Jumat, 10 Mei 2019

Resep nasi goreng Kampung


Nasi goreng itu merupakan alternatif jitu ketika merasa kelaparan dan malas masak. Selain lebih mengenyangkan juga mengurangi rasa bersalah ketika kita justru memilih mi instan. 

Sebenarnya ada banyak jenis nasi goreng. Ada nasi goreng petai yang memang memasukkan petai di dalamnya, ada juga nasi goreng special yang menambahkan suwiran ayam dan telor ceplok, namun kali ini saya akan membagikan resep Nasi Goreng Kampung. Cara membuatnya cukup mudah dan rasanya tak kalah lezat dengan jenis nasi goreng lain. Penasaran?

Resep Nasi Goreng Kampung
Sebenarnya saya nggak begitu tahu betul sih apa yang dimaksud dengan nasi goreng kampung. Tapi melihat tampilannya yang pucat ditambah dengan teri maka kali ini saya membuat versi saya sendiri. Kalau yang males main uleg maupun menghaluskan bumbu dengan blender atau food processor, mungkin resep ini boleh dicoba hehehe.

Bahan:
Segenggam teri nasi
Nasi untuk 2 porsi
1 butir telur ayam

Bumbu:
10 buah cabe rawit
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:
1. Iris halus cabe rawit, bawang merah dan bawang putih
2. Goreng teri nasi hingga kering atau berwarna kuning keemasan, sisihkan.
3. Tumis bumbu yang telah diiris halus hingga harum.
4. Masukkan telur (sisihkan dulu bumbu yang ditumis di pinggir), otak arik.
5. Masukkan nasi dan teri nasi aduk-aduk hingga rata.
6. Masukkan garam dan penyedap rasa sesuai selera hingga didapat rasa yang pas.
7. Sajikan.

Meskipun tampilannya agak pucat namun rasanya tak kalah dengan nasi goreng yang berwarna merah. Apalagi ada teri di dalamnya yang menambah citarasa.

Di saat puasa begini nasi goreng rasanya cocok dimakan saat sahur. Tapi kalau mau dimakan saat berbuka juga sah-sah saja. Lebih suka yang mana makan nasi goreng saat sahur atau berbuka?

Yang jelas nasi goreng mau dimasak bagaimanapun tetap lezat dan menggoda selera. Selamat mencoba resep nasi goreng kampung versi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar