Sabtu, 24 April 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

Top 5 Buku Favorit

 



Sebagai seseorang yang mengaku mencintai buku, tak afdol rasanya jika tidak memiliki buku favorit untuk dibaca. Kelima buku ini tidak bosan saya membaca meski berulang kali. Bahasa yang mudah dipahami dan pemilihan diksi yang apik membuat saya

 

1. Aroma Karsa

Buku karangan Dewi Lestari memang selalu memukau. Apalagi yang satu ini. Pengen deh bisa difilmkan dengan animasi layaknya film Hollywood. Novel ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang ambisius ingin memiliki Puspa Karsa. Sebuah tanaman legenda yang bisa mengendalikan kehendak sang pemilik.

 

Dengan bantuan Jati Wesi seorang anak yang dibesarkan di daerah kumuh wilayah Bantar Gebang, dan Tanaya Suma anak semata wayangnya yang keduanya memiliki indra penciuman melebihi manusia normal lainnya. Dari perburuan inilah jati diri Jati Wesi terungkap.

 

2. Galau Putri Calon Arang

Buku yang satu ini berlatar masa pemerintahan Airlangga, Raja Kahuripan. Mengisahkan seorang gadis bernama Ratna Manggali yang tidak dapat menemukan jodohnya karena ibunya memiliki sihir hitam. Hingga membuat ibunya marah dan mengutuk warga desa dengan wabah mematikan.

 

Akhir kisah ini ada sedihnya ada bahagianya, yang jelas racikan novel ini cukup bagus dan membuat kita tak bosan membacanya. Bukunya juga kecil dan tipis, jadi bisa kita selesaikan sekali duduk. Oiya buku ini juga pernah saya review dengan judul Review Buku: Galau Putri Calon Arang

 

3. Antara Jawa dan Eropa

Ada yang suka nonton acara stand up comedy? Nah buku ini merupakan salah satu komik dari komika di ajang SUCI, yaitu Dodit. Tahu sendiri kan, Dodit ini punya mimic muka yang khas, lugu tapi pengen nabok hehe.

 

Buku ini bisa sedikit mengobati kerinduan kita dengan lucu lugunya si Dodit. Yah meskipun lebih enak nonton langsung sih, tapi kan perlu paket. Kalau ini tinggal nyomot aja dan buka-buka isi bukunya. Buku ini juga pernah saya ulas di Baca Dodit Ngelawak di Buku Antara Jawa dan Eropa.

 

4. Mak Irits

Konsep buku ini juga sama dengan buku di atas. Yaitu komik dengan genre komedi. Kalau yang ini tokohnya emak-emak yang iritnya minta ampun. Namun akhir dari keiritannya itu bikin kita tertawa pada akhirnya.

 

Bukunya memang ringan dan menghibur. Jadi sangat cocok dibaca kalau pikiran lagi suntuk. Buku ini juga pernah saya ulas di Suka Diskonan, Gratisan atau Beli Satu Dapat Lima? Baca Mak Irits Dulu Yuk.

 

5. Sang Pangeran

Buku ini mengisahkan tentang Pangeran Diponegara. Tentu saja saya sangat antusias dengan buku yang memiliki nilai sejarah ini. Meski bahasa dalam novel ini lumayan berat, tapi kita akan menikmati setiap adegan-adegan yang disuguhkan. Ketegangan ketika dikejar belanda, ketenangan ketika singgah ke rumah Sang Pangeran dan lainnya.

 

Buku ini memang belum selesai saya baca dan belum saya ulas. Semoga bisa segera menamatkannya dan bisa mereviewnya.

 

 

Itulah lima buku favorit versi saya. Buku adalah hiburan dan juga jendela pengetahuan. Meski disini saya hadirkan buku fiksi namun sebenarnya koleksi buku non fiksi saya juga banyak dan terus saya baca. Lain kali mungkin juga perlu ulas buku non fiksi favorit saya kali ya. Karena kalau beda kegemaran buku non fiksinya pasti sangat jauh berbeda. Itulah sebabnya saya memilih mengulas buku fiksi. Mana tahu ini bisa dijadikan referensi bagi rekan pembaca.

 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar