Rabu, 28 April 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

Rencana 5 Tahun Ke Depan

 



 

Pemerintah punya Rencana Jangka Pendek, Rencana Jangka Menengah dan Rencana Jangka Panjang. Dalam kehidupan berumahtanggapun semestinya suami dan istri menyusun rencana berjangka ini. Ah ribet banget.

 

Sebenarnya memang ribet di awal, tapi akan memudahkan kita dalam mencapai tujuan-tujuan keluarga di masa depan. Saya memang belum menyusun secara detail bersama suami hanya masih sebatas obrolan ringan, tapi kami sudah menyusun sendiri rencana jangka pendek untuk keluarga. Kalau rencana jangka pendek saya sendiri sudah pernah saya tulis pada Target Yang Ingin Dicapai Tahun 2021.

 

Nah kali ini saya akan menulis tentang Rencana Jangka Menengah untuk keluarga kami. Kira-kira seperti inilah, tidak banyak tapi cukup lumayan memerlukan effort.

 

1. Beli Kebun

Investasi memang sangat diperlukan. Saat ini selain emas kami juga memiliki beberapa reksadana kecil-kecilan. Namun selain investasi kami juga memerlukan yang namanya passive income. Salah satu passive income yang menjadi incaran kami adalah kebun, utamanya kebun sawit.

 

Kenapa kebun sawit?

 

Kebetulan di tempat tinggal saya saat ini memiliki kebun sawit yang cukup luas karena memang pabrik CPO cukup banyak. Sehingga jika memiliki kebun sawit sekita dua hektar saja sudah cukup untuk hidup.

 

Tapi bukankah kebun perlu diolah?

 

Nah di daerah saya ini ada sistem bapak angkat dalam pengelolaan kebun, yaitu kebun akan diolah oleh perusahaan dan pemilik tinggal menerima hasil bersihnya. Cukup menarik bukan?

 

2. Ganti Mobil

Anak-anak semakin tumbuh besar, lima tahun lagi semua sudah masuk sekolah, bahkan si Sulung sudah beranjak remaja. Maka dirasa sangat perlu untuk mengganti mobil kecil saat ini dengan mobil yang lebih besar.

 

Kenapa harus ganti ke mobil yang lebih besar? Karena kami memiliki tujuan panjang tiap tahun menembus ribuan kilometer untuk pulang kampung ke Jawa. Oleh karena itu sangat penting memperhatikan kenyamanan dalam berkendara agar tidak capek di jalan.

 

3. Menambah Keimanan dan Ketakwaan

Umur semakin hari semakin bertambah, namun jatah di dunia semakin berkurang. Jadi apalagi yang harus ditingkatkan selain iman dan takwa. Syukur-syukur bisa mendapatkan undangan khusu ke baitullah.

 

Jika bisa amalah setipa bulan Ramadan bisa diterapkan pada bulan-bulan selainnya. Namun memang akan banyak tantangan dalam melakukan hal ini.

 

Tiga hal inilah yang menjadi rencana jangka menengah kami. Semoga bisa diijabah oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar