Kamis, 29 April 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

5 Bahasa Yang Ingin Dikuasai

 




Menguasai berbagai bahasa itu merupakan suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri. Bukan hanya bahasa internasional namun juga bahasa daerah suku-suku di Indonesia yang jumlahnya ribuan.  Berhubung kapasitas otak juga terbatas makanya ada lima bahasa ini yang ingin saya kuasai.

 

1. Bahasa Jepang

Dulu sebenarnya kakak saya yang getol belajar bahasa ini. Saya yang selalu menjadikannya role model jadi ikut-ikutan. Dulu sebelum menikah sih niat banget ya pulang kantor belajar bahasa jepang plus huruf-hurufnya. Sekarang mah boro-boro, ngurus anak aja sudah kelimpungan hehehe.

 

2. Bahasa Korea

Bahasa korea itu lama-lama asyik juga ya, terlebih kalau nonton drakor. Karena enggak ngerti, kadang suka bingung kalau tokoh dalam drama tersebut marah karena tidak menggunakan bahasa formal padanya. Jadi bikin penasaran deh untuk mempelajari bahasa ini.

 

3. Bahasa Mandarin

Selain Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin kini juga telah menjadi bahasa internasional. Untuk itu perlu sekali mempelajari bahasa ini. Namun sepertinya agak sulit mempelajari bahasa ini ya, apalagi kalau mendengar percakapan menggunakan bahasa ini yang jelas hanya huruf s dan x.

 

4. Bahasa Perancis

Entah kenapa ya kayaknya Bahasa Perancis itu memiliki kebanggan tersendiri bagi yang menguasainya. Logatnya juga khas ya, saya sudah beli bukunya namun ternyata isi CD nya bukan native speaker.

 

5. Bahasa Jerman

Awalnya niat banget belajar Bahasa Jerman ini karena ada cita-cita mau belajar kesana. Sayang buku dan kamus saya malah dirampas sama adek hihihi. Katanya kamusnya itu udah yang standard bukan abal-abal, makanya dia pakai. Dan akhirnya saya belum jadi belajar ini. Kalau CD dari bukunya asli memang native speaker jadi logatnya memang kental banget jermannya.

 

Sebenarnya ada bahasa yang ingin saya kuasai selain ini yaitu bahasa spanyol. Tapi masih sebatas lagu-lagi dan artinya saja belum sampai ke buku pelajaran. Semoga dimudahkan dalam mempelajari berbagai bahasa tersebut. Kuncinya ada di waktu dan konsitensi sih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar