Rabu, 04 Maret 2020

# curhat # Obrolan

Resolusi Ngeblog 2020

Tahun 2019 jadwal menulis saya kacau balau. Rasa lelah dan terbebani dengan pekerjaan kantor sangat terasa. Sehingga demi menjaga kesehatan badan saya mengalah, vakum dari dunia menulis terutama perbloggingan.

Bahkan di tahun 2019 saya sama sekali tidak ikutan membuat buku antologi. Entahlah ya, entah saya yang nggak bisa bagi waktu entah pekerjaan yang begitu banyak. Karena pada pertengahan tahun pekerjaan kantor itu seperti angin puting beliung yang tiba-tiba datang menghancurkan semua jadwal yang semula disusun.

Hingga di awal tahun 2020 saya mencoba bangkit. Resolusi yang sudah hancur berkeping-keping coba saya susun. Selain resolusi pribadi saya juga punya resolusi ngeblog di tahun 2020 ini. 

Tidak muluk-muluk seperti tahun lalu. Resolusi ngeblog saya tahun ini cukup simpel. Yah dengan memperhitungkan pekerjaan kantor dan ketersediaan waktu mengingat ada 3 bocah kecil yang harus saya urus.

1. Posting Blog Minimal 4 Kali Sebulan
Sumber gambar: pixabay

Tahun lalu saya membuat resolusi akan posting di blog setiap hari. Nyatanya bahkan beberapa bulan saya tidak update postingan sama sekali.

Belajar dari pengalaman sebelumnya saya mau membuat resolusi dari yang rendah dulu. Cukuplah minimal seminggu sekali posting, jadi kalau ditotal sebulan sekitar 4 kali. Sejauh ini sih tercapai wkwkwk. Meskipun saat menulis postingan ini saya sedang mengikuti challenge one day one post. 

Salah satu cara mudah untuk dapat menembus resolusi ini saya mencoba mencatat ide di dalam buku. Idenya sih saya buat perminggu perhari. Maksudnya saya catat idenya seminggu sekali tapi satu hari satu ide. Mana tahu kan dengan begini bisa menembus sehari satu postingan. Ya nggak.

2. Belajar SEO
Sumber gambar: pixabay

Sebenarnya saya rada-rada alergi untuk belajar SEO soalnya njlimet banget hehehe. Yang ada otak pusing duluan daripada materi masuk duluan. Sudah berkali-kali belajar tapi belum ngerti juga, atau ada beberapa bagian udah ngerti tapi males ngelakuin hihihi minta ditoyor mentor ini mah.

Nah untuk tahun ini saya mau coba belajar lagi, dari nol lagi. Sedikit-sedikit saja dulu mengingat umur juga tak lagi muda. Yang penting semangat dulu ye Mak. 

Nah supaya perjalanan belajar ini lebih masuk ke dalam otak, saya berencana mencatat materinya dalam buku. Soalnya kalau copas doang itu ilmunya gak masuk, gagal paham gitu. Dan juga gak malas praktek dong ya ....

3. Meningkatkan DA
Sumber gambar: pixabay

Malu deh DA nggak naik-naik. Masih asyik aja nongkrong di level 8. Padahal beberapa job mensyaratkan agar blog memiliki DA 10 ke atas.

Salah satu usaha menaikkan DA yaitu belajar SEO meskipun 'sulit'. Selain itu juga melakukan ikhtiar lain agar DA terdongkrak. Sedih saya soalnya DA nya satu digit doang wkwkwk. Selain itu usaha lain untuk menaikkan DA adalah menambahkan internal link, nah yang ini kadang saya malas hahaha, minta ditoyor dua kali. 

Selain menambahkan internal link, berdasarkan sumber yang saya baca adalah dengan melakukan share di media sosial setiap posting di blog. Kalau yang satu ini sih saya rajin hihihi. Mau di facebook atau di Instagram setiap postingan baru pasti saya share disana.

Cuma tiga itu saja resolusi ngeblog saya tahun 2020. Tentu saja besar harapan saya resolusi tersebut bisa tercapai tahun ini. Saya juga berharap ngeblog bisa lebih enjoy dan bukan sebagai sebuah tuntutan yang akhirnya menjadi beban. Karena bagi saya ini adalah hobi yang walaupun menghasilkan juga kadang-kadang hehehe. Dan bagi yang sudah baca tolong diaminkan ya ....

2 komentar:

  1. Aamiiin. Semoga tercapai resolusi ngeblognya Mbak. Dan blognya makin naik DA nya.

    BalasHapus