Minggu, 25 April 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

5 Sumber Inspirasi Saat Jenuh

 


 

Tak bisa dipungkiri kejenuhan memang terkadang melanda kita. Dan saat jenuh ini biasanya kita tidak terlalu produktif. Namanya juga jenuh ya. Lalu bagaimana agar jenuh itu cepat pergi? Ini dia beberapa hal yang saya lakukan agar cepat mendapatkan inspirasi saat jenuh melanda.

 

1. Membaca Buku

Buku adalah sumber ilmu, inspirasi dan hiburan buat saya. Maka sangat penting memajang loleksi buku di rumah. Sehingga ketika dibutuhkan saya bisa dengan cepat menemukannya. Misalnya saat sedang lemah iman, selain baca Al Quran saya juga perlu membaca shirah agar iman di hati kembali meningkat.

 

Ketika jenuh sedang melanda membaca buku-buku motivasi juga bisa memberikan energi dan inspirasi baru. Semangat itulah yang harus segera dieksekusi sebelum padam.

 

2. Mengamati Tanaman

Entah kenapa saya sangat suka mengamati tanaman. Ada sesuatu cerita yang bisa saya buat ketika mengamati tumbuh kembang mereka selayaknya mengamati tumbuh kembang anak. Kadang bahkan sama menemukan simbiosis mutualisme di dalamnya. Contohnya semut yang menumpang hidup dan membantu menggemburkan tanah.

 

Saat jenuh saya juga melakukan pengamatan terhadap tanaman. Mereka seperti memberikan energy baru ketika mangamatinya. Apalagi jika menemukan ketidakberesan dalam tumbuhan-tumbuhan itu, solusi harus segera dicari. Nah mencari solusi ini kadang menemukan inspirasi baru yang mengusir rasa jenuh.

 

3. Bermain Bersama Anak

Anak-anak itu seperti tidak pernah punya rasa lelah. Jika kondisi tubuh mereka sehat maka seharian mereka akan terus bersemangat. Dan konon semangat itu menular. Maka dari itu biar tidak jenuh lagi bermain bersama anak merupakan salah satu penyemangat. Selain meningkatkan ikatan ibu dan anak, keseruan mereka kadang membuat gelak tawa tersendiri.

 

Coba amati anak-anak ketika kita bermain bersama mereka, ada ide-ide mereka yang keluar. Nah saat itulah inspirasi kadang menghampiri. Segera tangkap biar tidak lari lagi.

 

4. Googling

Ketika jenuh melanda salah satu obat adalah dengan googling. Kadang googling acak atau ada hal-hal yang ingin diketahui seperti drama korea berlatar sejarah. Jadi coba kepoin latar sejarah aslinya seperti apa.

 

Kadang memang kalau tidak ingat waktu bisa-bisa waktu habis hanya untuk googling. Jadi biar tidak kebablasan sebaiknya pasang alarm deh. Kadang-kadang sih dengan melakukan kegiatan ini inspirasi bisa datang menghampiri, tapi seringnya ya gitu deh keasyikan googling. Yang penting ada pengetahuan yang nambah kan?

 

5. Nonton Video Memasak

Meskipun saya tidak terlalu ahli memasak namun menonton video memasaka itu seperti memberikan suntikan semangat untuk memasak. Apalagi kalau lagi malas gerak alias mager. Menonton video ini bisa bikin mood naik dan jadi semangat lagi untuk melakukan sesuatu khususnya memasak.

 

Kadang nonton drama tentang masak-memasak juga bisa menggugah diri kita untuk segera bergerak ke dapur lho. Jadinya si jenuh langsung kabur deh entah kemana. Sayangnya kalau masakan gagal kecewanya itu lho gak nahan. Tapi tetap berprasangka baik, namanya juga baru sekali mencoba kan wajar saja kalau terjadi kegagalan yang penting pantang menyerah dan coba lain kali. Dan satu hal lagi si jenuh pergi.

 

 

Nah itu dia lima sumber inspirasi saat jenuh. Yang penting sih buang dulu jenuhnya setelah itu inspirasi akan datng menghampiri. Jangan lupa ikat inspirasi tersebut lewat tulisan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar