Jumat, 30 April 2021

Hobi Baru Yang Bikin Nagih

20.41 0 Comments

 




 


Semenjak Corona melanda banyak orang yang akhirnya memiliki hobi baru. Namun hobi baru yang sedang naik daun saat pandemi tidak lantas membuat saya ikut-ikutan. Karena hobi tersebut sudah pernah menjadi dan bahkan masih menjadi hobi saya saat ini. Jadi bukan barang baru bagi saya.

 

Contohnya menanam tanaman hias. Sejak remaja saya sudah suka bercocoko tanam bersama ibu. Makanya sampai berumahtangga saya pasti bercocok tanam meski hanya menanam cabai di depan rumah. Saya tidak mengikuti trend tanaman kalau memang bukan kesukaan saya. Seperti beberapa waktu lalu aglonema marak tapi tak lantaran membuat saya latah. Punya beberapa di rumah karena memang diberi oleh orang tua.

 

Bersepeda juga menjadi hobi yang menjamur selama pandemi. Yup kegiatan ini ditengarai mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun sekali lagi saya tidak ikutan menggeluti hobi ini meski ini adalah hobi saya sejak kecil. Sewaktu kecil sudah puas berkeliling jauh bahkan sampai masuk sawah karena belum mahir bersepeda. Salah satu alasan saya tidak ikut latah dengan aktivitas ini adalah harga sepeda yang kemudian meroket, sama dengan harga pot bunga yang naiknya sampai tiga kali lipat.

 

Lalu apa hobi baru saya?

 

Awalnya saya mengikuti sebuah kelas optimasi facebook. Namanya LAAF. Kelasnya asyik karena kita akan ditantang membuat postingan dengan clue sebanyak tiga kali sehari. Selain itu ada juga keahlian yang diajarkan seperti memotret, desain canva, public speaking, dan editing video.

 

Editing video inilah yang kemudian melekat dihati hihihi kayak apa aja ya. Dan memang mengasyikkan ternyata membuat video meski tidak mudah. Namun hasil yang didapat sungguh luar biasa puas. Salah satu video hasil editan saya yang masih amatir ada disini. Video Facebook.

 

Doakan ya semoga bisa konsisten buat video.

Kamis, 29 April 2021

5 Bahasa Yang Ingin Dikuasai

19.28 0 Comments

 




Menguasai berbagai bahasa itu merupakan suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri. Bukan hanya bahasa internasional namun juga bahasa daerah suku-suku di Indonesia yang jumlahnya ribuan.  Berhubung kapasitas otak juga terbatas makanya ada lima bahasa ini yang ingin saya kuasai.

 

1. Bahasa Jepang

Dulu sebenarnya kakak saya yang getol belajar bahasa ini. Saya yang selalu menjadikannya role model jadi ikut-ikutan. Dulu sebelum menikah sih niat banget ya pulang kantor belajar bahasa jepang plus huruf-hurufnya. Sekarang mah boro-boro, ngurus anak aja sudah kelimpungan hehehe.

 

2. Bahasa Korea

Bahasa korea itu lama-lama asyik juga ya, terlebih kalau nonton drakor. Karena enggak ngerti, kadang suka bingung kalau tokoh dalam drama tersebut marah karena tidak menggunakan bahasa formal padanya. Jadi bikin penasaran deh untuk mempelajari bahasa ini.

 

3. Bahasa Mandarin

Selain Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin kini juga telah menjadi bahasa internasional. Untuk itu perlu sekali mempelajari bahasa ini. Namun sepertinya agak sulit mempelajari bahasa ini ya, apalagi kalau mendengar percakapan menggunakan bahasa ini yang jelas hanya huruf s dan x.

 

4. Bahasa Perancis

Entah kenapa ya kayaknya Bahasa Perancis itu memiliki kebanggan tersendiri bagi yang menguasainya. Logatnya juga khas ya, saya sudah beli bukunya namun ternyata isi CD nya bukan native speaker.

 

5. Bahasa Jerman

Awalnya niat banget belajar Bahasa Jerman ini karena ada cita-cita mau belajar kesana. Sayang buku dan kamus saya malah dirampas sama adek hihihi. Katanya kamusnya itu udah yang standard bukan abal-abal, makanya dia pakai. Dan akhirnya saya belum jadi belajar ini. Kalau CD dari bukunya asli memang native speaker jadi logatnya memang kental banget jermannya.

 

Sebenarnya ada bahasa yang ingin saya kuasai selain ini yaitu bahasa spanyol. Tapi masih sebatas lagu-lagi dan artinya saja belum sampai ke buku pelajaran. Semoga dimudahkan dalam mempelajari berbagai bahasa tersebut. Kuncinya ada di waktu dan konsitensi sih.

Rabu, 28 April 2021

Rencana 5 Tahun Ke Depan

17.48 0 Comments

 



 

Pemerintah punya Rencana Jangka Pendek, Rencana Jangka Menengah dan Rencana Jangka Panjang. Dalam kehidupan berumahtanggapun semestinya suami dan istri menyusun rencana berjangka ini. Ah ribet banget.

 

Sebenarnya memang ribet di awal, tapi akan memudahkan kita dalam mencapai tujuan-tujuan keluarga di masa depan. Saya memang belum menyusun secara detail bersama suami hanya masih sebatas obrolan ringan, tapi kami sudah menyusun sendiri rencana jangka pendek untuk keluarga. Kalau rencana jangka pendek saya sendiri sudah pernah saya tulis pada Target Yang Ingin Dicapai Tahun 2021.

 

Nah kali ini saya akan menulis tentang Rencana Jangka Menengah untuk keluarga kami. Kira-kira seperti inilah, tidak banyak tapi cukup lumayan memerlukan effort.

 

1. Beli Kebun

Investasi memang sangat diperlukan. Saat ini selain emas kami juga memiliki beberapa reksadana kecil-kecilan. Namun selain investasi kami juga memerlukan yang namanya passive income. Salah satu passive income yang menjadi incaran kami adalah kebun, utamanya kebun sawit.

 

Kenapa kebun sawit?

 

Kebetulan di tempat tinggal saya saat ini memiliki kebun sawit yang cukup luas karena memang pabrik CPO cukup banyak. Sehingga jika memiliki kebun sawit sekita dua hektar saja sudah cukup untuk hidup.

 

Tapi bukankah kebun perlu diolah?

 

Nah di daerah saya ini ada sistem bapak angkat dalam pengelolaan kebun, yaitu kebun akan diolah oleh perusahaan dan pemilik tinggal menerima hasil bersihnya. Cukup menarik bukan?

 

2. Ganti Mobil

Anak-anak semakin tumbuh besar, lima tahun lagi semua sudah masuk sekolah, bahkan si Sulung sudah beranjak remaja. Maka dirasa sangat perlu untuk mengganti mobil kecil saat ini dengan mobil yang lebih besar.

 

Kenapa harus ganti ke mobil yang lebih besar? Karena kami memiliki tujuan panjang tiap tahun menembus ribuan kilometer untuk pulang kampung ke Jawa. Oleh karena itu sangat penting memperhatikan kenyamanan dalam berkendara agar tidak capek di jalan.

 

3. Menambah Keimanan dan Ketakwaan

Umur semakin hari semakin bertambah, namun jatah di dunia semakin berkurang. Jadi apalagi yang harus ditingkatkan selain iman dan takwa. Syukur-syukur bisa mendapatkan undangan khusu ke baitullah.

 

Jika bisa amalah setipa bulan Ramadan bisa diterapkan pada bulan-bulan selainnya. Namun memang akan banyak tantangan dalam melakukan hal ini.

 

Tiga hal inilah yang menjadi rencana jangka menengah kami. Semoga bisa diijabah oleh Allah SWT.

Selasa, 27 April 2021

7 Hal Yang Paling Membuat Bahagia

16.54 0 Comments

 

 

Sebenarnya kunci kebahagiaan itu adalah syukur. Dengan mensyukuri apa yang kita dapatkan insya Allah kebahagiaan itu akan membersamai kita. Namun kadang kala ada hal-hal sederhana yang membuat kita auto tersenyum bahagia. Apakah itu?

 

1. Keluarga Sehat

Sakit itu tidak enak, nah ketika keluarga sehat-sehat maka kita bisa tersenyum setiap saat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, sakit itu seperti sebuah momok, kalau bisa jangan deh takutnya positif. Makanya saat ini banyak keluarga yang sudah melek untuk menjaga kesehatan keluarganya. Keluarga sehat keluarga bahagia.

 

2. Pekerjaan Selesai

Lega, itulah perasaan ketika pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita selesai. Dan inilah yang membuat kita jadi bahagia. Tidak lagi uring-uringan karena dikejar deadline. Tidak perlu lagi begadang demi menyelesaikan pekerjaan, apalagi kalau pekerjaan rumah selesai pasti senangnya luar biasa.

 

3. Dapat Orderan

Namanya pebisnis online pasti bahagia dong kalau dapat orderan, apalagi kalau orderannya mbrudul wah auto mata kinclong deh. Namun berapapun mendapat orderan selalu bahagia kok, bahkan gak dapat orderan sekalipun. Karena orderan itu merupakan sarana membantu para customer untuk mendapatkan ilmu.

 

4. Anak Enggak Tantrum

Anak tenang, tidak rewel dan menurut itu merupakan anugerah yang luar biasa. Hal seperti ini sedang dicoba dikondisikan supaya anak terbiasa disiplin dan tidak manja. Pastinya emak bahagia kalau anaknya berperilaku terppuji kan?

 

5. Menang Challenge

Saya suka banget mengikuti challenge, berusaha menantang diri untuk menaklukkan sesuatu. Nah kalau sudah berusaha maksimal dan bisa memenuhi semua syarat biasanya sudah legaan sih. Tapi kalau pas pengumuman dapat hadiah alias menang itu senyumnya lebar banget dan enggak berhenti tersenyum. Mungkin teman sebelah ngirain saya lagi kumat kali ya.

 

6. Paket Datang

Menunggu itu memang menjemukan, melelahkan dan membosankan. Seperti menunggu paket, duh deg-degannya kayak mau ketemu doi. Beberapa kali mengalami drama paket pas lebaran kemarin itu rasanya sudah hilang kesabaran. Tapi tetap enggak kapok buat belanja online. Nah kali ini paket langsung sampai rumah tanpa ditelepon kurir itu luar biasa banget.

 

7. Nyoba Resep dan Berhasil

Urusan masak memasak memang ahlinya itu kakak saya, tapi saya juga punya sedikit keahlian disitu. Dan kalau mencoba sebuah resep dan berhasil itu senangnya bukan main sampai ingin lonjak-lonjak. Apalagi kalau yang dimasak itu ludes sama bocah lebih bahagia lagi rasanya.



Senin, 26 April 2021

Lagu Yang Sering Didengar Untuk Moodbooster

09.38 0 Comments


 


 

Saya sebenarnya bukan tipe orang yang suka mendengarkan lagu. Namun kalau ditanya lagu yang suka didengarkan tentu saja ada, namanya juga manusia pernah remaja, pernah galau hehehe.

 

Jadi saya mendengarkan lagu ketika:

1. Badmood

Enggak sering sih, tapi badmood itu sangat mengganggu produktivitas. Jadi perlu moodbooster  untuk segera memperbaikinya. Biar pekerjaan enggak keteteran. Nah yang paling instan sih ya dengerin lagu.

 

2. Ngantuk

Lagi di kantor ngantuk itu enggak banget deh. Malu kalau sampai ketahuan pak bos. Jadi biar  enggak ngantuk-ngantuk banget selain ngopi ya mendengarkan lagu.

 

3. Banyak Deadline

Ketika deadline menumpuk saya coba sumpel telingan dengan lagu. Supaya apa? Supaya nggak ngobrol sama teman sebelah. Hehehe jahat ya, habis kalau ngobrol gak ada habisnya. Jadi ketika perlu fokus ya ini salah satu caranya.

 

Lagu yang sering saya dengarkanpun tidak banyak, hanya beberapa yang memang saya suka, atau ingat. Sejauh ini yang paling membuat moodbooster ada dua yaitu lagu-lagunya Ne-Yo yang berjudul Miss Independent dan lagu-lagunya Soulid yang album pertama.

 

Lagunya Ne-Yo yang Miss Independent itu asyik banget musiknya, liriknya juga oke sih menurut saya hehehe. Video klipnya jangan ditanya seksi-seksi semua modelnya, model kulit hitam tapi cakep habis lho.

 

Kalau lagu Soulid ini memang saya suka musiknya, asyik rame gak bikin ngantuk pokoknya. Memang mengikuti dari awal kemumculan grup ini, sayang salah satu personilnya meninggal karena kecelakaan.

 

Meski tak mutlak lagu-lagu ini yang saya dengarkan, kalau sedang ingin lagu religi biasanya saya putar lagu Sabyan. Meski ada kabar kurang sedap yang berhembus tidak mempengaruhi saya, karena yang saya sukai lagunya bukan orangnya.

 

Intinya sih jangan lagu yang mellow banget, soalnya saya orang yang mudah sedih dan terbawa perasaan. Bukan tambah semangat malah jadi nangis ntar hehe.

Minggu, 25 April 2021

5 Sumber Inspirasi Saat Jenuh

06.23 0 Comments

 


 

Tak bisa dipungkiri kejenuhan memang terkadang melanda kita. Dan saat jenuh ini biasanya kita tidak terlalu produktif. Namanya juga jenuh ya. Lalu bagaimana agar jenuh itu cepat pergi? Ini dia beberapa hal yang saya lakukan agar cepat mendapatkan inspirasi saat jenuh melanda.

 

1. Membaca Buku

Buku adalah sumber ilmu, inspirasi dan hiburan buat saya. Maka sangat penting memajang loleksi buku di rumah. Sehingga ketika dibutuhkan saya bisa dengan cepat menemukannya. Misalnya saat sedang lemah iman, selain baca Al Quran saya juga perlu membaca shirah agar iman di hati kembali meningkat.

 

Ketika jenuh sedang melanda membaca buku-buku motivasi juga bisa memberikan energi dan inspirasi baru. Semangat itulah yang harus segera dieksekusi sebelum padam.

 

2. Mengamati Tanaman

Entah kenapa saya sangat suka mengamati tanaman. Ada sesuatu cerita yang bisa saya buat ketika mengamati tumbuh kembang mereka selayaknya mengamati tumbuh kembang anak. Kadang bahkan sama menemukan simbiosis mutualisme di dalamnya. Contohnya semut yang menumpang hidup dan membantu menggemburkan tanah.

 

Saat jenuh saya juga melakukan pengamatan terhadap tanaman. Mereka seperti memberikan energy baru ketika mangamatinya. Apalagi jika menemukan ketidakberesan dalam tumbuhan-tumbuhan itu, solusi harus segera dicari. Nah mencari solusi ini kadang menemukan inspirasi baru yang mengusir rasa jenuh.

 

3. Bermain Bersama Anak

Anak-anak itu seperti tidak pernah punya rasa lelah. Jika kondisi tubuh mereka sehat maka seharian mereka akan terus bersemangat. Dan konon semangat itu menular. Maka dari itu biar tidak jenuh lagi bermain bersama anak merupakan salah satu penyemangat. Selain meningkatkan ikatan ibu dan anak, keseruan mereka kadang membuat gelak tawa tersendiri.

 

Coba amati anak-anak ketika kita bermain bersama mereka, ada ide-ide mereka yang keluar. Nah saat itulah inspirasi kadang menghampiri. Segera tangkap biar tidak lari lagi.

 

4. Googling

Ketika jenuh melanda salah satu obat adalah dengan googling. Kadang googling acak atau ada hal-hal yang ingin diketahui seperti drama korea berlatar sejarah. Jadi coba kepoin latar sejarah aslinya seperti apa.

 

Kadang memang kalau tidak ingat waktu bisa-bisa waktu habis hanya untuk googling. Jadi biar tidak kebablasan sebaiknya pasang alarm deh. Kadang-kadang sih dengan melakukan kegiatan ini inspirasi bisa datang menghampiri, tapi seringnya ya gitu deh keasyikan googling. Yang penting ada pengetahuan yang nambah kan?

 

5. Nonton Video Memasak

Meskipun saya tidak terlalu ahli memasak namun menonton video memasaka itu seperti memberikan suntikan semangat untuk memasak. Apalagi kalau lagi malas gerak alias mager. Menonton video ini bisa bikin mood naik dan jadi semangat lagi untuk melakukan sesuatu khususnya memasak.

 

Kadang nonton drama tentang masak-memasak juga bisa menggugah diri kita untuk segera bergerak ke dapur lho. Jadinya si jenuh langsung kabur deh entah kemana. Sayangnya kalau masakan gagal kecewanya itu lho gak nahan. Tapi tetap berprasangka baik, namanya juga baru sekali mencoba kan wajar saja kalau terjadi kegagalan yang penting pantang menyerah dan coba lain kali. Dan satu hal lagi si jenuh pergi.

 

 

Nah itu dia lima sumber inspirasi saat jenuh. Yang penting sih buang dulu jenuhnya setelah itu inspirasi akan datng menghampiri. Jangan lupa ikat inspirasi tersebut lewat tulisan ya.

Sabtu, 24 April 2021

Top 5 Buku Favorit

04.37 0 Comments

 



Sebagai seseorang yang mengaku mencintai buku, tak afdol rasanya jika tidak memiliki buku favorit untuk dibaca. Kelima buku ini tidak bosan saya membaca meski berulang kali. Bahasa yang mudah dipahami dan pemilihan diksi yang apik membuat saya

 

1. Aroma Karsa

Buku karangan Dewi Lestari memang selalu memukau. Apalagi yang satu ini. Pengen deh bisa difilmkan dengan animasi layaknya film Hollywood. Novel ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang ambisius ingin memiliki Puspa Karsa. Sebuah tanaman legenda yang bisa mengendalikan kehendak sang pemilik.

 

Dengan bantuan Jati Wesi seorang anak yang dibesarkan di daerah kumuh wilayah Bantar Gebang, dan Tanaya Suma anak semata wayangnya yang keduanya memiliki indra penciuman melebihi manusia normal lainnya. Dari perburuan inilah jati diri Jati Wesi terungkap.

 

2. Galau Putri Calon Arang

Buku yang satu ini berlatar masa pemerintahan Airlangga, Raja Kahuripan. Mengisahkan seorang gadis bernama Ratna Manggali yang tidak dapat menemukan jodohnya karena ibunya memiliki sihir hitam. Hingga membuat ibunya marah dan mengutuk warga desa dengan wabah mematikan.

 

Akhir kisah ini ada sedihnya ada bahagianya, yang jelas racikan novel ini cukup bagus dan membuat kita tak bosan membacanya. Bukunya juga kecil dan tipis, jadi bisa kita selesaikan sekali duduk. Oiya buku ini juga pernah saya review dengan judul Review Buku: Galau Putri Calon Arang

 

3. Antara Jawa dan Eropa

Ada yang suka nonton acara stand up comedy? Nah buku ini merupakan salah satu komik dari komika di ajang SUCI, yaitu Dodit. Tahu sendiri kan, Dodit ini punya mimic muka yang khas, lugu tapi pengen nabok hehe.

 

Buku ini bisa sedikit mengobati kerinduan kita dengan lucu lugunya si Dodit. Yah meskipun lebih enak nonton langsung sih, tapi kan perlu paket. Kalau ini tinggal nyomot aja dan buka-buka isi bukunya. Buku ini juga pernah saya ulas di Baca Dodit Ngelawak di Buku Antara Jawa dan Eropa.

 

4. Mak Irits

Konsep buku ini juga sama dengan buku di atas. Yaitu komik dengan genre komedi. Kalau yang ini tokohnya emak-emak yang iritnya minta ampun. Namun akhir dari keiritannya itu bikin kita tertawa pada akhirnya.

 

Bukunya memang ringan dan menghibur. Jadi sangat cocok dibaca kalau pikiran lagi suntuk. Buku ini juga pernah saya ulas di Suka Diskonan, Gratisan atau Beli Satu Dapat Lima? Baca Mak Irits Dulu Yuk.

 

5. Sang Pangeran

Buku ini mengisahkan tentang Pangeran Diponegara. Tentu saja saya sangat antusias dengan buku yang memiliki nilai sejarah ini. Meski bahasa dalam novel ini lumayan berat, tapi kita akan menikmati setiap adegan-adegan yang disuguhkan. Ketegangan ketika dikejar belanda, ketenangan ketika singgah ke rumah Sang Pangeran dan lainnya.

 

Buku ini memang belum selesai saya baca dan belum saya ulas. Semoga bisa segera menamatkannya dan bisa mereviewnya.

 

 

Itulah lima buku favorit versi saya. Buku adalah hiburan dan juga jendela pengetahuan. Meski disini saya hadirkan buku fiksi namun sebenarnya koleksi buku non fiksi saya juga banyak dan terus saya baca. Lain kali mungkin juga perlu ulas buku non fiksi favorit saya kali ya. Karena kalau beda kegemaran buku non fiksinya pasti sangat jauh berbeda. Itulah sebabnya saya memilih mengulas buku fiksi. Mana tahu ini bisa dijadikan referensi bagi rekan pembaca.

 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Jumat, 23 April 2021

5 Barang Wajib Di Tas Saat Bepergian

18.43 0 Comments

 



 

Saat bepergian kita memang tidak bisa membawa semua barang. Hanya barang-barang penting yang bisa dibawa dan pastinya bisa membantu kita saat terjadi sesuatu di jalan. Ini dia lima barang wajib di tas saat bepergian.

 

1. Dompet

Barang satu ini memang wajib dibawa, tentu saja lengkap dengan isinya yaitu uang, kartu ATM dan kartu identitas diri. Uang untuk belanja selama di jalan baik itu BBM, cemilan, makan besar dan lain-lain. Sementara ATM digunakan jika dalam keadaan mendesak, seperti mobil yang tiba-tiba minta diservis. Sedangkan kartu identitas diri perlu disiapkan jika ada pemeriksaan di jalan atau untuk rapid test jika diperlukan.

 

Tidak perlu dompet besar yang tebal sih, cukup dompet kecil yang banyak sekat. Jadi bisa muat banyak dan bisa dimasukkan ke dalam tas tanpa gangguan.

 

2. Gawai

Hayo ngaku yang gabut kalau tidak ada gawai? Yup barang yang satu ini sebenarnya cukup multifungsi. Bisa untuk komunikasi, bisa untuk dokumentasi dan bisa untuk navigasi. Lengkap dalam satu paket. Kalau zaman dulu harus bawa satu-satu ya.

 

Jadi ingat Bapak saya kalau bepergian jauh selalu bawa peta. Untuk mengecek masih berapa lama kami akan sampai tujuan. Kalau sekarang lebih praktis dengan keberadaan gawai, jadi lebih mudah untuk melakukan navigasi.

 

Kamera juga zaman dulu harus ditenteng kemana-mana untuk mengabadikan momen berharga, kini tak perlu repot lagi, gawai sudah jadi jawaban. Jadi alat satu ini sudah cukup banyak membantu menghemat bawaan.

 

3. Pembalut

Saya sebenarnya tidak ada masalah dengan tamu bulanan, alhamdulillah siklusnya sangat teratur. Namun karena kadang saya tidak hitung kalender bisa juga kecolongan. Makanya saya selalu bawa pembalut walau hanya satu buah.

 

Terkadang pembalut ini tidak hanya membantu saya saat terdesak tapi juga orang lain. Saat tidak ada pertolongan pertama alias orang jualan pembalut ini akan membantu teman yang sedang terdesak tersebut. Sudah beberapa kali saya mengalami hal ini, makanya saya selalu sedia karena bisa jadi orang lain akan membutuhkannya.

 

4. Pena

Saya memang hobi menulis, dulu saya menulis dengan pena dan kertas seadanya dimanapun berada. Namun akhir-akhir ini menulis di media onlinepun lebih mudah daripada membawa pena dan kertas kemana-mana.

 

Meski demikian saya masih suka membawa pena kemana-mana karena banyak manfaatnya. Misalnya ketika ada kondangan dan belum menyiapkan amplop, maka tinggal isi amplop dan kasih nama. Misalkan lagi kalau lagi makan rame-rame, suka susah menghitungnya kan. Cukup ambil tisu dan tinggal di rekap disana. Daripada harus manggil-manggil pelayan lagi.

 

Pena kan murah bisa belu dijalan jika perlu. Iya sih namun malas kalau berhenti hanya untuk beli pena. Apalagi kalau kena parkir, pena sama parkirnya harganya sama. Duh males banget kan.

 

5. Parfum

Yang satu ini juga wajib bawa, biar apa? Yup biar harum dan meningkatkan kepercayaan diri kita. Saya biasanya membawa yang ukuran kecil, kalau ukuran besar ditaruh di rumah saja karena akan memenuhi tas kalau dibawa.

 

Biar tidak cepat pudar, bisa disemprotkan sesaat sebelum sampai tujuan. Semprotkan di bagian leher dan nadi agar aromanya lebih memancar. Dengan demikian kita tidak takut lagi bau asem karena dari perjalanan jauh. Tentu saja kepercayaan diri semakin meningkat kan.

 

Itu dia lima barang wajib di tas saat bepergian, ada yang samaan nggak?

Kamis, 22 April 2021

Top 5 Tempat Liburan Favorit

18.01 0 Comments


 


 

Liburan ke tempat wisata merupakan hal mewah saat ini. Selain ada pelarangan kita juga harus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. Bahkan beberapa tempat wisata menaikkan tiket masuknya karena adanya anjuran untuk melakukan physical distancing. Namun lima tempat liburan favorit ini tetap menjadi dambaan kami seandainya pandemi  telah berlalu.

 

1. Water Park / Water Boom

Bermain air merupakan hal yang menyenangkan, tak hanya bagi anak-anak tapi juga orang tua. Bermain ke Water Park merupakan suatu hal yang cukup membuat fisik banyak bergerak. Bahkan hal ini manjur untuk menyembuhkan flu anak-anak. Namun sekarang tidak mungkin membawa anak-anak dalam kondisi flu untuk bermain ke tempat ini.

 

Beberapa daerah bahkan melarang beroperasinya taman wisata air selama pandemi. Padahal kami sudah merindukan bermain air. Meski ada kolam pompa di rumah tapi rasanya tidak puas seperti ke water park apalagi untuk mengisi angina, air bahkan mengempeskannya cukup merepotkan.

 

2. Kebun Binatang

Kebun binatang merupakan tempat favorit saya waktu kecil untuk berlibur. Bahkan ibu selalu menyediakan anggaran setahun sekali untuk piknik keluarga besar ke sana. Kebun binatang merupakan sarana edukasi langsung bagi anak untuk mengenalkan berbagai macam hewan.

 

Alhamdulillah waktu ke Jogja bisa menyempatkan diri ke Gembira Loka. Meski pengunjung sangat dibatasi dan tiket masuk menjadi lebih mahal daripada biasanya namun bisa naik kereta Taring sepuasnya. Kami bahkan sampai lima kali naik kereta ini.

 

Di kebun binatang anak-anak juga bisa melepaskan diri mereka di alam bebas. Karena tempat yang luas dan taman-taman yang indah meraka bisa bebas berlarian kesana kesini. Tapi di beberapa tempat perlu pengawasan ekstra untuk anak-anak agar tetap aman dan tidak tersesat.

 

3. Pantai

Deburan ombak membuat suasana sungguh berbeda. Bahkan anak-anak sangat suka dikejar ombak, bermain pasir, naik banana boat dan wahana lainnya. Memang mengasyikkan bermain di pantai yang sudah ada wahananya.

 

Di pantai yang minim fasilitaspun sebenarnya cukup asyik. Asyik buat merenung dan mencari inspirasi. Meski anak-anak akan bosan dibawa ke tempat seperti ini.

 

4. Hotel

Yang satu ini memang bukan tempat wisata. Tapi rasanya menginap semalam saja di hotel itu sudah bikin keluarga fresh. Mungkin karena kenyamanan yang ditawarkan dari hotel sehingga ada suasana yang dirindukan ketika liburan.

Jika pas ada acara kantor dan besoknya libur untuk waktu check out, saya menggunakan kesempatan ini untuk mengajak anak-anak menginap di hotel. Begitu saja mereka sudah senang luar biasa. Namun karena pandemi sudah lama kami tidak menginap di hotel. Agak mengkhawatirkan sepertinya, jadi buat rumah senyaman mungkin seperti hotel saja.

 

5. Situs Bersejarah

Saya orang yang sangat cinta dengan sejarah. Film, drama dan novel sejarah saya suka, terlebih bisa mengunjungi langsung lokasi bersejarahnya. Sebut saja Candi Prambanan. Candi yang terkenal satu ini sudah saya kunjungi puluhan kali mungkin, dan tetap saja ceritanya sangat menarik.

 

Candi Muara Takus juga merupakan tempat bersejarah di tempat tinggal saya saat ini. Jadi kesempatan ini juga tidak akan saya lewatkan untuk mengunjunginya. Sayang tempat ini belum begitu banyak fasilitas selain bis yang mengajak kita kesini.

 

 

Lima tempat wisata favorit ini memang tak akan pernah berubah, tinggal menunggu pandemi berakhir dan bisa berwisata seperti dulu lagi. Meski entah kapan pandemi akan berakhir.

Rabu, 21 April 2021

Target Yang Ingin Dicapai Tahun 2021

16.27 0 Comments

 



Berbicara soal target, saya memang suka membuat target meski terkadang meleset dari yang diharapkan. Namun bukan berarti saya terus alergi, tidak malahan saya makin sering membuat target-target baru manakala target awal tidak tercapai, karena kehidupan ini dinamis bukan? Dan sebelum menulis ini saya coba flashback dulu ke tulisan saya yang ini 5 Hal Yang Ingin Dilakukan Tahun 2019.

 

Dalam tulisan tersebut saya ingin nulis buku solo yang sampai saat ini masih ngedraft belum berujung, selain itu saya juga ingin konsisten menulis di wattpad, tapi nyatanya saya mulai berhenti di tahun 2020, dan mungkin akan start lagi tahun ini. Yang ketiga saya ingin mengelola satu lagi blog TLD, namun pada kenyataannya blog ini saja belum bisa terurus seratus persen hehehe.

 

Sementara yang keempat adalah mengelola bisnis dengan baik, alhamdulillah yang satu ini sepertinya yang bisa terpenuhi hingga saat ini. Dan yang kelima adalah sekolah, saya masih berjuang mendaftar sekolah saat ini. Jujur ada penyesalan ketika saya menunda-nunda mendaftar sekolah, di usia yang tak muda lagi ini sekolah merupakan tantangan tersendiri yang mungkin tidak terlalu mudah.

 

Dan kini setelah dua tahun berlalu beberapa target yang ingin saya capai antara lain:

 

1. Kuliah Lagi

 

Yess kuliah lagi merupakan hal wajib tahun ini. Bismillah semoga dimudahkan, karena baru pendaftaran saja sudah terdapat banyak kendala. Meski demikian apa yang ditargetkan harus diperjuangkan dong, semoga dimudahkan jalan masuk dan jalan keluarnya. Amiin.

 

2. Mengelola Bisnis Lebih Baik Lagi

 

Mengelola bisnis yang ada saat ini memang belum memuaskan. Masih memerlukan banyak program dan orang untuk mengelolanya agar lebih baik lagi. Semoga bisa bertemu dengan orang yang sama-sama mau sukses.

 

3. Nulis Buku Solo

 

Yang ini juga tetap masuk daftar target. Apapun yang terjadi buku solo harus jadi. Sudah banyak ode bermunculan, namun mentok dengan draft yang tak kunjung selesai. Betul ungkapan mengalahkan diri sendiri lebih sulit daripada mengalahkan orang lain.

 

Mungkin untuk tahun 2021 tiga itu saja targetnya terbesarnya. Karena selain target tersebut masih banyak tugas Negara yang diemban dan harus selesai tepat waktu. Semoga dapat tercapai, dan juga target teman-teman pembaca juga dapat tercapai. Aamiin.

Selasa, 20 April 2021

5 Serial Televisi Terfavorit

09.19 0 Comments


Sebenarnya nonton televise sudah jarang saya lakukan. Terkadang rebutan sama bocah, seringnya acaranya kurang menarik. Jadi kalau ditanya lima serial televisi jadi mikir dulu, mungkin di masa lalu saya punya serial favorit, atau serial televisi zaman sekarang tapi saya nontonnya streaming hihihi. Dan ini dia lima serial televisi favorit saya.

 

1. Tokyo Love Story

Jadul banget ya hahahaha. Saya menyukai serial ini saat masih kecil, meskipun tidak tahu alur sebenarnya dari ceritanya. Hanya senang lihat Rika Akana yang selalu ceria dan pacarnya yang ganteng. Pas itu ibu selalu melarang saya menonton ini, saya gak tahu apa sebabnya. Saya tahu sebabnya setelah saya dewasa dan menonton ulang serial ini hahaha.

 

2. Kestria Baja Hitam

Serial ini cukup popular di era saya kanak-kanak, kelas satu SD saat itu. Setiap hari menantikan jam lima untuk bisa menonton serial ini. Tendangan Mau adalah jurus pamungkasnya dan belalang tempur adalah tunggangannya. Siapa sangka baru-baru ini serial televisi ini juga mulai ditayangkan di televisi kembali. Daaannn Si Bungsu senang banget dong. Saya yang enggak terima kok anak zaman now idolanya jadul sih hihihi.

 

3. Doraemon

Ini serial terfavorit sepanjang masa. Bayangkan dari saya duduk di bangku kelas 1 SD hingga punya anak tiga seperti sekarang, serial ini tetap eksis. Keren memang. Cuma saya sering ngedumel, “Nobita kapan dewasanya ya?” Dan itu tidak terjawab sampai sekarang.

 

4. What’s Wrong With Secertary Kim

Ini drama korea yang pertama kali saya tonton setelah lama tidak menonton serial drama. Ceritanya asyik, drama percintaannya tidak putus nyambung hihihi, suka deh sama hubungan yang komit seperti ini. Pernah saya bandingkan dengan serial yang dibintangi juga oleh Park Min Young, baca disini ya 5 Persamaan Drama Korea What's Wrong With Secretary Kim dan Her Private Life.

 

5. Cinta Anak Muda

Ya ini memang sinetron punyanya Indonesia yang diangkat dari sebuah novel Bunga Putih Abu-Abu karya Eddy D Iskandar. Suka sama alur ceritanya, enggak alay dan konfliknya runut, pun dengan karakter yang kuat. Sinetron ini juga tidak dipanjang-panjangkan ala sinetron zaman sekarang. Jadi pas tamat tuh memang sedih banget, kalau sinetron kebanyakan udah bosen nonton karena konfliknya makin aneh eh malah gak tamat-tamat hehe.

 

Kalau teman pembaca apa saja nih serial televisi favoritnya? Tulis di kolom komentar yuk.

Senin, 19 April 2021

7 Fakta Tentang PW Widayati, Nomer 3 Bikin Tercengang

15.56 0 Comments

 


Mengenali diri sendiri itu penting, agar tahu kelemahan dan kelebihan kita. Kelebihan perlu dikembangkan dan ditonjolkan untu manyamarkan kelemahan atau kekurangan kita. Sedangkan kelemahan atau kekurangan selama bisa diperbaiki cobalah perbaiki. Kalaupun tidak bisa mungkin kelemahan itu sebenarnya adalah kelebihan kita. Duh jadi bingung ya hehehe.

 

Ya sudah tidak usah dipikirkan, karena kali ini saya akan mengungkap tujuh fakta tentang diri saya sendiri. Pliss jangan disimak ya ….

 

1 Ingatan Waktu Kuat

Ngomongin soal waktu, saya memang mudah mengingat dengan dimensi waktu. Misalnya seperti waktu pelatihan, waktu hari raya atau momen yang memang saya tandai sendiri misalnya pas lagi goreng udang, tamu penting datang. Makanya teman-teman yang berada satu frame dengan saya suka nanya beberapa hal kepada saya seperti siapa saja yang hadir dan lain-lain.

 

2. Mudah Menghafal

Saya sering menghafal waktu sekolah, bahkab jawaban yang saya tulis sama persis dengan buku. Kadang saya malu karena faktanya saya tak terlalu paham. Saat ini saya mulai merubah kebiasaan tersebut dan mencoba memahami intinya saja, kecuali Al Quran yang memang harus dihafal persis kan?

 

3. Pernah Tricky Dalam Ulangan

Ini sebenarnya rahasia tapi baiklah fakta ini saya ungkap disini. Saya pernah mengerjakan soal ulangan dimana ada soal yang saya hanya ingat beberapa. Dalam soal itu disuruh menyebutkan sepuluh dan saya hanya ingat entah lima atau enam. Nah karena guru saya waktu itu suka dengan jawaban yang panjang dan lebar maka saya penuhi kesepuluhnya dengan mengulangi beberapa poinnya. Dan hasilnya saya dapat seratus dong.

 

4. Selalu Sakit Menjelang Tamu Bulanan Datang

Saat tamu bulanan akan datang, saya selalu sedia tolak angin. Hal ini karena bisa dipastikan saya akan masuk angin. Seperti pusing, batuk, pilek, meriang dan lain-lain. Namun gejala ini akan hilang di hari kedua atau ketiga ketika tamu bulanan tersebut datang, ada yang samaan?

 

5. Pernah Tidak Suka Sayuran

Saya pernah tidak suka sayuran, sukanya makan nasi tanpa kuah maupun sayur. Bahkan lebih suka makan nasi dengan tempe goring daripada nasi dengan gulai telur. Makan pakai kuah sukanya ya makan nasi soto. Sayuran yang saya suka itu bisa dengan hitungan jari kayak wortel, kol,  jipan, papaya muda, dan terong. Namun sekarang saya sudah suka semua sayuran karena memang mengubah pola makan agar badan lebih ideal.

 

6. Dapat Banyak Hadiah Dari Radio

Waktu kuliah dulu saya sangat aktif mendengarkan radio, hamper tiap pagi saya terpilih untuk memberikan komentar seputar topik yang dpilih. Bahkan pernah dihubungi produsernya agar saya ikutan kuis yang berhadiah CDnya Backstreet Boys, selain itu pernah terpilih karena saya bisa nge-rap dapat tiket dan marchendise macam-macam. Pernah juga dapat hadiah uang, tapi langsung habis karena ditodong ke pizza hut sama teman-teman padahal Cuma dapat seratys lima puluh ribu aja hihihi.

 

7. Bisa Naik Motor Saat SMA

Ketika teman-teman saya sudah pada bawa motor masing-masing, saya tidak diizinkan oleh keluarga. Hal ini karena waktu TK saya pernah tertabrak motor. Saya agak takut dengan motor. Namun ketika kelas 3 SMA akhirnya saya dibolehkan membawa motor dengan jarak yang lebih jauh. Alhamdulillah aman.

 

Itulah tujuh fakta yang nggak penting-penting banget dan pastinya nyesel ya sudah baca sampai habis hehe. Terima kasih buat yang sudah baca postingan ini.

 

Minggu, 18 April 2021

Pencapaian Tertinggi Dalam Hidupku

07.26 0 Comments


Tak terasa waktu terus berjalan, hingga saat di usiaku yang sudah kepala tiga. Tentu saja jika berbicara tentang pencapaian kadang membuatku bingung untuk menjawabnya. Namun akan coba kujabarkan satu persatu.

 

Masa Sekolah

Dulu waktu sekolah pencapaian tertinggi adalah bisa mendapatkan rangking paling tidak lima atau sepuluh besar di kelas. Tentu saja itu adalah kebanggaan tersendiri bagiku dan orangtuaku. Namun saat masih duduk di bangku sekolah saya selalu takut sesumbar, takut kalau hari ini sesumbar besok mendapatkan kejatuhan. Dan prinsip itu selalu saya pegang hingga sekarang.

 

Ketika lulus SMA, pencapaian tertinggi adalah bisa masuk perguruan tinggi favorit. Saat itu aku hamper putus asa karena tidak diterima di perguraun tinggi impianku. Namun kekecewaan itu terbayar manakala aku diterima di salah satu perguruan tinggi kedinasan. Masa depan indah sudah tergambar jelas. Dan lagi-lagi orangtuaku pasti bangga dan bahagia.

 

Ketika lulus kuliah pencapaian tertinggi adalah ketika mendapatkan nilai IPK yang juga memuaskan. Bahkan masuk dalam 20 besar kala itu. Suatu hal yang tidak disangka karena saat kuliah aku merasa pelajarannya cukup sulit.

 

Masa Bekerja

Awal-awal penempatan pencapaian tertinggi adalah bisa ditempatkan di kantor pusat, namun itu berlaku hanya pada sebagian anak lulusan baru. Tidak termasuk saya, akan tetapi waktu itu ditempatkan di kantor provinsi merupakan pencapaian tertinggi menurut saya waktu itu.

 

Seiring berjalannya waktu tentu saja penempatan dimana bukan lagi menjadi tolok ukur. Nyatanya mereka yang di kantor pusat maupun peovinsi masih begitu-begitu saja dalam waktu 4 tahun. Di tahun ke empat saya sangat bersyukur mendapat promosi meskipun ada kesedihan disana.

 

Pada akhir tahun 2019 saya merasa bangga bisa naik podium karena menjadi tim dengan presentasi terbaik dimana saya yang menjadi narasumbernya. Alhamdulillah wa syukurillah. Saat ini terus bekerja dengan baik agar bisa memajukan instasi dan mengembangkan diri.

 

Masa Berbisnis

Orang tua saya dulunya juga abdi negara dan pebisnis, dan jejak itupun saya ikuti. Bahkan bisnis orang tua berjalan dengan baik hingga sekarang dan omzetnya bisa puluhan juta sehari.

 

Dalam berbisnis memang banyak kendala yang dihadapi. Yang paling berat adalah melawan diri sendiri yang kadang timbul malasnya. Padahal semangat membara itu diperlukan. Menjadi 25 besar dalam tim marketer saat ini merupakan pencapain yang cukup membanggakan meski saya belum puas. Hal itu menunjukkan bahwa ternyata saya juga bisa berbisnis kan.

 

Sebagai manusia biasa kita memang selalu merasa tidak puas. Namun halau rasa ketidakpuasan itu dengan rasa syukur, karena apa yang diberikan oleh-Nya adalah yang terbaik untuk kita. Yang penting ikhtiar sudah maksimal, soal hasil sudah ada penentunya sendiri.


 

Sabtu, 17 April 2021

5 Harapan Untuk Blog Ini, Harapan Terbesar di Nomer 3

18.09 0 Comments


Panjang kisah yang sudah tertuang di blog ini. Menunjukkan naik turunnya saya di dunia penulisan. Namun meski apapun yang terjadi ada banyak harapan 
yang terselip dengan adanya blog ini.

 

1. Blog Yang Bisa Terus Update

Harapan saya blog ini bisa terus update, meski terkadang semangat menulis bisa naik dan turun. Waktu juga terkadang lapang dan sempit, namun menyempatkan diri untuk mengupate blog ini merupakan sebuah kewajiban.

 

2. Memiliki DA dan PA Tinggi

Tolok ukur kesuksesan suatu blog salah satunya dengan DA dan PA. DA merupakan singkatan dari Domain Authority merupakan skor untuk memprediksi peluang rangking website di mesin pencari. Skala ini terhitung dari angka 1 hingga 100. Dan saat ini blog ini baru memili DA sebesar 8.

 

Sedangkan PA adalah singkatan dari Page Authority adalah gambaran rangking pada website yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian. Skor untuk PA ini terhintung dari angka 1-100, semakin tinggi nilai PA, maka kemungkinan muncul di mesin pencari juga tinggi. Saat ini blog ini baru memiliki nilai PA 27.

 

3. Bermanfaat Bagi Pembaca

Harapan terbesar saya untuk blog ini adalah bisa bermanfaat bagi pembacanya. Meskipun terkadang postingan saya bisa tergolong postingan receh. Namun besar harapan saya para pembaca dapat mengambil manfaat apa yang saya tuliskan disini. Paling tidak tulisan saya bisa menghibut pembaca.

 

4. Dapat Menghasilkan Income Tambahan

Tidak disangkal lagi, bahwa ngeblog juga bisa menjadi sumber pendapatan jika ditekuni dengan serius. Begitupun dengan blog ini. Pekerjaan ngeblog ini sebenarnya cukup mudah yang sulit adalah membangun blog itu sendiri agar bisa dilirik klien yang akan memberikan job. Alhamdulillah selama ini perpanjangan domain blog ini merupakan hasil dari job blogger.

 

5. Bisa Menjadi Terkenal

Banyak blogger ternama di luaran sana. Sayapun memiliki harapan serupa, blog ini bisa membawa nama saya kemana-mana dan dikenal banyak orang. Yah meskipun sekarang masih merintis semoga suatu saat bisa tercapai.

 

 

Itu dia lima harapan untuk blog ini, dan harapan terbesar adalah bisa menjadi bermanfaat bagi pembaca. Dan semoga bisa menjadi amal ibadah bahkan amal jariyah untuk saya kelak. Amiin


Kamis, 15 April 2021

5 Alasan Mulai Ngeblog

07.04 0 Comments

 


Saya mulai mengenal dunia perbloggingan pada tahun 2009. Saat itu salah seorang teman mengajari saya tentang blog. Saya yang memang suka menulis jadi antusias untuk membuat blog agar tulisan yang dibuat lebih banyak dibaca orang.

Dan akhir-akhir ini saya jadi menemukan kenapa saya masih ngeblog sampai sekarang.

1.  Menyalurkan Hobi Menulis

Ini adalah alasan pertama kali saya ngeblog. Hobi menulis jadi lebih tersalurkan. Karena kalau tidak ada blog harus menunggu momen tertentu sebelum menulis. Misalnya lomba essay atau lomba cerpen yang mesti kirim-kirim hardcopy atau softcopy.

2. Agar Lebih Banyak Orang Membaca Tulisanku

Yap apalagi yang diharapkan setelah menulis di blog? Tentu saja banyak orang yang baca hihihi. Biasanya yang baca cuma juri atau editor, kini bisa lebih banyak orang yang bisa membaca tulisan saya. Meski kadang merasa tulisan saya ini masih sekedar tulisan receh tapi memberikan hiburan kepada pembaca juga sangat menyenangkan kan?

3. Sebagai Mood Booster

Ada suatu kelegaan dan kebahagian ketika tulisan selesai, kemudian diposting dan share ke social media. Kebahagiaan bertambah ketika ada yang memberikan komentar positif di blog kita. Rasanya tuh kayak terbang diantara awan-awan. Makanya itu bahagia banget jadi blogger.

4. Sebagai Ajang Mendisplinkan Diri.

Sama dengan social media yang sedang trend saat ini, blogpun perlu dirawat. Butuh kedisplinan untuk merawatnya. Psotingan rutin, blogwalking dan lain-lain. Sehingga dibutuhkan kedisplinan untuk itu, mau tak mau kita juga terpacu untuk mendisplinkan diri di segala aspek agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

5. Mendapatkan Bonus

Padahal kerjanya nulis – posting – share. Tapi bonus dari kekonsistenan ada banyak lho. Mulai dari pengalaman, hadiah hingga uang. Begitupun dengan keberadaan blog ini. Saya mendapatkan banyak bonus. Mulai dari hadiah-hadiah ketika menang lomba baik berupa barang maupun uang. Dan ketika saya memutuskan untuk menjadikan blog ini top level domain alhamdulillah ada juga job yang masuk. Betapa bahagianya.

Itu dia lima alas an saya ngeblog hingga sekarang. Alasan-alasan ini mungkin akan bertambah dan berganti seiring berjalannya waktu. Tapi menulis adalah bagian dari passion ya yang tidak akan pernah berhenti.


Selasa, 13 April 2021

Kenapa Harus PW Widayati?

21.29 0 Comments

 


Memutuskan untuk membuat nama itu tidak mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan, antara lain makna dari nama itu sendiri, dua apakah nama tersebut berarti baik, ketiga apakah nama tersebut mudah diingat.

Dan ketika memutuskan membuat nama blog ini adalah yang mencerminkan diri saya sendiri. Wida adalah nama belakang yang juga nama panggilan saya. Widayati lebih lengkapnya. Tapi entah kenapa Widayati rasanya terlalu biasa didengar sehingg saya memutuskan menjadikannya dua kata yaitu Wida dan Aya. Bahkan akun facebookpun awalnya menggunakan nama ini.

Namun setelah banyak belajar sana sini saya jadi sedikit paham mengenai branding.  Kemudian saya ingin membranding diri saya bukan lagi sebagai Wida Aya namun nama yang lebih keren lagi. SAya teringat salah satu penulis favorit saya yang bukunya laris bahkan ketika difilmkan juga luar biasa. Dialah penulis novel Harry Potter , JK Rowling. Ah Kenapa tidak saya ATM saja sehingga nama pena saya menjadi PW Widayati.

Nama terssbut kelihatan lebih dewasa dibandingkan dengan nama Wida Aya yang kelihatan alay. Iya nggak sih? Atau ini hanya perasaan saya saja? Hehehe.

Tapi saya kemudian nyaman dengan nama ini. Ini adalah nama lengkap saya yang disingkat depannya saja. Nama PW Widayati juga sudah menjadi nama pena pada beberapa buku antologi yang sudah terbit. Jadi saya yakin, kerabat, teman dan handai taulan pasti akan segera mengenali saya dengan nama ini.

Nama ini juga menyiratkan bahwa blog ini memiliki niche lifestyle. Genre yang sangat mudah bagi saya untuk menuangkan ide karena berasal dari pengalaman sehari-hari. Sudah beragam tulisan yang saya buat di blog ini. Meski sempat mandeg namun tahun ini saya bertekad untuk kembali aktif menulis.

Nama PW Widayati untuk blog ini juga diharapkan menjadi perwakilan dari apa yang saya rasakan yang kemudian dituangkan dalam blog ini. Semoga kegiatan menulis bisa berjalan lancar begitupun dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Dan semoga nama PW Widayati bisa dikenal banyak orang.


Minum 8 Gelas Sehari Selama Puasa, Bisakah?

09.00 0 Comments

 


Tak terasa tinggal selangkah lagi kita sudah memasuki bulan suci Ramadan. Nah, biasanya banyak yang kurang memperhatikan minum. Ada yang minum berlebihan dengan minuman manis saat berbuka atau bahkan saat sahur. Sebaiknya, segera kurangi ya, karena akan membuatmu cepat lemas jika mengkonsumsi makanan manis berlebihan.

 

Lalu, bagaimana agar konsumsi delapan gelas air putih dalam sehari dapat terpenuhi? Caranya sebenarnya cukup mudah, kok, tinggal atur waktunya saja untuk minum. Nah, berikut delapan waktu minum air putih rekomendasi dari Kementerian Kesehatan melalui Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

 

1. Satu Gelas Ketika Bangun Akan Sahur

Jika biasanya kita minum setelah bangun di pagi hari, ketika bangun untuk sahur, jangan lupa melakukan hal yang sama. Biar tidak lupa, sebelum tidur bisa disiapkan dahulu segelas di dekat meja kamar.

 

2.  Satu Gelas Habis Sahur

Sehabis, sahur jangan lupa tutup dengan minum air putih. Sama saja setelah sarapan, kita juga minum segelas. Jadi lakukanlah.

 

3. Satu Gelas Saat Buka

Sunah berbuka memang dengan yang manis seperti kurma, tetapi jangan lupa, setelah itu minum segelas air putih. Ingat, ya, jangan lebih karena biasanya puasa membuat kita kehausan, tetapi kebanyakan minum akan menyebabkan perut jadi tidak nyaman saat beribadah.

 

4. Satu Gelas Setelah Salat Magrib

Setelah membatalkan puasa dengan kurma dan segelas air, sebaiknya salat magrib dulu. Setelah salat, sebelum mulai makan besar, awali dengan minum air putih juga.

 

5. Satu Gelas Setelah Makan Malam

Yang satu ini juga seperti biasa, setelah makan maka biasakan untuk minum segelas air putih ya, ….

 

6. Satu Gelas Setelah Salat Isya

Berhubung di siang hari kita menahan haus dan lapar maka waktu salat di malam hari bisa dijadikan patokan jadwal minum air putih, yaitu setelah salat Isya.

 

7. Satu Gelas Setelah Salat Tarawih

Ingat, ya, ada tiga waktu salat yang kita wajib minum air putih setelahnya, yaitu setelah salat Magrib, salat Isya dan salat Tarawih. 

 

8. Satu Gelas Sebelum Tidur

Jangan lupa minum satu gelas terakhir sebelum tidur. Ya, jangan pas banget  ketika mau merebahkan badan, sih. Bisa setengah jam sebelumnya, ketika alarm mengantuk sudah mulai berbunyi.

 

Itulah delapan waktu  minum air putih delapan gelas sehari. Semoga mudah diingat dan bisa dijalankan dengan baik sehingga tubuh tetap bugar saat berpuasa.

 

Semoga bermanfaat.

 

(Ed. Haeriah Syamsuddin)