Senin, 25 November 2019

# tips

Begini Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Membandel



penyebab gusi berdarah
Sumber gambar hellosehat.com

Cara menghilangkan karang gigi – karang gigi adalah hal yang paling mengganggu senyum kita. Gangguan kesehatan ini dapat mengurangi estetika dan keindahan senyum. Karenanya, keberadaanya harus dihilangkan dan dicegah.

Karang gigi sendiri umumnya timbul karena penumpukan plak yang berkepanjangan. Penumpukan ini umumnya terjadi pembiaran. Biasanya terjadi pada orang yang malas membersihkan gigi.

Karang gigi memang tidak menimbulkan pengaruh kesehatan yang signifikan. Tapi, biar kondisi ini terus dibiarkan, karang gigi dapat menyebabkan iritasi gusi.

Ya, sebagaimana yang Anda tahu, gusi adalah bagian mulut yang sangat penting. Iritasi gusi akan membuat Anda tidak nyaman. Karenanya, untuk menghindari hal itu, hal-hal yang menjadi penyebab dari iritasi gusi harus diselesaikan, termasuk karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi sendiri cukup banyak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, dari mulai medis, alami, hingga yang alternatif.

Bagaimana dengan efektivitasnya? Mengenai efektivitas, semuanya kembali pada Anda. Masing-masing cara memiliki efektivitasnya sendiri. Yang jelas, semuanya bisa Anda lakukan untuk tujuan yang sama, yaitu menghilangkan karang gigi.

Nah, yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, bagaimana cara menghilangkan karang gigi tersebut? Seperti apa metodenya? Untuk menjawabnya, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI DENGAN SCALLING

Dalam dunia medis, ada cara yang paling sering dilakukan untuk menghilankang karang-karang di gigi. Cara tersebut adalah scalling. Scalling sendiri adalah cara yang melibatkan alat yang bernama ultrasonic scaler. Alat ini digunakan untuk membersihkan karang gigi yang dekat dengan gusi.

Dikutip dari alodokter.com, scalling idealnya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Scalling akan dapat efektif merontokkan karang gigi yang sangat keras sekalipun.

Soal efektivitas, Anda tidak usah khawatir. Ini adalah cara yang melibatkan unsur medis. Dengan kata lain, efektivitasnya akan sangat terjadi. Anda bisa dengan mudah menghilangkan karang gigi hanya dengan melakukan scalling secara rutin.

Kenapa harus rutin? Karena pada dasarnya karang gigi bisa terbentuk setiap saat. Karenanya, untuk mencegah pembesaran karang gigi, perawatan rutin adalah solusi yang bisa diambil.

GUNAKAN OBAT KUMUR – CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI

Dikutip dari hellosehat.com, obat kumur bisa cukup efektif menghentikan pertumbuhan karang gigi. Walau tidak seefektif scalling, cara ini dinilai lebih mudah dan bersifat preventif. Namun demikian, jika Anda membutuhkan cara yang cepat, Anda bisa menggunakan cara yang pertama. Tapi jika Anda membutuhkan cara yang berkelanjutan dan preventif, cara ini adalah yang paling direkomendasikan.

Dikutip dari hellosehat.com, menggunakan obat kumur bisa dilakukan setiap hari, minimal 2 kali sehari. Semakin rajin Anda berkumur dengan obat kumur, semakin kecil kemungkinan karang gigi akan muncul pada mulut Anda.

MEMBERSIHKAN GIGI DENGAN BENANG – CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI

Membersihkan gigi dengan benang sangat efektif untuk menghilangkan plak-plak yang mengganggu. Cara ini sangat bagus digunakan untuk Anda yang benar-benar ingin membersihkan plak yang menumbuk dan membuat karang gigi.

Membersihkan gigi dengan benang sedang adalah cara klasik. Namun biar begitu, cara ini cukup efektif untuk menekan penebalan plak. Anda bisa gunakan cara ini setiap hari sebelum tidur. Dengan cara ini, karang gigi Anda akan berangsur berkurang, bahkan hilang.

Tapi perlu diperhatikan. Untuk karang gigi yang sudah menebal dan besar, Anda tidak dianjurkan untuk mengangkatnya secara langsung.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi. Cara-cara di atas ada yang bersifat preventif dan penanganan langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar