Kamis, 26 Agustus 2021

# Cerita # curhat

4 Kelinglungan Saat Weekend dan Cara Mengatasinya


Weekend harusnya bisa menjadi hari yang santai dan menyenangkan ya. Tapi entah kenapa weekend ini saya apes banget hehehe. Berawal dari hari Kamis yang tiba-tiba mengalami vertigo. Padahal jarang banget kena penyakit yang satu ini. Pertama kali kena waktu kelas 4 SD. Habis itu gak pernah kena lagi. Nah ini tumben-tumbenan kena. Berawal dari sini nih kelinglungan dimulai.

1. Lupa Hari
Bangun pagi saya lupa hari karena kepala terasa berputar-putar. Ini hari apa ya? Jum'at, Sabtu atau Minggu. Dan setelah pusing reda saya baru ingat hari tersebut adalah hari Sabtu hehehe.

2. Kejepit Pintu Mobil
Biasa deh suka gak hati-hati begini jadinya. Habis manasin mobil malah terpukau lihatin cabai. Gak sadar tangan kiri nempel dekat pintu. Pas nutup pintu malah kejepit. Dan akhirnya saya merasakan nikmatnya Hematoma Subungual. Kuku hitam karena ada pendarahan di bawahnya dan rasa berdenyut hingga hari ke lima masih saya rasakan.

3. Salah Memasukkan Pengharum Pakaian
Rasa pusing dan rasa berdenyut di jari mungkin membuat saya jadi hilang konsentrasi. Jadinya malah salah masukin pengharum ruangan ke tempat deterjen dalam mesin cuci. Pengen ketawa tapi kesel, gak ketawa tapi kok lucu. Hihihi.

4. Salah Menyapa Orang
Pernah gak salah manggil orang. Biasanya manggil mbak tiba-tiba manggil ibu. Masalahnya di wa ada jejak digital yang bakalan diingat orang kan. Meskipun saya sendiri ya biasa aja sih kalau ada yang salah panggil hihihi. Tapi tetap saja saya malu.

Tentu saja ini sudah warning bagi tubuh saya, karena hari belum beranjak siang namun sudah banyak rentetan kesalahan yang saya lakukan. Kelinglungan yang kita alami biasanya memang memiliki pemicu. Agar tidak linglung kita harus mengenali penyebabnya dan mengatasinya segera agar otak kembali fresh dan semangat bisa kembali muncul. Beberapa hal sederhana yang saya lakukan untuk mengatasi kelinglungan agar tidak berlanjut antara lain

1. Memastikan istirahat cukup dan berkualitas

Seringnya kita masih suka abai dengan rutinitas ini. Dalam beberapa literatur jumlah jam tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda. Tergantung dari usianya. 


 Jika merasa kuntitas tidur sudah terpenuhi namun masih suka linglung berarti harus ditelisik lagi tentang kualitas tidurnya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kualitas tidur seperti stres. Namun ada beberapa langkah mudah yang bisa kita ambil untuk memperbaiki kualitas tidur diantaranya tidak kelaparan menjelang tidur tapi juga tidak makan menjelang tidur. Jadi usahakan kita kenyang 3-4 jam sebelum tidur. Hindari banyak minum sebelum tidur dan jangan meminum minuman yang mengandung kafein. Selain itu buat kondisi kamar senyaman mungkin, lakukan relaksasi sebelum tidur seperti membaca, usahakan tidur dan bangun di jam yang sama dan olahraga.

2. Me Time 
Beberapa orang mungkin menganggap me time kurang penting dan buang-buang waktu. Padahal me time sebenarnya memilik banyak manfaat. Di lansir dari hellosehat dot com beberapa manfaat me time antara lain:
  • Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
  • Memberikan kesempatan untuk memahami diri sendiri
  • Menyegarkan tubuh dan pikiran
  • Memperbaiki hubungan dengan orang lain
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisai
Me time juga tidak melulu harus menghabiskan banyak waktu. Bisa saja me time di kamar mandi selama 10-15 menit sambil keramas, biasanya ini membuat saya merasa fresh. Maklum emak-emak kalau me time di luar suka ada yang ngekor.

3. Keluar Sejenak Dari Rutinitas
Lupakan sejenak rutinitas yang membelenggu. Sudah sibuk saat weekday saatnya memberi reward pada diri sendiri saat weekend. Misalnya nonton film atau drama, izin gak masak dulu hehehe, berkebun dan segudang hobi lainnya yang bisa menyenangkan diri sendiri.

Tapi tetap ingat manajemen waktu ya, jangan sampai terlena dan malah to do list harian tidak terkerjakan. Kita bisa ambil waku pagi satu malam untuk melakukan hal ini agar manajemen waktu tidak terlalu banyak gangguan.

Saya weekend kemarin malah nonton drama korea yang masih on going. Karena dramanya kece jadinya saya review deh DISINI.

4. Perhatikan Asupan Makanan
Saya yakin semenjak pandemi banyak orang yang lebih sadar akan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang harus dipenuhi. Kekurangan salah satu vitamin dan mineral tentu saja akan membuat kinerja organ tubuh menurun. Misalnya kekurangan vitamin yang satu ini.

sumber foto: doktersehat.com

5. Banyak Berdoa
Doa merupakan obat dari segala masalah yang dihadapi. Sama seperti makan, doa merupakan kebutuhan sehari-hari manusia dengan Sang Pencipta. Jadi apapun yang dihadapi berdoa merupakan hal yang harus dilakukan. Dilansir dari brilio dot net bedoa memiliki banyak manfaat antara lain:
  • Meraih rahmat dan keberkahan-Nya
  • Mendapatkan apa yang diharapkan
  • Melancarkan segala urusan
  • Memberikan ketenangan
  • Mendapatkan pengampunan dosa
  • Diangkat derajatnya
  • Dijauhkan dari kesulitan
  • Mendekatkan diri pada Allah SWT

Itu dia beberapa hal yang saya lakukan setelah mengalami kelinglungan yang luar biasa dalam sejarah. Semoha weekend ini dan seterusnya bisa memanajemen stres dengan baik dan mendapatkan hari yang indah tanpa resah.

Selamat menjelang weekend

Referensi:
https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/tips-untuk-meningkatkan-kualitas-tidur/
https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-jam-tidur-ideal-bagi-kesehatan
https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-me-time-bisa-jaga-kesehatan-mental-benarkah
https://www.brilio.net/wow/manfaat-berdoa-dalam-kehidupan-sumber-kekuatan-lahir-dan-batin-210511e.html

5 komentar:

  1. artikelnya lucu hi3 ...
    kadang ada ya hari saat kita riweuuuhhh

    salam hangat mba puji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam mbak Dewi makasih dah mampir, emak-emak memang punya keolengan masing-masing yaaaa

      Hapus
  2. Duh, yang kejepit pintu mobil itu nggak kebayang ngilunya. Semoga cepet sembuh tangannya.
    Btw, ngeblog gini termasuk me time juga lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miloooo aku kangeeennn

      Iya ini juga sebagai me time hehehe.

      Aamiin YRA, sudah berangsur sembuh meski kuku masih hitam di hari kesepuluh

      Hapus
  3. Dulu pas masih kerja sih, aku sesekali ngalamin ini. Lingkung, trus ga fokus Ama kerjaan, yg sbnrnya bahaya banget kalo buatku. Krn kerjaanku dulu memastikan transaksi nasabah yg terkadang melibatkan dana milyaran Rp , harus berjalan dengan aman. Kalo aku meleng, bisa2 aku salah approve transaksi yg akibatnya kerugian besar.

    Dan aku pernah salah approve transaksi nasabah, hanya Krn linglung. Untungnya masih diselamatin Tuhan mba, transaksi yg salah transfer itu, bisa balik, walopun tetep kantorku hrs bayar kerugian yg terjadi dalam masa waktu 'uangnya nyasar' ntah kemana itu.

    Itu makanya, utk staff kantorku, wajib ambil core leave di mana dia Bener2 harus istirahat supaya pikirannya fresh . Akupun kalo udh ga fokus begitu, pasti stop dulu, dan minta kolega lain ngegantiin. Krn memang bahaya bgt kalo sampe linglung.

    BalasHapus