Kamis, 16 Mei 2019

# blogger perempuan # challenge

Cara Menggunakan Panci Presto

pixabay.com

Tak diragukan lagi panci presto kian hari kian populer di dapur. Hal ini dikarenakan panci bertekanan tinggi ini memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain.

1. Kandungan Nutrisi Makanan Tetap Terjaga
Memasak dengan panci presto membutuhkan waktu yang relative singkat. Hal ini membuat makanan yang dimasak menjadi tetap sehat karena tidak kehilangan nilai gizinya, tidak seperti ketika kita memasak dalam waktu lama.

2. Lebih Cepat dan Hemat
Memasak menggunakan panci presto mempercepat proses memasak hingga 70 persen  dan menghemat energi hingga 50 persen daripada menggunakan panci biasa. Bisa dibayangkan ya masakan cepat tersaji plus irit lagi hihihi.

3. Serbaguna
Alat yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai hal, tidak hanya sekedar mengempukkan daging atau melunakkan tulang. Namun juga bisa digunakan sebagai oven maupun steamer, bisa juga digunakan sebagai panci maupun Loyang. Wah multifungsi sekali, bisa-bisa peralatan dapur nantinya tinggal si panci presto ini.

4. Suhu Dapur Lebih Dingin
Jika biasanya memasak membuat kita banyak mengeluarkan keringat dengan panci presto ini panas akan benar-benar ditahan di dalam panci sehingga suhu udara di dapur tidak terlalu panas.

5. Membersihkan Dapur Menjadi Lebih Mudah
Tutup panci presto yang rapat membuatnya tidak menimbulkan percikan. Hal ini menjadikan dapur lebih bersih dan tidak perlu repot untuk membersihkannya. Beberda ketika memasak dengan panci biasa yang mengakibatkan sisa percikan dimana-mana.

Lalu bagaimana cara menggunakan alat ini? Banyak yang bingung bahkan takut menggunakan panci bertekenan tinggi ini. Namun jika mengikuti petunjuk yang ada maka bisa dipastikan penggunaan panci ini akan aman. Berikut step by step menggunakan panci presto.

1. Periksa Panci Presto Dengan Cermat
Periksa panci dengan cermat, jangan sampai masih ada sisa masakan di dalam panci baik luar maupun dalam. Periksa gasketnya, gasket harus dalam keadaan baik, jangan sampai retak maupun rapuh. Jika ada bagian karet yang rusak, pastikan langsung menggantinya. Periksa juga lubang ventilasi (untuk model jiggle top) dan katupnya (model katup). Pastikan lubang ventilasi jelas terbuka atau katupnya bisa digerakkan.

2. Memasukkan Bahan Makanan
Takaran air juga penting untuk diperhatikan. Untuk model jiggle top dibutuhkan minimum satu gelas sedangkan model katup dibutuhkan setengah gelas. Takaran air ini cukup untuk memasak selama dua puluh menit. Yang perlu diingat, panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 total kapasitasnya. Jika memasak makanan yang menghasilkan buih maka pengisian maksimum adalah ½ dari total kapasitasnya.

3. Waktu Memasak
Memasak menggunakan panci presto tidak boleh ditinggalkan. Tandai berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tekanannya, pada saat itu kecilkan apinya. Jangan sampai terlewat karena terlewat beberapa menit saja masakan akan menjadi lembek.

4. Melepaskan Tekanan Pada Panci
Tidak seperti biasa, selesai memasak atau ketika panci sudah tidak mendapatkan panas lagi masih ada tekanan di dalam panci, sehingga untuk membuka tutupnya belum dapat dilakukan. Ada dua cara menghilangkan tekanan ini. Pertama membiarkan panci hingga tekanannya habis, cara ini memerlukan waktu hingga 20 menit dan masakan didalamnya masih mendapatkan panas. Sedangkan cara kedua adalah cara pelepasan cepat. Untuk model katup dangan membuka katup pengaman sampai uap habis baru membuka tutup panci.

Demikian cara menggunakan panci presto semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar