Sabtu, 11 Mei 2019

5 Tips Antisipasi Promo Belanja Online Agar Tak Terjadi Pemborosan




Promo belanja online saat Ramadhan ini pastinya gila-gilaan. Namn kebanyakan orang justru tidak jadi berhemat dengan adanya promo ini, malahan sebaliknya justru terjadi pemborosan dimana-mana.

Lho kok bisa?

Ya bisa saja, karena banyaknya promo akhirnya semua dibeli padahal sebenarnya tidak butuh. Wah sayang uangnya ya…. Supaya tak terjadi hal seperti itu yuk mulai antisipasi promo belanja online agar tak terjadi pemborosan. Bagaimana caranya?

1. Catat kebutuhan

Catatan itu penting, ibarat rel ketika memiliki catatan kebutuhan kita tidak akan keluar jalur yang tentu saja akan mengakibatkan pemborosan dan pembelian barang yang tak perlu.

2. Anggaran

Setelah mencatat kebutuhan kita juga harus menentukan anggaran belanjanya. Ingat ya ketika ada barang yang dibutuhkan dijual cek harganya apakah masuk dalam range  anggaran kita. Lebih bagus kalau dapat harga promo dan harganya di bawah anggaran hehehe.

3. Cek n Ricek

Jangan tergiur diskon besar. Tetap cek harga dan bandingkan antar toko. Terkadang ada yang memberikan diskon besar namun harga awalnya memang sudah tinggi, dan ketika dibandingkan dengan toko sebelah yang nggak diskon eh malah lebih mahal. Huhuhu bisa menyesal kalau kayak gini. Makanya cek n ricek ini penting banget.

4. Cek Ongkir

Bagi yang tinggal di kota besar saat ini belanja online cukup memudahkan dan ongkirnyapun murah bahkan gratis. Namun bagi yang tinggal di  kota kecil seperti saya ongkir terkadang cukup membebani. Bayangkan saja saya membeli barang seharga seratus lima puluh ribu rupiah eh ongkirnya bisa sampai 30-50 ribu. Mikir dua kali kalau kayak gini. Makanya saya tetap mempertimbangkan ongkir selain harga.

Ongkir plus harga barang harus lebih kecil atau sama dengan anggaran. Misalnya saya membeli baju seharga 30 ribu dari toko A dengan ongkir 10 ribu, sementara di toko B harga baju tersebut seharga 35 ribu namun ongkirnya Cuma 2 ribu maka menurut perhitungan saya masih lebih hemat belanja di toko B. Betul kan?

5. Siapkan Fisik dan Mental
Meski belanja online sepertinya tidak memerlukan kekuatan fisik namun tetap saja kita harus menyiapkan fisik dan mental. Demi penghematan dan terhindar dari penipuan kita harus duduk berjam-jam. Jelas pegel hehehe. Belum lagi kalau barang yang dicari tak jua ditemukan harga yang cocok, bisa bete dan manyun sendiri. Jadi tetap siapkan fisik, cermat serta teliti sebelum membeli.


Nah itu dia lima 5 tips mengantisipasi promo belanja online agar tidak terjadi pemborosan. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar