Jumat, 07 Mei 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Ramadan


 


Sekali lagi bulan Ramadan bukanlah ajang untuk mager, untuk bersantai atau hanya tidur-tiduran. Namun bulan Ramadan harus bisa menjadikan kita lebih produktif di berbagai sisi.Bagaimana cara meningkatkan produktivitas saat Ramadan? Berikut yang saya lakukan agar lebih produktif selama Ramadan.

 

1. Tidak Tidur Setelah Salat Subuh

Saya menghindari tidur setelah sahur dan salat subuh. Hal ini karena saya akan merasa lemas dan tidak bersemangat kalau tidur setelah salat subuh. Jadi saya sangat menghindari hal ini. Tidur saya alihkan jam siang antara jam 12.00 sampai jam 13.00. Di kantorpun bisa kok tidur sebentar. Tapi tidur siang juga jangan terlalu lama ya, karena kelamaan tidur siang juga menyebabkan lemas dan lesu juga.

 

2. Olahraga

Olahraga akan membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga membuat kita akan lebih fokus dan tidak mudah lesu. Olahraga saat puasa juga tidak perlu yang terlalu berat. Cukup olahraga ringan yang penting tubuh banyak bergerak.

 

3. Memiliki Jadwal Khusus

Agar tidak bingung akan melakukan kegiatan apa saja, saya biasa memilik to do list. To do list ini memudahkan saya dalam memanajemen waktu. Jadi jam berapa saya mesti ngapain sudah ada jadwalnya. Seperti pagi setelah tahajud saya biasanya sempatkan untuk menulis walau hanya lima belas menit. Habis subuh saya sapa grup jam lima, jam enam saya mulai beberes rumah dan seterusnya. Hal ini jadi memudahkan kita dalam mengontrol waktu.

 

4. Nambah Ilmu

Meuntut ilmu adalah wajib hukumnya selama kita hidup. Tidak perlu yang berat sih, yang ringan-ringan seperti ikut kultum setelah salat tarawih juga merupakan salah satu sarana menambah ilmu. Dengan menambah ilmu ide-ide baru akan mengalir, menjadikan kita lebih semangat dan lebih produktif.

 

5. Mengikuti Komunitas Positif

Kadang-kadang melakukan sesuatu sendirian itu lebih susah konsisten disbanding melakukannya bersama-sama. Contohnya konsisten baca quran, maka kita bisa ikut ODOJ atau ODALF. Mau konsisten mengurusi facebook bisa ikut komunitas OLOC facebook. Mau konsisten nulis di blog bisa ikut 30 Day BPN Ramadan Challenge 2021.

 

Nah kelima hal tersebut merupakan cara yang saya lakukan agar tetap produktif selama Ramadan. Puasa bukan alasan untuk malas-malasan, justru sebaliknya harus lebih semangat agar puasa makin banyak pahala. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar