Selasa, 11 Mei 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

5 Kue Lebaran Yang Wajib Ada Di Rumah

 



 

Kue lebaran itu sebenarnya antara wajib dan enggak wajib. Soalnya saya juga tidak memiliki tamu. Namun kue-kue biasanya masih membeli sih karena tidak ada cukup waktu untuk membuat sendiri. Apalagi libur sebelum lebaran hanya satu hari. Ini kue yang biasanya ada di rumah.

 

1. Coklat

Baik anak-anak maupun orang dewasa biasanya menyukai coklat. Untuk itu kami selalu sedia coklat saat lebaran. Coklat yang kami beli biasanya Koko Jelly yang isi kismis atau kacang. Selain itu kami juga membeli Bonibol, biskuit lapis coklat. Meskipun tidak tergolong kue namun coklat-coklat ini selalu tersedia di toples kami saat lebaran, dan habis oleh kami sendiri.

 

2. Peyek

Yang satu ini sebenarnya juga tidak termasuk golongan kue, tapi karena bisa dicemil maupun dijadikan penggembira saat makan besar, maka saya masukkan ke daftar ini. Peyek ini sendiri terdiri dari dua macam, yaitu peyek kacang dan peyek teri. Citarasanya begitu ngangenin, serasa pulang ke kampung halaman.

 

3. Onde-Onde

Waktu saya kecil ibu saya rutin membuat onde-onde alias kue ketawa. Kadang sampai saya merasa bosan memakannya. Nah pas saya sudah berumah tangga, mertua saya juga suka bikin kue yang satu ini. Wah kebetulan sekali ya…. Memakannya berasa kembali bisa ke pelukan ibu. Semoga ibu dilapangkan kuburnya. Amiin.

 

4. Kacang Goreng

Makanan klasik ini selalu ada dimana-mana, bahkan di toples saya. Tidak peduli asam urat yang penting kalau ada kacang selalu ngegas makannya. Yang belum saya tahu bagaimana membuat kacang goreng yang nikmat, selama ini yang nikmat itu ya kacang rebus.

 

5. Kripik Pisang

Kripik pisang juga selalu ada setiap lebaran. Rasanya yang renyah dan gurih membuat kita merindukan kehadirannya. Kebetulan baik kripik pisang, kacang goreng, onde-onde dan peyek adalah buatan mertua saya yang selalu enak hehehe.

 

Itulah lima kue yang selalu ada setiap lebaran. Kalau tidak habis kami makan ya tinggal bawa ke kantor saja dimakan barengan lebih nikmat.

2 komentar: