Jumat, 24 Januari 2020

# kesehatan # review

Kontrol Asupan Kalorimu Dengan Aplikasi FatSecret

Mempunyai badan yang terus mengembang membuat saya merasa tidak nyaman. Selain karena tidak enak dilihat juga kurang nyaman di badan terutama kaki yang gampang capek dan pegel.

Saya yang gak pernah diet akhirnya mencoba untuk mengatur pola makan. Awalnya saya gak makan malam. Tapi bukannya kurus malah tambah gendut hahaha. Ternyata hal itu diakibatkan karena saya suka ngemil malam. Cemilannya yang tinggi kalori pula hihihi.

Terus saya nyobain metode kakak saya. Cemilannya diganti buah. Komposisi makanannya seperempat nasi, seperempat lauk dan setengah sayur. Sayangnya yang ini gagal juga karena saya gak masak sendiri waktu itu. Yassalam...

Terakhir olahraga. Saya download beberapa aplikasi olahraga mulai dari menurunkan berat badan hingga mengecilkan perut. Tapi zonk. Kenapa? Karena saya gak konsisten melakukannya. Hadeuuuhhhh....

Kemudian saya mendapatkan sebuah video. Video rahasia dietnya Sabrina https://youtu.be/xjiRsaqAm0E. Disitu Sabrina ngasih beberapa tips diet.

1. Kurangi konsumsi gula, karena gula di dalam tubuh diproses cukup rumit. Dari gula diubah ke lemak baru kemudian ke energi. Nah biasanya selama proses ini tubuh kita bakalan lapar duluan jadi lemak makin bertumpuk dan tubuh makin gemuk.

2. Kurang konsumsi garam. Hal ini dikarenakan garam nbersifat mengikat air sehingga tubuh jadi blotting. Jika tidak bisa mengurangi garam maka bisa pilih garam yang rendah sodium seperti Garam Laut atau Garam Himalaya.

3. Kurangi lemak terutama lemak jahat. Sedangkan lemak baik seperti alpukat dan minyak kelapa masih aman dikonsumsi.

Apakah dengan tiga hal tersebut bisa mengurangi berat badan? Jawabannya bisa saja. Karena aturan untuk menurunkan berat badan hanyalah defisit kalori. Apa itu defisit kalori? Defisit kalori merupakan pengaturan pola makan agar kalori yang masuk lebih kecil dari kalori yang dibakar.

Berbekal kata kunci tersebut saya akhirnya menemukan sebuah aplikasi penghitung asupan kalori yang bernama FatSecret. 

Di awal penggunaan aplikasi ini kita akan ditanya mengenai aktivitas harian kita yang akan menentukan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh kita. Kemudian isi berat badan awal dan berat badan yang ingin dicapai.

FatSecret sendiri memiliki empat menu utama yaitu halaman, catatan harian, laporan dan berat badan.
Di menu halaman ini kita akan melihat postingan orang-orang yang menggunakan FatSecret. Bisa jadi inspirasi menu, motivasi dan bahkan hiburan tersendiri. Di bagian atas kita bisa melihat kondisi kita saat ini. Berapa kalori yang dikonsumsi, kalori yang dibakar dan berat badan. 

Beralih ke menu berikutnya yaitu catatan harian. Disinilah kita mengontrol kalori yang kita asup. Mulai dari makan pagi, makan siang, makan malam dan cemilan. Disini juga termasuk menu aktivitas yang membakar kalori.



Disini juga terlihat berapa banyak karbohidrat, lemak dan protein yang kita makan.



Menu berikutnya adalah menu laporan. Di menu ini terlihat semua apa yang kita makan dan berapa kalorinya di tab Kalori. Di tab Makro akan terlihat berapa persentase karbohidrat, lemak dan protein yang dikonsumsi. Sedangkan di tab nutrisi akan terlihat juga berbagai nutrisi yang kita makan.



Di sudut kanan atas terdapat icon seperti target panah. Jika kita klik akan keluar target kita. Utamanya target kalori dan target makro nutrien.

Menu terakhir adalah menu Berat Badan. Disinilah terlihat apakah usaha yang kita lakukan berhasil atau tidak 😁.

Ini punya saya. Lumayan turun 0,6 kg selama hampir sebulan hehehe. Memang sih belum konsisten, tapi Alhamdulillah sedikit mengontrol kalori sehingga berat badan tidak terus menanjak.
Kelemahannya mungkin penghitungan kalorinya tidak akurat, karena kadang-kadang kita tidak bisa mengukur seberapa pasti yang dikonsumsi. Namun tidak ada salahnya menggunakan pengukuran ini agar lebih mengontrol asupan kalori. Saya lebih memilih membesarkab hitungan kalori agar asupan kalori tidak berlebihan karena tidak tercatat.

Intinya adalah tiga hal yang harus dilakukan:

1. Mengontrol agar kalori yang masuk tidak lebih banyak daripada yang keluar, caranya dengan mengurangi gula dan lemak.

2. Mengurangi konsumsi garam supaya nggak blotting.

3. Olahraga secara teratur. Selain membakar kalori olahraga juga membuat badan tetap bugar.

Semoga resolusi tahun ini untuk kembali ke berat badan sebelum hamil bisa tercapai. Dan semua yang mau menurunkan berat badan semoga sukses ya ....

7 komentar:

  1. pengen donlotttt hahaha.
    Biar ada yang jewer pas makan nggak tahu porsi, nggak pilah pilih yang sehat :D
    Nggak pernah timbang badan sih, tapi kayaknya saya 60an lebih juga nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nikmati saja mbak selama masih nyaman hihihi

      Hapus
  2. Aplikasi wajib nih hihi soalnya saya suka bar-bar kalo soal makanan, apapun dimakan huhu

    BalasHapus
  3. wahh pilihan makanannya makanan indonesia ya mba.. noted nih nanti coba download. berat abis lahiran blm hilang2 nih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi saya kalau habis lahiran malah kurus mbak tapi kalau anak udah mulai MPASI mulai deh melar hahaha

      Hapus
  4. FatSecret is undoubtedly a very good app, but, as I know, if you want to have access to all functions, you must buy a premium account. Am I right?

    BalasHapus