Minggu, 09 Mei 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

5 Menu Favorit Saat Sahur

 



 

Saat sahur memang kadang ada timbul rasa malas, bahkan kadang terlambat bangun sahur sementara belum masak nasi. Menu saat sahurpun biasanya menu yang praktis, mengingat waktunya yang singkat, tidak seperti saat buka yang menunya beraneka ragam. Namun jika ditanya apa menu favorit saat sahur mungkin lima ini yang jadi andalan saya.

 

1. Telur Dadar

Telur wajib ada dan wajib stok di rumah, sebab menu dengan telur biasanya lebih praktis. Contohnya telur balado, telur ceplok dan telur dadar. Saya sendiri paling senang makan dengan telur dadar sejak kecil, tinggal ditambah sambal korek atau sambal terasi nikmatnya sudah luar biasa. Beda sama anak dengan suami yang lebih suka telur ceplok. Dan ini jadi menu dominan selama sahur tahun ini.

 

2. Tumis Buncis

Tiap makan tumis buncis itu ingatan saya selalu melayang ke kampung halaman. Tumis buncis dengan rasa pedas manis beraroma daun salam dan lengkuas begitu nikmat disantap. Meski saya pernah dilarang makan buncis karena ada keluhan di pinggang namun menu satu ini tetap favorit bagi saya.

 

3. Mi Goreng

Ketika mentok tidak tahu mau masak apa atau imsak sudah dekat, menu ini jadi andalan saya. Daripada tidak sahur sih, kan mending sahur. Dan menu ini citarasanya jangan ditanya lagi, pasti nikmat. Tinggal tambah telur dadar atau telur ceplok sudah bisa buat makan. Mau pakai nasi boleh kalau enggak tambah dengan minum susu dan madu biar puasa lancar dan kuat.

 

4. Kurma

Kurma merupakan makanan yang disunnahkan untuk berbuka, namun bagi saya sahur juga perlu makan kurma. Kurma banyak mengandung gula dan bisa membuat puasa lebih lancar karena biasanya saya tidak merasakan lemas atau lapar yang berlebihan, sehingga ketika buka tidak akan terlalu kalap.

 

5. Madu

Sama halnya dengan kurma, madu juga membuat puasa jadi lancar. Madu selain meningkatkan daya tahan tubuh juga membuat kita tidak lemas. Sehingga puasa aman meski banyak aktivitas. Biasanya saya merasa lebih berenergi ketika makan kurma dan madu.

 

Itu dia lima menu favorit saya saat sahur. Yang penting menu tersebut bisa membuat kita lancar manjalankan puasa daripada menuruti selera lidah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar