Minggu, 19 Mei 2019

# blogger perempuan # Cerita

Tentang THR

pixabay.com


THR yang merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya selalu dinantikan oleh setiap pegawai pada saat Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya pegawai muslim saja yang dapat, semua pegawai dapat menikmati THR ini tanpa harus menunggu hari raya mereka masing-masing. Bagi aparatur sipil negara THR ini memiliki perjalanan yang cukup panjang.

Dulu THR diadakan oleh instansi masing-masing, sehingga meskipun sesame ASN akan menerima hasil yang berbeda bahkan di dalam satu instansi. Kini THR sudah dianggarkan dalam Anggaran Belanja Pemerintah baik pusat maupun daerah yang dinamakan gaji 14 dan tunjangan kinerja 14. Tentu saja setelah dianggarkan banyak keuntungan yang didapat pegawai.

1. Besaran THR Sama
Zaman belum ada gaji dan tunjangan kinerja 14 THR diadakan oleh masing-masing instansi. Jadi pintar-pintarnya instansi masing-masing untuk menganggarkannya. Bahkan satu instansi bisa beda-beda hasil yang didapat. Malahan bagi instansi yang anggaranannya minim, bisa saja nggak dapat THR.

Kini semenjak dianggarkan semua pegawai bisa menikmati THR, perbedaan mungkin hanya di Tunjangan Kinerjanya yang masing-masing instansi memang berbeda.

2. Meningkatkan Kesejahteran Pegawai
Pemberian THR ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai. Karena nominal yang didapat bagi sebagian pegawai lebih besar daripada THR yang diadakan oleh instansi itu sendiri. Kalau bagi pegawai swasta mungkin ini bukanlah hal baru, THR = 1 kali gaji, tapi bagi aparatur sipil negara baik pegawai negeri maupun bukan hal ini adalah hal baru yang dijalankan 2018 lalu.

3. Ganti Kenaikan Gaji Tahunan
Jika di era pemerintahan sebelumnya gaji mengalami peningkata 6-7 persen per tahun maka di pemerintahan ini pemerintah tidak menaikkan gaji, namun memberikan gaji dan tunjangan kinerja ke empat belas. Kabarnya sih pemberian gaji dan tunjangan kinerja ke empat belas ini sebenarnya tidak sebanyak jika harus menaikkan gaji per tahun. Tapi tak apa lah ya yang penting hepi hihihi.


Walaupun sudah mendaptkan THR yang layak jangan juga lantas melakukan pemborosan. Hidup cermat tetap harus diperhatikan, jangan lupa baca 5 Tips Antisipasi Promo Belanja Online Agar Tak Terjadi Pemborosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar