Selasa, 03 Maret 2020

List Barang Yang Wajib Dibawa Saat Ke Luar Kota

Sebagai ASN sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Dinas Luar. Dinas Luar ini sendiri ada yang berada di dalam kota dan luar kota. Kalau dinas luar dalam kota sih nggak perlu persiapan yang ribet paling bawa dokumen atau perlengkapan yang diperlukan. Soalnya kan bisa pulang hari.

Lain halnya kalau dinas luar ke luar kota. Perlu banget yang namanya persiapan terutama barang bawaan. Jangan sampai kelebihan karena membebani dan jangan sampai kurang nanti bisa berabe urusannya.

Nah list ini yang selalu saya pakai jika pergi dinas ke luar kota. 

1. Baju Secukupnya.

Karena biasanya jumlah hari sudah ditentukan, maka saya hitung baju berdasarkan hari. Misalnya lima hari berarti saya bawa lima pasang baju.

Selain baju ada juga yang lain seperti daleman. Kalau daleman ini biasanya dua kali baju harian. Sedangkan baju tidur paling cuma bawa satu atau dua hehehe. Soalnya di kamar kan ber AC jadi tidak terlalu berkeringat.

Membawa baju secukupnya ini selain tidak memberatkan bawaan juga tidak memberatkan cucian. Jadi untung dua kali kan hehehe. 

2. Kosmetik/Skin Care

Yang ini juga wajib dibawa dong ya. Apa jadinya kalau sampai ketinggalan. Masak mau beli lagi hahaha bisa tekor dong.

Biar nggak ada yang tercecer, salah satu tipsnya adalah meletakkan seluruh skin care dan kosmetik dalam satu wadah. Bisa pouch, tas kecil atau mungkin kotak hehehe.

3. Alat Mandi

Yang ini sebenarnya bisa di skip saja. Soalnya kan di hotel sudah disediakan. Tetapi kadang alat mandi yang ada di hotel kurang memuaskan. 

Contohnya handuk, handuk pastinya bukan handuk baru. Hanya handuk yang sudah dicuci. Nah kita nggak tahu itu handuk bekas siapa saja kan? Maka sebaiknya bawa sendiri saja deh.

Selain itu pasta gigi dan sikat giginya kadang juga kurang bagus. Ya memang sih untuk sekali pakai doang. Tapi lebih baik bawa sendiri juga kan lebih nyaman, dan rasanya lebih bersih sehingga membuat kita tetap percaya diri tanpa takut bau mulut. 

Kalau sabun sejauh ini nggak ada masalah sih, soalnya ada sabun cairnya. Tapi kalau kurang suka aromanya ya bawa atau beli saja sendiri. Satu lagi shampo, biasanya juga kurang gimana gitu di rambut. Kalau shampo gak ada tawar menawar lagi, saya pasti bawa sendiri.

4. Obat-obatan Ringan

Selama dinas luar ini biasanya saya jarang menghirup udara luar. Rute biasanya kamar-restoran-ruang pertemuan. Sudah muter-muter aja disitu berhari-hari. Pastinya hal ini rentan banget untuk tubuh. 

Agar tidak drop saat berada jauh dari rumah saya selalu membawa obat-obatan ringan. Biasanya terdiri dari minyak angin, obat sakit kepala, obat flu, madu dan kurma. Jadi ketika gejala datang langsung bisa ditangkis. 

Pengalaman-pengalaman sebelumnya saya tidak pernah membawa obat-obatan ringan. Kadang panitia juga tidak menyediakan. Akibatnya pulang dinas luar saya malah sakit.

5. Alat Tulis

Meski alat tulis juga disediakan oleh pihak hotel namun saya masih suka bawa alat tulis sendiri. Paling tidak saya membawa buku.

Biasanya kalau saya menulis di notes pas pulang akan jadi remahan kertas. Kadang juga hilang jadi percuma mencatat. Sedangkan pena dan pensil biasanya dapat dari hotel atau panitia.

Itu dia lima barang yang selalu saya bawa ketika keluar kota terutama ketika dinas luar. Kalau pergi dengan keluarga lain hal lagi, bawaannya pasti lebih banyak dan lebih rempong hehehe. Untuk barang bawaan yang memang sudah biasa dibawa nggak saya masukkan list seperti dompet dan gagdet. Karena sehari-hari barang tersebutpun selalu saya bawa. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar