Minggu, 12 Mei 2019

3 Cara Praktis Atasi Ketombe

pixabay.com



Keberadaan ketombe di kulit kepala memang sangat mengganggu. Selain mengganggu ketombe juga menyebabkan berbagi efek samping antara lain:
1. Gatal

Gatal merupakan efek samping yang paling umum dialami oleh orang yang memiliki ketombe. Padahal dengan menggaruknya tidak akan menyembuhkan gatal itu sendiri justru malah membuatnya bertambah gatal.

2. Rambut Rontok

Ketombe dapat menyebabkan rambut rontok karena akar rambut tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik. Jika kerontokan rambut terus menerus terjadi akibatnya bisa menyebabkan kebotakan. Wah neri ya…

3. Psoriasis

Ini yang paling gawat, ketika ketombe makin menumpuk dan tidak dibersihkan akan menyebabkan psoriasis ini. Psoriasis adalah penyakit dimana kulit kepala bermunculan bercak merah yang tebal dan kulit bersisik.


Satu-satunya cara untuk mengatasi efek samping ketombe adalah dengan menyingkirkan ketombe itu sendiri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Dilansir dari liputan enam dot com saya pilih 3 cara yang cukup praktis karena bahannya selalu tersedia di rumah.

1. Menggunakan Jeruk Nipis

Potong jeruk nipis dan peras airnya. Tambahkan sedikit air pada perasan air jeruk tersebut lalu oleskan pada rambut. Diamkan sejenak, supaya meresap dalam kulit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata tak hanya baik untuk kulit tubuh, namun juga baik untuk kulit kepala. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala sambil dipijat-pijat agar minyaknya meresap. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Bawang Merah

Kupang bawang putih kemudian haluskan. Oleskan merata pada kulit dan diamkan beberapa saat hingga meresap. Bilas dengan air bersih. Tapi seperti yang diketahui efek bawang merah ini cukup panas.
Ketombe kadang datang bukan karena kita malas keramas namun ada faktor genetic dan lingkungan yang ikut berpengaruh. Semoga cara-cara di atas dapat menjur menghilangkan ketombe dan nggak balik lagi seperti iklan sampo di televisi. Menurut beberapa artikel ketombe bisa hilang, namun bisa muncul kapan saja. Jadi kalau salah satu cara di atas berhasil jangan lupa untuk menyimpannya.

Selamat mencoba semoga berhasil




Tidak ada komentar:

Posting Komentar