Selasa, 04 Mei 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

Tentang Puasa Saat Pandemi

 





 

Tahun 2021 merupakan kali kedua Ramadan di tengan pandemi. Meskipun puasanya tetap biasa asaja namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar puasa di masa pandemi ini lebih lancar, karena nyatanya beberapa teman malah positif Covic-19 jelang lebaran.

 

1. Perhatikan Asupan Gizi

Terkadang dalam buka dan sahur kita tidak memperhatikan asupan gizi. Buka minum es hingga kenyang, sahur kadang malas bangun. Duh kalau seperti ini dibiasakan bisa-bisa tubuh protes dan malah bikin sakit. Jadi meski puasa tidak lantas pas buka kita menurutkan keinginan saja tetap penuhi asupan gizi seimbang. Tetap makan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

 

2. Konsumsi Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting dalam masa pandemi ini terutama saat puasa. Makanya jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh agar kondisi badan tetap fit dan bugar. Contohnya konsumsi madu, kurma, vitamin dan lain-lain.

 

3. Olahraga Secara Teratur

Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan, tetap lakukan olahraga meski saat puasa. Tidak usah yang terlalu berat dan menguras energi. Olahraga ringan sekita 10-15 menit sudah cukup agar tubuh tidak kaku. Dan pastinya olahraga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

 

4. Konsumsi Air Putih 8 Gelas Sehari

Ini juga sering diabaikan saat puasa, padahal sangat penting mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari agar tubuh terhidrasi. Sayangnya sebagian orang merasa tak sanggup melakukannya. Padahal delapan gelas ini bisa kita cukupi dengan mudah yaitu:

- satu gelas sebelum buka

- satu gelas setelah buka

- satu gelas sebelum sholat isya

- satu gelas setelah tarawih

- satu gelas sebelum tidur

- satu gelas saat bangun tidur sahur

- satu gelas sebelum sahur

- satu gelas setelah sahur

 

5. Hindari Kerumunan

Saat ini berkerumun sangat tidak disarankan karena dikhawatirkan akan menularkan Covid-19. Jadi baik saat puasa maupun tidak tetaplah menjaga jarak agar tetap aman dan tidak terular virus yang sedang mewabah ini.

 

 

Itulah lima hal tentang puasa saat pandemi. Semoga pandemi segera berlalu dan kita dapat bersilaturahmi seperti dahulu. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar