Sabtu, 08 Februari 2020

# buku # review

Tambah Ketrampilan Menggambar Anak Dengan Buku Aku Jago Menggambar Superhero Seri 2

Judul Buku: Aku Jago Menggambar Superhero Seri 2
Penyusun: Nirwan Nuswantoro
Penerbit: Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup)
Jumlah halaman: 48 halaman

Suatu ketika Si Sulung membuat saya terkejut. Katanya dia pengen ikutan Super Ten Indonesia. Itu lho acara yang mengabulkan permintaan dengan lolos challenge yang diberikan juri sesuai dengan keahlian kita. 

Tapi Si Sulung bingung apa keahlian yang dia miliki wkwkwkwk. Saya jadi ikutan mikir, bakat apa ya yang perlu dikembangkan Si Sulung. Hingga kemudian saya mendapati nilai menggambarnya 90.

Wah kayaknya ni bocah bakat menggambar nih. Waktu masih TK juga gambarnya pernah dimuat di Bobo Junior. Akhirnya saya mencari cara meningkatkan kemampuan menggambar Si Sulung. Soalnya semenjak masuk Sekolah Dasar dia sudah jarang menggambar.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada buku ini. Soalnya waktu itu anak-anak lagi demam Avenger hahaha. Jadi semacam Kapten Amerika, Hulk, Ironman dan teman-temannya itu lagi digandrungi banget sama bocah terutama Si Bungsu.
Lha yang demam Avenger Si Bungsu kok yang dibelikan Si Sulung? Hehehe sebenarnya tujuan saya supaya Si Sulung bisa bikin gambar untuk adiknya soalnya emaknya yang selama ini kena todong menggambar.

Di dalam buku ini kita tidak akan menemukan kalimat demi kalimat. Hanya ada gambar dan judul karakter yang di gambar. Kayak yang satu ini Quicksilver. Kita hanya diberikan petunjuk melalui gambar juga.

Nah jangan bingung dengan step menggambarnya ya. Yang diatas garis biru itu adalah hasil jadinya sedangkan yang dibawah garis biru ada coret-coretan kecil itulah yang harus dibuat. Jika ada coret hitam artinya itu gambar jadinya. Untuk mewarnai gambarnya petunjuk warnaya juga sudah ada lho.
Salah satu yang unik dari buku ini adalah daftar isinya. Tidak juga ada kata-katanya maupun nomor halamannya. Nah lho piye Iki hihihi.
Jadi daftar isinya itu ya gambar juga. Gambar karakternya, nah disamping gambar karakter tersebut terdapat bunga warna biru. Nah disitulah yang harus kita isikan nomor halaman. Mungkin ini dimaksudkan agar anak-anak juga belajar angka kali ya ....

Langkah menggambarnya cukup mudah diikuti ya. Saya sebagai orang tua juga suka membuat gambar dengan langkah-langkah dalam buku ini. Hasilnya lumayan lha hahaha. Lha ini kok malah emaknya yang make.

Karena buku ini dikhususkan menggambar karakter maka tiap langkah gambarnya pasti diikuti dengan bentuk bulat. Parahnya kayaknya Si Sulung belum bisa membuat bentuk bulat yang bagus. Jadi dia suka putus asa dan minta dibikinkan gambar bulatnya dulu.

Dalam buku ini ada langkah-langkah pembuatan gambar 24 karakter superhero. Antara lain Blade, Captain America, Cyclos dan lain-lain. Selain itu buku ini ternyata ada seri yang lain. Yaitu Aku Jago Menggambar Superhero Seri 1 yang berisi tokoh Justice League kayak Superman, Batman, Flash dan lain-lain. Yang kedua adalah Aku Jago Menggambar Seri 3 yang isinya mirip Seri 2 bedanya mungkin di seri 3 ini banyak superhero wanitanya. 

Ada satu lagi Buku Aku Jago Menggambar Transformers. Sudah jelas ini pasti menggambar robot-robot Transformers yang terkenal itu. Dan kayaknya nih Si Sulung lebih minat ke buku ini. Soalnya membuat bentuk lingkaran kayaknya nggak terlalu banyak. 
Mudah-mudahan ada rezeki lagi buat membeli yang seri Transformers supaya bisa di review disini lagi ya ....



29 komentar:

  1. Wah. Samaan nih, Mbak. Anak sulung ku juga suka banget menggambar. Dia bisa asik sendiri bikin cerita bergambar sampe ngabisin separuh buku.
    Biasanya aku suka ajak main tebak gambar (bukan game HP yah) buat melatih kreativitas & imajinasinya.
    Aku pernah kasih cara bermainnya di blog. Kayaknya Si sulung bakal suka kalo diajak main ini sama Mamanya.

    BalasHapus
  2. takjub deh sama anak-anak yang pandai menggambar :)
    Anak saya cuman gambar asal sih, dia lebih suka baca komik atau main mobil-mobilan hahaha,
    Padahal udah besar :D

    Dulu saya pikir dia suka mewarnai, eh juga ngasal.
    Ya udahlah, saya ikutin aja hobinya, beli komik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak saya bahagia banget nih beli buku ginian,lalu besoknya buku nya berakhir dengan sobekan adiknya hahahaha.
      Masih PR banget ngajarin anak kedua biar nggak nyobek buku, dulu kakaknya nggak pernah loh nyobek-nyobek buku :D
      (mamak suka bandingin, hahahaha)

      Hapus
    2. hihihi saya dulu juga hobinya beli komik mbak soalnya nggambar nggak bisa, yang punya hobi menggambar itu kakak laki-laki saya dan kayaknya nurun ke anak saya nih hehe.

      Samaan mbak anak yang pertama tuh gak pernah sobekin buku tapi kalau si bungsu ni ya ampun kegiatan sobek-sobek itu seperti sebuah permainan hahahah kayaknya harus di beri pengertian mana kertas yang boleh disobek dan yang bukan

      Hapus
  3. wah bagus ya gambarnya perlu dikembangkan ya, siaap tahu bisa bikin komik yang bagus

    BalasHapus
  4. WAh, ketiga anakku nih yang selalu nodong emaknya buat gambar Tayo. Bener nih, buku menggambar begini membuat anak-anak bisa menyalurkan bakatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk nasib emak-emak kayaknya ya mbak kena todong buat menggambar, soalnya bapaknya langsung angkat tangan kalau anaknya minta digambarin hahaha

      Hapus
  5. Wahhh anak-anak aja udah segini ya mba level sketch nya. Apalagi menggambar action figure favoritnya. Asik banget bukunya buat busy activities, sekalian eksplor ragam aktivitas ya mba. Siapa tau memang talent dia menggambar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. si sulung malah sudah minta buku seri menggambar yang lain lagi mbak, hihihi

      Hapus
  6. Wah jadi lebih mudah belajar, ya. Sekalian dong pasang hasil gambar si sulung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi nah itu dia mbak karena nulisnya di rumah neneknya jadi gak ke foto deh hasil gambar si sulung, insya Allah nanti saya update lagi dengan gambar si sulung

      Hapus
  7. Memang orang tua harus jeli melihat apa bakat anak. Seneng, ya, anaknya suka gambar. Buku itu jadi media dan cukup membantu mengembangkan bakat anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang pusing juga mbak soalnya tembok rumah sudah penuh dengan gambar wkwkwkwk

      Hapus
  8. Kalau ini sih aku juga mau. Lagi pingin belajar menggambar juga. Tapi nanti ditata dulu waktunya. Biar semuanya bisa optimal. Keren nih bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya juga kalau ditodong sama anak suruh menggambar ya ikuti step-step ini mbak hahaha hasilnya anak suka wkwkwk

      Hapus
  9. wah, seru ya. kalau sudah hobi, belajar sendiri dari bukupun jadi. nggak harus les-les an. dari sini moga bisa berkembang passionnya, dan bisa menciptakan karakter superhero sendiri

    BalasHapus
  10. Ini sih saya juga suka... hehehehe. Soalnya paling mati kutu kalau disuruh gambar... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kalau ada langkah-langkahnya gini kan gambarnya gak melenceng ya hahaha

      Hapus
  11. ingin coba juga deh ini buat Si Kakak, tapi dia sih klo menggambar suka asal, gak bisa tenang dia beda kalau main lego, tapi kali aja dengan ini bisa jadi belajar gambar juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ya mbak, ini anak-anak juga kalau main lego anteng yang penting gak kebanyakan main gadget lah hihihi

      Hapus
  12. Wahhh, boleh nih kayaknya dikasih ke Khadijah. Itung-itung buat menstimulasi doi mewarnai, hihi. Secara, dia senang coret-coret, siapa tahu abis ini dia makin senang menggambar

    BalasHapus
  13. Wah bakatnya si sulung harus dipupuk terus nih. Anakku waktu SD suka melukis. Sekarang sdh SMA malah seneng menulus indah

    BalasHapus
  14. Di rumah anak-anak sukaa juga menggambar, Mbak.. Pernah juga beliin buku semacam ini. Dan memang asyik juga buat mereka walau abis itu lebih senang gambar di papan kecil gitu. Ngabisin tinta sama spidol Pokoknya.. Haha..

    BalasHapus
  15. Anakku juga suka gambar mba, bahkan dinding rumah sudah rata dengan gambarnya. Padahal sudah disediakan media menggambar di buku, tapi sesekali suka curi-curi kesempatan coret-coret tembok..hehe..jadi pengen beli bukunya juga..biar gambarnya makin bagus

    BalasHapus
  16. Menggambar memang memberikan kebebasan anak untuk berekspresi. Anak saya juga hobi melukis dimana saja termasuk dinding tidak boleh dibiarin putih polos hihi..

    BalasHapus