Kamis, 06 Mei 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

5 Tips Olahraga Saat Puasa

 



 

Saat puasa kita juga tetap harus berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Meskipun tidur adalah ibadah pada bulan Ramadan namun jangan terus pada mager ya, tetap harus bergerak. Apalagi Covid terus mengintai jadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan olahraga. Jadi biar puasa tetap fit meski berolahraga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 

1. Asupan Makanan

Saat puasa itu ya tetap harus memperhatikan asupan makanan ya, sekali lagi tidak boleh menurutkan keinginan saja. Pola makan tetap harus seimbang seperti hari-hari biasa. Tetap harus ada unsur karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Dengan nutrisi yang seimbang maka puasa

 

2. Asupan Air Harus Cukup

Asupan air putih dalam tubuh juga tidak boleh kurang dari delapan gelas sehari. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tetap bugar dan terhidrasi selama puasa sehingga bisa menjalankan ibadah ini dengan lancar. Selain itu dengan cukup asupan air maka olahraga saat puasa tidak akan menjadi masalah.

 

3. Istirahat Cukup

Perubahan jam makan saat puasa juga sering mengakibatkan perubahan jam tidur. Sehingga siang sering malas beraktivitas. Sebaiknya memang tetap istirahat dengan cukup saat puasa, namun pilih waktunya juga ya, misalnya siang hari dan sebaiknya tidak tidur lagi setelah subuh. Istirahat yang cukup akan menghindarkan kita dari rasa lemas saat puasa, namun kebanyakan tidur juga malah membuat tubuh lemas lho.

 

4. Pilih Waktu Yang Tepat

Ketika akan melakukan olahraga pilih waktu yang tepat sesuai dengan kemampuan kita. Bisa sebelum buka, sehabis sahur atau sehabis subuh. Sebaiknya tidak memilih waktu siang saat lapar karena  bisa membuat kita tidak fokus untuk berpuasa.

 

5. Pilih Olahraga Yang Tepat

Olahraga yang dipilih saat puasa juga jangan yang terlau berat dan menghabiskan energi. Sebaiknya pilih olahraga ringan yang tidak akan mengganggu puasa, misalnya jalan kaki pagi hari sehabis sholat subuh. Cukup sepuluh sampai lima belas menit saja. Selain itu yoga atau bersepeda juga bisa menjadi pilihan.

 

Meski bulan puasa, tidak seharusnya kita bermalas-malasan. Semoga dengan melaksanakan olahraga selama bulan puasa kita bisa tetap sehat dan bugar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar