Jumat, 06 Maret 2020

# buku # Cerita

5 Buku Hadiah Giveaway

Namanya dapat hadiah pasti senang dong ya. Termasuk dikasih hadiah buku, hasil menang lomba atau giveaway. Lumayanlah ya bisa menekan budget beli buku.

Pas dikumpulin hadiah-hadiah yang berupa buku, ternyata ada lima buku hadiah giveaway yang saya dapatkan. Bukunya lumayan lho ciamik-ciamik. Yang membuat saya kepikiran sebenarnya ongkirnya. Soalnya rata-rata yang ngasih hadiah itu berdomisili di Jawa, sedangkan saya tinggal di Sumatera jadi ongkirnya ya lumayan.

Buku apa saja sih yang saya dapat?

1. Burlian

Buku ini saya dapatkan saat mengikuti giveaway dari sahabat saya. Tap meskipun kami bersahabat bukan berarti ada kong kalikong lho ya, soalnya sahabat saya itu sudah sewa juri khusus untuk lomba yang dia adakan.

Ada lima pemenang yang dipilih dan alhamdulillah saya menjadi pemenang ketiga. Sistem pemberian hadiahnya dengan cara memilih. Jadi juara pertama berhak memilih buku paling pertama dilanjutkan dengan pemenang lainnya. Ini tulisan saya wakti itu Sepenggal Kisah Perjalanan Hidupku.

Sepeti karya Tere Liye yang lain buku ini juga cukup menarik. Mengingatkan saya akan kehidupan di kampung dulu. Buku ini juga banyak mengajarkan tentang budi pekerti seperti hukuman unik yang diterima akibat bolos sekolah.

2. Penyihir di Manik-Manik Mataku


Buku ini saya dapatkan waktu mengikuti /marathon Flash Fiction di grup Monday Flash Fiction (yang sekarang grup ini hiatus). Waktu itu ada sistem poin yang diterapkan, dan saya keluar sebagai juara kedua. 

Sistem penentuan hadiah juga berdasarkan pilihan pemenang, pemenang pertama memilih dua buku, kemudian pemenang kedua dan ketiga. Meski hanya ada tiga pemenang buku yang tersedia banyak, jadi juara ketiga pun tetap bisa memilih.

Buku ini sendiri merupakan buku kumpulan Flash Fiction karya Red Carra, alias mbak Carolina Ratri yang merupakan founder dari komunitas Monday Flash Fiction. Buku ini juga pernah saya review di websitenya Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB)

3. Misteri Kamar Tersembunyi



Buku yang satu ini saya dapatkan dari event yang sama dengan buku sebelumnya. Sengaja saya memilih buku karya Enid Blyton karena biasanya ceritanya menarik. Jika buku-bukunya yang terkenal adalah Lima Sekawan di buku ini anggotanya ada Pasukan Mau Tahu.

4. Dikejar Deadline

Buku ini saya dapatkan dari challenge one day one post dari Nulis Bareng Area Sumatera. Dan tak disangka saya jadi juara ketiga dan mendapatkan hadiah sebuah buku. Judulnya ini kayak nyindir saya banget hehehe. 

Beda dengan tiga buku sebelumnya yang memang pilihan saya buku ini sudah ditentukan dari penyelenggara. Buku ini merupakan buku antologi yang berkisah tentang perjuangan orang-orang yang tengah dikejar deadline. Sayang banget saya nggak ikutan nulis buku ini, pengalaman saya dikerjar deadline sepertinya banyak hahaha.

5. Sang Pangeran dan Janissary Terakhir

Buku yang satu ini adalah buku yang tidak pernah saya sangka akan berada dalam genggaman saya. Berawal dari postingan mbak Sinta Legian tentang giveaway yang diselenggarakan saya langsung tergerak ikutan. Kenapa? Karena hadiahnya buku, fiksi sejarah lagi, favorit saya banget.

Awalnya saya nggak berharap menang. Karena syaratnya cuma repost link beliau di twitter lalu sebagai tanda keikutsertaan komen di kolom komentar postingan beliau. Sedangkan pemilihan pemenang berdasarkan undian. Nah yang begini-begini saya biasanya nggak dapat tapi pas diumukan pemenangnya ternyata adalah saya hahaha.

Buku ini mengisahkan tentang perjuangan Pangeran Diponegoro melawan Belanda. Saya belum selesai baca saat ini. Tapi isinya detail sekali dan membuat saya kembali mengenal sosok Pangeran Diponegoro yang awalnya saya cuma tahu beliau perang melawan Belanda tahun 1825 hingga 1830.

Nah itu dia buku-buku yang berhasil saya dapatkan dari hadiah giveaway. Alhamdulillah lha ya apapun hadiahnya tetap disyukuri hihihi.

18 komentar:

  1. Mau banget dengan buku yang kelima. Kemarin di IBF saya gak sempat beli dan baru sekarang nyeselnya minta ampun.

    BalasHapus
  2. Wuah, saya juga suka ikut giveaway yang hadiahnya buku. Keren banget dapat hadiah yang no.3 bukunya Enid Blyton memang bagus-bagus banget. Salah satu penyebab saya suka baca buku ya karena membaca karya-karyanya beliau :)

    BalasHapus
  3. Buku give awaynya banyak dan menarik semuanya. Saya tertarik beberapa buku give awaynya nih Mbak.
    Penasaran sama ceritanya, seru sepertinya.

    BalasHapus
  4. Wah.... Mupeng lihat buku-buku bacaan seperti itu. Sudah lama enggak beli buku kayak gitu, alokasi buku baru banyak buat anak-anak (buku ensiklopedia dan agama). Kayaknya harus bikin anggaran lagi buat buku hiburan pribadi lagi deh, hehehe

    BalasHapus
  5. Wah, menarik banget kelima bukunya. Ada karya Tere Liye juga. Aku penasaran sama kisah history yang di zaman Pangeran Dipenogoro. Sepertinya ceritanya bagus

    BalasHapus
  6. Wahhh kerennn mbak, banyak rejeki dari giveaway bukuuu nih. Saya mupeng pengen baca buku pertama tuhh

    BalasHapus
  7. Wah, senangnya. Bagus-bagus pula bukunya. Selamat ya Mba.

    BalasHapus
  8. Wah saya juga dulu suka baca buku Enid Blyton, jadi pengen intip bukunya padahal biasa aja sih ga suka banget sama cerita detektif

    BalasHapus
  9. Saya pengin yang terakhir Mbak. Sudah banyak review-nya dan katanya oke buat belajar sejarah. Btw lumayan juga nih giveawaty dapat buku-buku kayak gini. Kumau juga donk.

    BalasHapus
  10. Selamat ya mbak, bisa jadi kegiatan me time ya, sambil minum kopi gitu. Bukunya pun unik dan bagus bagus

    BalasHapus
  11. kereeen, jadi bisa me time baca buku sambil ngeteh atau ngopi plus cemilan nih hehehe

    BalasHapus
  12. dari kelima bukunya, aku belum baca semua mba haha, aku juga sadar banget nih literasiku buat baca buku perlahan kian menipis, harus menang GA buku dulu nih kayaknya biar semangat lagi haha

    BalasHapus
  13. aku penasaran sama buku di kejar deadline. Judulnya mewakili bgt.

    BalasHapus
  14. Wah bukunya bagus-bagus banget nih. Dan saya belum pernah baca semuanya. Itu masing-masing udah ada review-nya belum yaa? Nunggu ada review-nya deh biar bisa tahu buku itu ngebahas apa sih

    BalasHapus
  15. Wah saya punya yg Burlian sama Sang Pangeran nih Mbak... suka dua2nya... tp yg terakhir kab 600an hlm, saya masih 200an hlm bacanya

    BalasHapus
  16. Selamat yaa mba menang dan hoki terus. Aku pengen banget nih baca yang bukunya ustadz Salim. Penasaran banget sama buku sejarah pertama beliau :)

    BalasHapus