Jumat, 31 Januari 2020

# Cerita # travel

Eduwisata Ke Taman Agrowisata di Pekanbaru

Kemarin adalah hari Piknik TK untuk Si Tengah. Ada empat tempat yang dikunjungi yaitu Taman Rekreasi Go Green di Kecamatan Tambang Kabubpaten Kampar, Taman Agrowisata, Citraland Waterpark dan SKA Mall. Untuk yang ke mall saya gak ikutan, minta jemput bapaknya habis lagi akhir bulan takutnya sakit hati aja tuh kalau ikut ke mall hehehe.


Tapi kali ini saya mau bahas Taman Agrowisata dulu ya karena disini rekreasi yang paling seru dan tidak biasa.


Waktu baru datang kami sudah disambut dua pemandu. Satu perempuan satu laki-laki. Yang Perempuan Kak Eni yang laki-laki lupa namanya hahaha. Ada empat kegiatan yang dilakukan anak-anak disini yaitu panen sayur, memberi makan kambing, menanam sayur dan padi serta menangkap lele.

Panen Sayur
Kegiatan pertama adalah panen sayur. Lokasinya tidak di dalam taman agrowisatanya. Tapi jalan beberapa meter ke daerah kebun-kebun. Sayur yang di panen yaitu Terong dan Pare. Disini anak-anak disuruh membuka sepatu dan kaos kaki. Soalnya ada bedeng-bedeng airnya. Hasil panennya dibagiin lho waktu pulang. Senang dapat sayur yang baru dipetik.

Awalnya Kiya nggak mau ikutan soalnya dia jarang bertelanjang kaki di tempat becek. Tapi akhirnya setelah dibujuk dan di bantu oleh kakak pemandu akhirnya Kiya berani memetik Terong dan Pare.


Memberi Makan Kambing
Anak-anak memang suka memberi makan hewan. Di rumah biasanya Kiya memberi makan kucing, rebutan sama adeknya. Walaupun kucing tersebut bukan kucing peliharaan kami, sekedar kucing jalanan yang mampir minta makan. 

Tapi ternyata Kiya agak takut kasih makan kambingnya. Soalnya kambingnya agak agresif sampai berdiri di kandangnya. Mungkin karena pas jam makan siang. Jadi dia maunya ditemani sama Umminya  (gurunya).


Menanam Sayur dan Padi
Di areal ini anak-anak dibebaskan untuk main kotor-kotoran. Pada waktu menanam sayur anak-anak memegang tanah. Padahal kalau di rumah sudah dilarang itu hahaha. Tapi supaya dia bisa bertanam juga ya mau nggak mau mesti dilaksanakan. Beberapa Ibu nampak keberatan dan menyuruh anaknya nggak ikutan. Padahal rugi menurut saya selain gak dapat ilmu, juga rugi sudah bayar wkwkwk. Dasar Emak matre.

Ternyata Kiya terampil banget masukin tanah ke dalam polibag kecilnya. Setelah itu diberi bibit kangkung sama kakak pendamping kemudian ditutup tanah lagi. Nah polibag ini dibawa pulang sebenarnya lho. Tapi karena nggak bawa tas khusus maka tidak dibawa pulang. Takutnya malah berantakan di dalam bis.

Setelah menanam sayur anak-anak diajari menanam padi. Disini lebih main kotor-kotoran lagi karena anak-anak disuruh masuk dalam lumpur. Tapi seru.... Kiya tertatih-tatih di dalam lumpur sampai-sampai salah menanam padi yang harusnya mundur malah maju wkwkwkwk.


Menangkap Lele
Yang bagian ini Kiya nggak bisa hahaha. Ikan Lele yang disini sudah aman, sudah dibuang sengatnya jadi aman. Lokasi menangkap lele ini masih berada di tempat menanam padi tadi. Kakak Pendampingnya membawa ember berisi lele dan menyebarkannya di lumpur tersebut. Anak yang berhasil menangkap lele mendapatkan hadiah tumbler lho.

Sayangnya Kiya nggak bisa. Jalan di lumpur aja tertatih-tatih hihihi. Apalagi menangkap ikan lele yang gerakannya cepat. Akhirnya Kiya saya ajak naik dan mandi wkwkwkwk.


Di Taman Agrowisata ini selain menawarkan wisata edukasi juga menawarkan spot foto yang instagramable. Ini nih ada rumah hobit, i love u, ayunan, dll.



Tapi saya nggak sempat masuk rumah hobit soalnya sudah mau pulang. Pas pulang sayuran yang dipetik tadi dibagikan ke anak-anak lho.
Harga masuk ke sini juga cukup terjangkau lho
- Harga Tiket Masuk Umum : Rp 15.000
- Harga Tiket Masuk Khusus (Family Gatehring/Ultah dan Acara-acara): Rp 20.000
- Harga Tiket Paket Agro Edukasi: Rp 50.000

Untuk tarif parkirnya:
- Motor : Rp 2.000
- Mobil : Rp 5.000

Murah dan ramah di kantong bukan....

33 komentar:

  1. tempat yang edukatif dan seru, tempatnya juga cukup instagramablle. Anak-anak yang dibawa pun pasti senang dibawa ke tempat tersebut, sayang jauh dari daerah saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masing-masing daerah kayaknya punya wisata semacam ini mas, mudah-mudahan ada di temat mas Rahman ya

      Hapus
  2. Anak saya kalau ada acara sekolah gini, masha Allah happynya minta ampun, kalau pulang dia bakalan ceritain pengalamannya sampai berhari-hari hihihi.

    Anak-anak itu paling senang ya main di alam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak anak-anak memang senang main di alam bebas hehe

      Hapus
    2. Iya Mba, apalagi anak laki kayak anak-anak saya, dia sering banget minta izin petualangan sama temen-temennya tuh, tapi kadang saya masih kepikiran, dasar emang mamak aneh sayanya hahaha

      Hapus
    3. Sama kok mbak saya juga masih suka kepikiran sama bocah, padahal mereka sebenarnya udah bisa mandiri ya .... Jiwa emak-emak nih

      Hapus
  3. wah anak2 banyak belajar banyak hal ya

    BalasHapus
  4. Agrowisata juga jadi salah satu favoritku buat bawa anak. Aku kebetulan tinggal di Jakarta biasanya ke wilayah depok atau bogor buat agrowisata. Senenng sekarang di Pekanbaru ada ya, kapan-kapan mampir deh kalau kebetulan ada trip ke sana.

    BalasHapus
  5. Ananda pastinya paling semangat kalau kegiatan outdoor ya Mbak? menanam padi, kasih makan hewan, pasti menyenangkan. Sekarang dimana-mana ada kegiatan ini ya? selain menjadikan ananda tidak bosan belajar di kelas, kegiatan yang sifatnya edukatif dan fun terus digalakkan, agar kebutuhan anatara dunia nyata dengan pengalaman menyatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak menambah pengetahuan anak dan sudah menjadi trend wisata masa kini

      Hapus
  6. MasyaAllah, asyik banget nih buat wisata anak-anak. Udah murah, seru lagi. Saya juga lagi suka tanam-tanam. Niatnya juga biar bisa buat edukasi anak. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak di rumah juga pada ngrecokin kalau lagi tanam-tanam

      Hapus
  7. Anak-anak pasti suka diajak ke agrowisata ya, Mbak. Apalagi kayak anakku yang jarang lihat sawah, sungai dan sapi. Akhir tahun lalu sekolahnya si bungsu juga field trip ke area farmland kayak gini. Senengnya bukan main Mbak, habis ngasih makan bebek trus ke kandang kambing. Gembira pol

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak anak-anak kalau main di alam pasti senangnya luar biasa, sedangkan diajak berenang aja happy apalagi main beginian ahaha

      Hapus
  8. Selalu seru kalau anak-anak main di tempat outdoor seperti agrowisata begini, bisa bermain, belajar, dan bersosialisasi lebih dekat ke teman-temannya

    BalasHapus
  9. Tempat yang sepertinya asyik untuk mengajarkan anak2 bercocok tanam ya... Murah meriah dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nambah pengalaman baru untuk mereka

      Hapus
  10. Seneng ya bisa ikut acaranya anak-anak. Bisa sekalian rekreasi dan sambil belajar juga mengenai berbagai tanaman, memberi makan hewan. Pasti bakal terus diingat sama anak. Pengalaman yang mengesankan bagi mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak semoga ada kesan mendalam buat mereka

      Hapus
  11. Wah, ini jangankan anak-anak. Saya pun senang... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe saya malah sebenarnya mau ikutan Mak hahahah

      Hapus
  12. Kok seru yaaaa :D. Ini kurasa anakku suka juga sih. Walo jujur aja aku ga yakin. Secara dia blm prnh rasain masuk ke lumpur gitu hahahaha. Aku sendiri ga bakal ngelarang kalo memang acara sekolah. Tp kalo bukan, sepertinya bakal banyak kuatirnya hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kalau dalam keseharian kan kita larang, nah pas disini si anak agak takut-takut juga hihihi. yang bikin lemes sebenarnya bersihin nyucinya mbak wkwkwkwk

      Hapus
  13. Waaw wisata edukasi yNg sangat ramah di kantong nih. Anak memang harus dibiarkan explore ke alam ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mbak, tapi kalaunyebur ke lumpur kayaknya sesekali aja deh, emaknya gempor nyuci hahahaha

      Hapus
  14. Ya ampuun, ini pasti anak-anak seneng banget ya eduwisata ke taman Agrowisata. Kotor-kotoran yang banyak manfaatnya. Apalagi anak sekarang jarang yang kenal nih nanam padi dll begini
    Tiket masuk pun terjangkau sekali ini

    BalasHapus
  15. Seru bangeeeet. Bocil pasti suka nih. Main sambil belajar ya. Tiketnya terjangkau pula.

    BalasHapus
  16. Biasanya anak suka kotor2an, main becek2, dan air. Emang ya kita seringnya takut kotor, jadi anak dilarang ini itu. Bulan depan si sulung juga ada agwnda outbond. Semoga programnya sama bagusnya dgn taman agro ini.

    BalasHapus
  17. Selalu suka deh kalau liburan ke tempat agriwisata kayak gini. Selain bernilai edukasi, juga bisa seru-seruan bareng ya mba sama si kecil

    BalasHapus
  18. penting bgt ya ajak anak ke tempat seperti ini. thanks sharingnya ya

    BalasHapus