Senin, 07 Juni 2021

# Cerita # iidn

Butuh Ide Cemilan? Di Snacks-Desserts.id Saja

 

Sebagai ibu yang bekerja, saya harus meninggalkan anak-anak selama jam kerja. Tentu saja saya harus memastikan segala sesuatunya lancar dan baik termasuk cemilan mereka. Apalagi salah satu trik untuk meninggalkan mereka tanpa drama adalah dengan memberikan cemilan yang disukai.

 


Awalnya saya masih membeli cemilan-cemilan itu. Tapi saya hitung-hitung kembali malah jadi boros. Karena anak-anak saya titipkan dengan orang tua, sementara disana juga ada sepupu-sepupunya maka membeli cemilannya juga harus banyak. Hingga akhirnya terbersitlah untuk membuat cemilan sendiri. Yang mudah saja, karena waktu pagi saya juga tidak panjang.

 

Setiap akhir minggu selalu saya gunakan untuk percobaan membuat cemilan. Awalnya mencari resep cemilan itu secara random, hingga akhirnya pada Ramadan tahun ini Mondelez me-launching website yang khusus berisi resep masakan. Wah langsung dong saya kepoin webnya di snacks-desserts.id.

 


Ternyata resep-resep menu yang disajikan pada web ini bukan hanya cemilan saja lho. Ada juga menu makanan utama, makanan penutup, cemilan dan minuman. Bahkan ada juga menu untuk ide usaha. Wah mantap betul ini untuk yang mau buka usaha kuliner.

 

Pada halaman utama akan ada delapan baris menu. Yang paling atas adalah menu search dan login. Baris kedua berisi banner yang terdiri dari berbagai macam edukasi produknya Mondelez. Baris ketiga berisi resep inspirasi usaha dari chef ternama. Baris keempat resep populer, baris kelima  resep berdasarkan kategori, yang keenam Inspirasi resep hidangan, yang ketujuh resep berdasarkan produk favorit dan baris kedelapan adalah tentang Mondelez.

 

Oke deh kita bahas per baris ya ….

 


Di baris pertama akan ada menu kembali ke beranda yang ada si tulisan snacks-desserts.id di sisi sebelah kiri. Kemudian di bagian tengah ada menu search untuk mencari resep-resep yang kamu inginkan. Selanjutnya di sebelah kiri ada menu login dan daftar. Kegunaan login disini adalah untuk bisa mengakses resep inspirasi usaha dari para chef.

 

Nah kalau kamu belum pernah login maka klik daftar dulu ya. Ketika mendaftar ada beberapa data yang diperlukan seperti nama lengkap, alamat email, kemudian password dan konfirmasi password, bidang usaha, jika bukan bidang kuliner pilih aja others ya. Jika kita memilih others maka pertanyaan selanjutnya harus diisi untuk menjelaskannya, disini saya coba isi ibu rumah tangga. Untuk nama usaha karena tidak punya usaha saya biarkan terisi strip begitu juga dengan nomor telepon. Kemudian klik sign up dan kita akan langsung login.

 


Di baris kedua kita akan menemukan lima banner tentang Mondelez. Ngomong-ngomong sudah pada tahu kan dengan Mondelez? Itu tuh perusahaan yang mengeluarkan produk-produk keju dan coklat. Brandnya pasti sudah kamu kenal banget yaitu Keju Craft, Biskuat, Oreo, Cadburry, Toblerone, Rits, dan Chips Ahoy. Pasti sudah pada kenal kan? Malahan mungkin salah satunya adalah favorit kamu.


Kembali ke banner ya, banner yang pertama saya temukan adalah Snack Mindfully yang langsung terhubung ke landing page https://www.snackmindful.com/. Ada lima bahasa tersedia di web tersebut yaitu Bahasa Inggris, Spanyol, Indonesia, Pertugis dan China. Landing page ini intinya menginformasikan kepada kita seluk beluk tentang ngemil, terutama ngemil bijak. Penasaran kan? Kunjuni aja deh dan temukan pengetahuan seputar ngemil di sana.

 

Lanjut ke banner berikutnya adalah Oreo, yang berisi 6 fun fact biskuit oreo. Jika kita klik banner ini maka akan langsung terhubung ke instagramnya oreo. Banner berikutnya adalah tentang menemukan inspirasi menu masakan bersama Mondelez. Banner ini langsung terhubung ke menu pendaftaran web Snacks-Desserts.id.

 

Banner berikutnya adalah Temukan Partner Kraft Di Kotamu. Jika kita klik banner ini maka kita akan terhubung ke web bundakraft.com/food-resto, dimana web ini memberikan kita informasi mengenai tempat kuliner yang sudah berpartner dengan keju kraft. Dan banner terakhir adalah Marketed 7 Iconic Brands In Indonesia. Banner ini juga merujuk ke pendaftaran ke snack-dessert.id.


Selanjutnya di bagian bawah banner akan berisi resep-resep pilihan dari snack dessert. Ada menu inspirasi usaha yang merupakan kumpulan resep para chef yang bisa kita jadikan ide usaha kuliner. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, jangan lupa untuk login dulu agar bisa mengakses berbagai resep ini.

 

Kemudian di bawahnya kita akan disuguhi menu populer. Menu ini diurutkan berdasarkan jumlah viewnya. Jadi menu yang paling populer adalah menu yang paling banyak dilihat pengunjung. Saat ini menu terpopuler di snack-dessert.id adalah Burn Cheese Toast Bread.

 

Di beranda kita juga akan menemukan resep berdasarkan katagori. Ada tiga kategori disini yaitu cheese, biscuit dan chocolate. Kategori ini cukup memudahkan kita ketika misalnya kita akan memasak makanan berbahan cokelat, tinggal klik kategori chocolate saja dan cari resep yang disuka.

 

Meskipun namanya snack-dessert namun bukan hanya hidangan penutup saja yang ada menunya di web ini. Namun ada inspirasi resep hidangan yang mengkategorikan resep menjadi Makanan Utama, Makanan Penutup, Cemilan dan Minuman. Nah makin lengkap kan pencarian kita. Yang jelas bisa nambah daftar menu untuk dimasak di rumah nih.

 

Kalaupun kita mau memasak berdasarkan produk yang kita miliki, mondelez juga sudah menyiapkan kategori menu per produk lho. Misalnya saja ingin mengolah oreo, tinggal klik saja logo brand oreo dan kita akan dibawa ke kumpulan resep yang menggunakan oreo. Asyik banget ya buat ibu-ibu terutama yang punya anak balita. Jadi makin bervarisi nih menu cemilannya.

 

Menu-menu yang ada di web ini juga sudah dikategorikan menurut tingkat kesulitannya. Ada yang mudah, sedang dan sulit. Jadi kalau mau mencoba sebuah resep cek saja tanda di resep tersebut. Kalau mudah biasanya memang bakalan lebih mudah dieksekusi. Apalagi emak rempong macam saya, bakalan banyak berburu resep yang mudah.

 




Salah satu resep yang saya coba di web ini adalah Greek Doughnuts Cadbury. Meskipun tingkat kesulitannya sedang namun bagi saya resep ini cukup mudah dari segi bahan dan pembuatannya. Hanya saja saya agak kesulitan membentuknya. Meski akhirnya saya ada ide untuk membentuk seperti halnya membentuk bakso, biar bulat seperti pada gambar.

 

Saya menemukan sedikit kelemahan dalam resep yang saya coba ini. Misalnya ketika mendiamkan adonan selama kurang lebih satu jam tidak ada keterangan apakah adonan ditutup atau tidak. Setahu saya, adonan yang menggunakan ragi biasanya perlu ditutup ketika adonan tersebut didiamkan. Saya akhirnya inisiatif sendiri menutupnya. Satu lagi untuk instruksi menyemprotkan adonan dan sesuaikan ukuran, teknisnya masih kurang jelas. Hasilnya yang saya buat malah lonjong tidak bulat seperti di gambar. Namun meski demikian kue ini tetap enak dan jadi idola anak-anak.

 

Hasil dari praktek resep Greek Doughnuts Cadbury sudah saya upload videonya di instagram ya, silakan mampir disini. Sedangkan jika teman-teman ingin mencoba resepnya silakan langsung berkunjung kesini.

 

Kesimpulan

 

Snack-Dessert.id merupakan web yang berisi kumpulan resep yang cukup banyak dan kekinian. Sangat cocok diaplikasikan di rumah bahkan bisa untuk ide usaha. Informasi mengenai tingkat kesulitan resep juga sangat membantu para pemula yang baru memasak untuk tidak ragu mencoba resep-resep yang mudah. Mungkin yang masih perlu diperbaiki adalah deskripsi cara pembuatan, harus sejelas-jelasnya agar tidak membingungkan pengguna.

 

Selamat mencoba menu-menu ciamik di web snack-dessert.id yaaaa….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar