Rabu, 15 Mei 2019

Bagaimana Menghilangkan Bau Mulut?



Bau mulut seringkali membuat kita tidak percaya diri. Ada beberapa penyebab kenapa mulut kita memiliki bau yang tidak sedap antara lain kurang bersihnya mulut, adanya sisa makanan dalam mulut mengakibatkan mulut bau karena bakteri menghancurkan sisa-sisa makanan tersebut. Penyebab lain adalah gigi berlubang maupun gusi yang bermasalah. Sinusitis,mulut kering dan gangguan pencernaan juga menyebabkan bau mulut.

Nah agar bau mulut tak datang kita perlu melakukan pencegahan. Langkah-langkah yang bis ditempuh antara lain:

1. Menggosok gigi dengan baik dan benar
Selain menggosok gigi dua kali sehari, menggosok gigi juga harus dilakukan dengan baik dan benar.Seperti apa menggosok gigi yang baik dan benar? Yaitu menggosok gigi secara menyeluruh selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk membersihkn lidah juga.

2. Rutin mengganti sikat gigi.
Kapan terakhir kali mengganti sikat gigi? Apakah menunggu bulu sikatnya mengembang? Sebaiknya kita mengganti sikat gigi 3 bulan sekali agar dapat membersihkan gigi dengan baik.

3. Ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali
Dokter gigi jarang dikunjungi ketika gigi tidak bermasalah. Padahal penting untuk mendatangi dokter tiap enam bulan sekali.Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan gigi yang dapat menyebabkan bau mulut.

4. Konsumsi makanan sehat dan bergizi serta hindari rokok
Makanan yang sehat dan alami seperti buah dan sayur tidak menganduk zat kimia yang mengakibatkan mulut berbau busuk. Sementara produk tembakau sangat berpotensi menimbulkan bau mulut, sehingga jika tidak ingin bau mulut cobalah untuk berhenti merokok.

5. Perbanyak minum air putih
Air putih membantu menjaga kelembapan mulut dan juga membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut.

Bagaimana jika bau mulut itu sudah muncul, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Ketika bau mulut muncul kita perlu melakukan hal-hal yang dapat mengurangi bau mulut tersebut antara lain:

1. Kumur menggunakan mouthwash
Mouthwash merupakan cara mudah dan instant untuk mengusir bau mulut. Cukup kumur-kumur dan kesegaran akan langsung menyebar dalam mulut.

2. Makan-makanan penghilang bau mulut
Jika tidak sempat berkumur dengan mouthwash cobalah untuk mengunyah atau memakan makanan penghilang bau mulut seperti permen terutama rasa mint, permen karet ataupun buah dan sayur seperti kulit lemon dan peterseli.

Itu di acara mudah untuk menghilangkan bau mulut, lebih baik lagi kalau kita bisa mencegahnya dengan langkah-langkah di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:
1. https://www.tanyapepsodent.com/napas-segar/bau-mulut-inilah-penyebab-cara-mengatasi-dan-pencegahannya.html
2. https://www.alodokter.com/kenali-penyebab-bau-mulut-dengan-cara-mengatasinya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar