Kamis, 07 Maret 2019

# drama korea # review

The Last Empress, Ending Yang Tak Diharapkan

credit

Akhir-akhir ini saya sangat menikmati sebuah drama Korea baru di sebuah stasiun televisi swasta. Drama ini membuat saya kepo berat.

Drama ini berseting istana. Dalam kisahnya saat itu Korea merupakan negara monarki jadi masih memiliki seorang Kaisar sebagai Kepala Negara. Dan seperti biasa, kehidupan istana itu selalu penuh intrik.

Kita akan menemui tokoh super jahat yaitu Ibu Suri yang terlalu tamak terhadap kekuasaan dan wewenang. Hingga dia tega mengorbankan anak-anaknya demi itu semua. Anaknya yang naik tahta dijadikan bonekanya yang membuatnya terus dalam kebimbangan.

Kita juga akan bertemu Lee Hyuk sang kaisar yang sangat tidak bertanggung jawab. Dia selalu lari dari kenyataan dan tanggung jawab atas perbuatannya. Dia ingin selalu nampak tidak bersalah padahal dialah yang melakukannya. Selain itu karena hasutan ibu suri dia tidak percaya pada istrinya sendiri. Meski di akhir cerita sang kaisar akhirnya memilih jalannya sendiri.

Ada lagi gadis bernama Min Yu Ra. Di awal cerita dikisahkan gadis ini adalah asisten pribadi sekaligus kekasih kaisar. Namun ternyata diam-diam dia sudah memiliki kekasih bernama Na Wang Shik. Min Yu Ra juga memiliki seorang anak yang tak mau dirawatnya. Anehnya di drama ini dialah yang bakal hidup "bahagia" dengan kekasih pertamanya yang ternyata cukup mengejutkan. Hihi maaf ya spoiler. Tapi ini merupakan kejadian langka di kebanyakan drama.

Namun diantara ketiga tokoh jahat tersebut, ternyata ada tokoh yang super licik dan jahat tingkat dewa. Namanya Seo Kang Hee. Di awal cerita perannya hanya mencuri perhatian Kaisar. Dan ternyata pelayan ini merupakan sahabat permaisuri yang lama So Hyun yang meninggal dengan tidak wajar. Pelayan ini juga memiliki anak dari Kaisar yang bernama Putri Ari. Dalam perjalanannya ternyata tokoh inilah yang super duper jahat dan terbongkarlah satu persatu kejahatannya. Mulai dari politik mendapatkan kekuasanaan hingga pembunuhan terhadap orang-orang yang menghalangi jalannya.

Penjahat dalam film ini memang cukup mengerikan, namun tokoh pejuang tangguh yang ingin memperbaiki keadaan istana adalah Permaisuri baru Oh Sunny. Oh Sunny awalnya merupakan aris teater musikal. Dia terjebak dalam alibi yang dibuat Kaisar untuk menutupi kesalahannya dan akhirnya mereka menikah. Apalagi Oh Sunny memang telah lama menyukai Kaisar.

Sayangnya Kaisar yang tidak mencintai Oh Sunny malah mengabaikannya. Bahkan percobaan pembunuhan terhadap permaisuri terus dilakukan. Namun Oh Sunny tidak menyerah, dia mengungkap satu persatu kejahatan keluarga Kaisar. Tentu saja Oh Sunny tidak sendiri ada orang-orang di belakangnya seperti Chun Woon Bin, Pak Byun (ayah permaisuri So Hyun), dan Pangeran Lee Hoon (putra mahkota).

Oh Sunny sudah bertekad untuk mengusut kematian Permaisuri So Hyun yang tidak wajar serta membersihkan namanya atas tuduhan pembunuhan terhadap Nenek Suri. Di balik itu Oh Sunny mendapati kenyataan yang mengejutkan karena kematian ibunya ternyata ada sangkut pautnya dengan keluarga kekaisaran.

Chun Woon Bin sebenarnya adalah Na Wang Shik yang menyamar. Dia sengaja menjadi pengawal istana dan menjadi tangan kanan Kaisar untuk membalaskan dendam atas kematian ibunya. Na Wang Shik membuat teror untuk Kaisar tanpa ketahuan identitas aslinya. Pengawal istana ini juga selalu mellindungi Oh Sunny dari kejahatan Kaisar, Ibu Suri dan antek-anteknya. Sayangnya cintanya kepada Oh Sunny bertepuk sebelah tangan karena ia mencintai Kaisar meski mendendam dan Kaisar pun akhirnya mencintai Oh Sunny.

Satu tokoh yang mengetahui perihal kematian Permaisuri So Hyun adalah Pangeran Lee Hoon. Dia menyamar sebagai Vincent Lee dan menulis buku yang ceritanya mirip dengan yang terjadi pada istana. Ibu Suri sempat resah dengan hal ini, namun novel ini merupakan kunci bagi Oh Sunny untuk mengungkap kematian permaisuri So Hyun, meskipun pada awalnya kita akan digiring untuk menuduh Kaisar sebagai pelakunya.

Selain tokoh utama di atas ada juga tokoh-tokoh lain seperti ayah dan saudara Oh Sunny yang menjadi dendam kepada istana karena perlakuan yang buruk terhadap Oh Sunny. Ada juga Kang Joo Seung yang awalnya dikira sudah mati namun ternyata masih hidup dan menjadi saksi kunci atas rahasia Pulau Chungeum. Rahasia pulau ini akan diungkap di akhir cerita dan ternyata cukup mencengangkan.

Drama ini cukup menarik untuk diikuti, sayangnya di akhir cerita agak mengecewakan. Jika di pertengahan hingga akhir Kaisar mulai mencintai Oh Sunny jangan harap di akhir cerita mereka akan hidup bahagia bersama. Nasib Na Wang Sik alias Chun Woon Bin pun sebelas dua belas dengan Kaisar. Dan seperti yang sudah diceritakan di awal yang hidup "bahagia" pada akhirnya adalah Min Yu Ra. Ah betul-betul bukan ending yang diharapkan. Namun secara keseluruhan ceritanya tetap menarik ya meski banyak kejahatan, trik dan intrik yang cukup rumit di dalamnya.

Saya kasih bintang empat untuk drama ini deh. 

6 komentar:

  1. Mantap sinopsisnya Wida, berasa lg didongengin 😄. Sambil pelatihan tetep produktif, sukses ya 👍👍

    BalasHapus
  2. Untung BW ke sini...jadi enggak perlu nonton berlama-lama lagi, udah ketauan ceritanya.. Thanks mbak..

    BalasHapus
  3. Endingnya Seo Kang Hee bakal gimana tuh mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh jadi spoiler nih, yang jelas dia dapat hukuman yang setimpal atas kejahatannya

      Hapus