.





4 komentar:

  1. memang enak ya dg gunakan aplikasi itu, semua resep ada di sana, tinggal lihat dan eksekusi

    BalasHapus
  2. Aplikasi bener-bener membantu disaat kebingungan mau masak apa. Btw aku memang gak pakai daftar menu masakan, bisa dicoba nih.

    BalasHapus