Selasa, 13 April 2021

# puasa # ramadan

Minum 8 Gelas Sehari Selama Puasa, Bisakah?

 


Tak terasa tinggal selangkah lagi kita sudah memasuki bulan suci Ramadan. Nah, biasanya banyak yang kurang memperhatikan minum. Ada yang minum berlebihan dengan minuman manis saat berbuka atau bahkan saat sahur. Sebaiknya, segera kurangi ya, karena akan membuatmu cepat lemas jika mengkonsumsi makanan manis berlebihan.

 

Lalu, bagaimana agar konsumsi delapan gelas air putih dalam sehari dapat terpenuhi? Caranya sebenarnya cukup mudah, kok, tinggal atur waktunya saja untuk minum. Nah, berikut delapan waktu minum air putih rekomendasi dari Kementerian Kesehatan melalui Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

 

1. Satu Gelas Ketika Bangun Akan Sahur

Jika biasanya kita minum setelah bangun di pagi hari, ketika bangun untuk sahur, jangan lupa melakukan hal yang sama. Biar tidak lupa, sebelum tidur bisa disiapkan dahulu segelas di dekat meja kamar.

 

2.  Satu Gelas Habis Sahur

Sehabis, sahur jangan lupa tutup dengan minum air putih. Sama saja setelah sarapan, kita juga minum segelas. Jadi lakukanlah.

 

3. Satu Gelas Saat Buka

Sunah berbuka memang dengan yang manis seperti kurma, tetapi jangan lupa, setelah itu minum segelas air putih. Ingat, ya, jangan lebih karena biasanya puasa membuat kita kehausan, tetapi kebanyakan minum akan menyebabkan perut jadi tidak nyaman saat beribadah.

 

4. Satu Gelas Setelah Salat Magrib

Setelah membatalkan puasa dengan kurma dan segelas air, sebaiknya salat magrib dulu. Setelah salat, sebelum mulai makan besar, awali dengan minum air putih juga.

 

5. Satu Gelas Setelah Makan Malam

Yang satu ini juga seperti biasa, setelah makan maka biasakan untuk minum segelas air putih ya, ….

 

6. Satu Gelas Setelah Salat Isya

Berhubung di siang hari kita menahan haus dan lapar maka waktu salat di malam hari bisa dijadikan patokan jadwal minum air putih, yaitu setelah salat Isya.

 

7. Satu Gelas Setelah Salat Tarawih

Ingat, ya, ada tiga waktu salat yang kita wajib minum air putih setelahnya, yaitu setelah salat Magrib, salat Isya dan salat Tarawih. 

 

8. Satu Gelas Sebelum Tidur

Jangan lupa minum satu gelas terakhir sebelum tidur. Ya, jangan pas banget  ketika mau merebahkan badan, sih. Bisa setengah jam sebelumnya, ketika alarm mengantuk sudah mulai berbunyi.

 

Itulah delapan waktu  minum air putih delapan gelas sehari. Semoga mudah diingat dan bisa dijalankan dengan baik sehingga tubuh tetap bugar saat berpuasa.

 

Semoga bermanfaat.

 

(Ed. Haeriah Syamsuddin)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar