Senin, 13 Mei 2019

Cara ampuh Menghilangkan Jerawat

pixabay.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering muncul. Keberadaannya juga seringkali membuat resah, sehingga banyak orang terus mencari bagaimana cara untuk menghilangkannya.

Jerawat sendiri merupakan salah satu masalah kulit akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Tersumbatnya pori-pori kulit ini dapat menyebabkan peradangan yang disebut dengan jerawat tersebut. Ada banyak hal yang dapat menyumbat pori-pori ini antara lain sel-sel kulit mati,bakteri, dan kosmetik.

Agar terhindar dari jerawat ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain:
1. Bersihkan sisi kosmetik terutama sebelum tidur. Sisa kosmetik ini biasanya paling banyak menyebabkan jerawat.
2. Menjaga kebersihan kulit muka, caranya tentu saja dengan mencuci muka minimal dua kali sehari dengan sabun khusus kulit muka.
3. Gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit.

Namun terkadang jerawat muncul diakibatkan peningkatan hormonal atau kondisi kulit kepala yang berminyak. Hal ini tentu saja tidak dapat dihindarkan. Lalu bagaimana jika jerawat terlanjur muncul?

Jika jerawat terlanjur muncul ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, antara lain:
1.  Rutin bersihkan wajah, meskipun kadang terasa nyeri di wajah namun jangan sampai lupa untuk tetap membersihkan wajah
2. Jangan menyentuh area jerawat, jika terasa nyeri kompres saja dengan es untuk mengurangi rasa nyerinya.
3. Ketika jerawat bernanah jangan juga dipencet, hal ini akan menimbulkan bekas jerawat yang cukup mengganggu.
4. Atasi dengan obat jerawat, tapi tentu saja kenali dulu apa penyebab jerawatnya. Jika karena kurang menjaga kebersihan kulit muka bisa diobati dengan bedak salisil yang dioleskan ke jerawat. Bedak salisil akan membantu mengeringkan jerawat. Namun jika di karenakan bakteri maupun hormonal sebaiknya konsultsikan pada dokter.
5. Sabar menunggu jerawat hilang. Jerawat tidak akan hilang dalam waktu yang singkat, namun upaya mengusir jerawat yang dilakukan akan mempersingkat jerawat mampir di muka kita.


Itu dia tips menghilangkan jerawat, yang jelas kita harus tahu kondisi tubuh dan menjaga kebersihan diri agar terhindar dari si jerawat yang mengganggu itu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar