Selasa, 28 Januari 2020

# buku # review

Review Buku Anak: Ikan Hiu Si Monster Laut

Judul Buku: Ikan Hiu Si Monster Laut
Penulis: Setiawan G Sasongko
Illustrator: Kiki MR
Halaman: 24 halaman
Penerbit: Bestari

Beberapa waktu lalu Si Sulung minta dibelikan buku. Pilihannya jatuh pada buku ini Ikan Hiu Si Monster Laut. Hehehe agak serem judulnya ya. Tapi karena dia penggemar serial Ultraman maka tulisan monster itu menjadi magnet untuk menjatuhkan pilihan. Mungkin dia pikir dalam buku ini bakalan ada Ultraman hihihi.

Buku ini mengupas seputar ikan hiu sesuai dengan judulnya. Hiu memang dikenal sebagai ikan yang ganas makanya ada embel-embel monster di dalamnya. Jenisnya sendiri ada banyak lebih dari 500. 

Namun tidak semua jenis ikan hiu itu ganas ya. Contohnya si Hiu Paus yang tenar itu, dia tergolong keluarga hiu yang jinak selain itu makanannya juga cuma hewan kecil yang mengambang di air meski badannya cukup besar.

Buku ini memang cocok untuk anak-anak. Selain jumlah kata per halamannya tidak banyak juga pilihan kata yang digunakan sederhana sehingga anak mudah mengerti.

Selain itu ilustrasinya pun menarik. Bukunya full colour dijamin deh memanjakan mata yang baca. Namun karena yang dibahas hiu yang hidup di dalam lautan jadi warna buku ini didominasi oleh warna biru tua. Jadi mungkin anak balita kurang tertarik kecuali dia suka ikan.

Sayangnya buku ini tidak membahas terlalu detail soal hiu. Hanya gambaran umumnya saja seperti karakter hiu, kelebihan hiu, cara berkembang biaknya, cara berenang dan kondisi terkini ikan hiu. Mungkin karena buku ini bukan buku ensiklopedia kali ya jadi nggak detail banget.

Tapi meski demikian buku ini cocoklah untuk anak-anak. Tidak tebal karena cuma 24 halaman sehingga membawanyapun mudah dan tidak memberatkan. 

Oya buku ini adalah buku seri lho yaitu seri hewan laut. Selain Ikan Hiu Si Monster Laut masih ada 11 judul lainnya yang termasuk dalam seri ini, antara lain:
1. Paus Si Raksasa Laut
2. Cumi-cumi Si Penyemprot Tinta
3. Gurita Si Makhluk Cerdas Dari Laut
4. Udang Di Makhluk Laut Yang Selalu Sembunyi
5. Kepiting Si Pejalan Miring
6. Ikan Pari Si Selimut Dari Laut
7. Ubur-ubur Si Lonceng Laut
8. Bintang Laut Si Tukang Bersih-bersih Laut
9. Kuda Laut Si Pemilik Baju Zirah
10. Kerang Si Pemilik Dua Cangkang
11. Lumba-lumba Si Ikan Ramah
Menarik ya judulnya? Saya selalu suka lho dengan ilustrasinya Bestari ini. Sudah ada beberapa buku terbitan Bestari yang dikoleksi di rumah khusus buat anak-anak. Harganya juga gak mahal-mahal banget sih. Kayaknya tergantung kertasnya juga. Yang seri hewan laut ini kayaknya boleh juga dikoleksi semua ya ….


Walaupun mungkin apa yang terkandung dalam buku ini sudah kita ketahui, namun ketika anak menemukan sebuah fakta sendiri mereka akan merasa bangga. Hal ini tentu saja memupuk rasa percaya dirinya, bahwa ada sesuatu yang bisa ia lakukan tanpa bantuan orang lain. Senangnya bisa mendapatkan benefit lebih dari sebuah buku.

Si Sulung sangat senang dengan buku ini, kadang-kadang dengan senang hati dia menceritakan buku ini untuk adiknya. Ya walaupun adiknya merespon dengan segera membalik halaman karena mau melihat gambar ikan hiu yang lain hehehe. Namun ini suatu hal yang sungguh membuat saya terharu dan bangga.

Semangat membaca!

1 komentar:

  1. Si Sulung usia berapa, Mbak?
    Si Kakak, 9 tahun, sudah doyan ensiklopedia sejak kelas 1 SD. Sampai sekarang.
    Mungkin bisa jadi pilihan bacaan untuk Si Sulung. Informasinya lebih lengkap dan mendetil.

    BalasHapus