Senin, 03 Mei 2021

# blogger perempuan # BPN Ramadan 2021

3 Hal Yang Dirindukan Saat Ramadan




 


 

Bulan Ramadan memang bulan istimewa, terutama bagi umat muslim karena banyak keistimewaan di dalamnya. Keistimewaan tersebut adalah karena di bulan Ramadan, setan dibelenggu, setiap kegiatan baik dinilai ibadah walau hanya tidur dan pahala yang berlipat ganda. Karena itulah Ramadan harus disambut dengan sebaik-baiknya.

 

Disisi lain, ada kebiasaan bulan Ramadan yang selalu dirindukan kehadirannya. Hal ini dikarenakan pada saat bulan biasa kita tidak akan mendapatkannya. Atau kalaupun mendapatkannya suasananya akan berbeda.

 

1. Tarawih

Salat tarawih merupakan sholat yang khusus dilaksanakan pada bulan suci Ramadan. Salat ini biasanya dilakukan berjamaah di masjid-masjid meskipun bisa juga dilakukan sendiri. Namun tentu saja karena pahalanya yang berlipat-lipat di bulan Ramadan maka orang berbondong-bondong melaksanakannya secara berjamaah.

 

Fakta uniknya adalah biasanya jamaah penuh hanya pada 10 malam pertama saja, selanjutnya biasanya jamaah sudah mulai berkurang. Kadang memang di akhir godaannya lebih berat. Salat ini juga bisa menjadi ajang melatih anak salat meski kadang mereka malah asyik bermain karena banyak teman. Namun dengan memberi pengertian insya Allah mereka mau dan rajin menjalankan ibadah salat.

 

2. Sahur

Meskipun ada puasa sunnah yang dilaksanakan di luar bulan Ramadan, sahur di bulan Ramadan selalu istimewa. Karena lebih ramai apalagi kalau kumpul dengan keluarga dan juga biasanya ada yang membangunkan sahur. Meski semenjak pandemi ini tidak ada yang berkeliling membangunkan sahur. Padahal saya menantikan itu lho, sayang tidak ada.

 

Sahur di bulan Ramadan biasanya juga memiliki menu yang istimewa daripada sahur di bulan lain. Entah hanya mitos atau memang sudah menjadi tradisi, sahur di bulan ini pokoknya istimewa.

 

3. Buka Puasa

Hal apa yang paling dinantikan orang yang sedang berpuasa selain buka puasa? Menantikan detik-detik berbuka puasa di bulan Ramadan begitu meriah. Ada banyak menu masakan yang dapat kita pilih. Sayangnya kalau tidak pilih-pilih bisa-bisa hanya memenuhi tuntutan lapar mata saja.

 

Itulah tiga hal yang sangat saya rindukan ketika bulan Ramadan tiba. Saya tidak pernah mengajarkan anak untuk bermain kembang api atau sejenisnya karena memang itu bukan budaya Ramadan. Semoga kita dipertemukan dengan Ramadan berikutnya. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar