Minggu, 17 Februari 2019

# buku # review

Membuat Bunga Dari Sedotan? Gampang Kok


Judul Buku: Kreasi Bunga Dari Sedotan
Penulis: Herry Cahyo Sasteodiwiryo
Penerbit: Puspa Swara

Buku ini memang bukan buku baru. Namun buku yang saya punya ini sudah cetakan ke lima belas lho pada tahun 2009. Cetakan pertamanya tahun 2002. Wah keren ya.

Saat pertama membeli buku ini sedang trend membuat bunga dari sedotan. Bahkan anak-anak SD pada masa itu memiliki tugas membuat prakarya bunag sedotan ini. Awalnya saya dimintai tolong oleh atasan saya membelikan bahan-bahan membuat bunga sedotan untuk keperluan tugas sekolah anaknya, eh saya malah ikutan beli hihihi. Latah ya.

Nah sayapun akhirnya berkreasi menggunakan buku ini. Sayangnya kreasi saya waktu itu saya tinggal di rumah kos di Samarinda karena pindahnya jauh ke Riau. Itu sebabnya saya tidak membawanya. Dan buku-buku ini tenggelam dalam tumpukan kardus. Baru beberapa waktu lalu kami memiliki perpustakaan pribadi dan akhirnya buku ini saya temukan kembali.

Buku ini cukup tipis hanya terdiri dari 82 halaman. Langkah-langkahnya cukup jelas hanya saja untuk isinya belum full colour. Halaman berwarna hanya di beberapa halaman saja yang berisi hasil karya bunga dari sedotan ini. Yah lumayanlah cukup menghibur ketika bosan membaca tutorial, atau malahan pas tidak berhasil membuat bunganya.

Oya sedotan yang digunakan dalam buku ini adalah sedotan besar yang warna warni itu. Bukan sedotan kecil yang biasa kita pakai minum es teh ya … Jangan lupa beli juga perlengkapan bunga yang lain seperti kelopak bunga, kawat, daun plastik dan lain-lain.

Tutorial di dalamnya menurut saya cukup jelas disertai gambar yang memudahkan kita mengikuti step by step membuat kreasi bunga dari sedotan ini. Namun yang namanya keterampilan perlu jam terbang untuk membuat kreasi yang sempurna. Jadi jangan berkecil hati ketika praktek untuk pertama kali hasilnya kurang memuaskan.


Jika ingin menjadikan bunga sedotan ini menjadi bisnis di beberapa halaman akhir terdapat Bab Prospek Bisnis yang mengulas tetang modal, harga jual dan keuntungan. Margin keuntungannya hmmm… cukup menggiurkan lho, di kisaran 50 persen! Hahai saya kok malah jadi tertarik untuk menjadikannya bisnis ya?

18 komentar:

  1. Wah kreatif sekali. Saya tuh paling menyerah dengan yang namanya kerajinan tangan.

    Melihat tulisan ini jadi membuat ingin mencoba hehehe.. Bolehlah nanti kapan-kapan saya coba

    Terima kasih informasinya ya Bun

    BalasHapus
  2. Sy prnh coba ba, tp ko g mudah y.. Apa krn kurang telaten y hehehe. .Sodara sy ada yang sering bikin , bhkn sudah byk orderan dr mana2..bikin yg dr platik juga ba

    BalasHapus
  3. Saya sangat mengapresiasi teman2 yang telaten berkarya dengan jari jemarinya. Saya termasuk penyuka kerajinan tangan. Tapi saya lebih sering males bikinnya, hahaha :D

    BalasHapus
  4. Hmmm. Mungkin bisa dimanfaatkan pada limbah sedotan :)

    BalasHapus
  5. Waw kreatif ya, dari sedotan biasa bisa jadi lahan "pendapatan" dengan nilai jual lebih tinggi pastinya. Semangat berkarya mba... 👍

    BalasHapus
  6. Pernah nih bun bikin bunga dari sedotan pas SMP tapi bunganya ga sebagus ini hehe. Sekarang saya juga udah lupa lagi gimana cara bikinnya. Kreatif bun

    BalasHapus
  7. huaaa waktu SMP dan SMA dulu juga suka buat kreasi2 gini, seingatku dulu pernah buat bunga dari pita gitu, pernah juga dari pipet kecil2. duuh jadi kangen berkreasi :)

    ayoo Mbak, dibuat bisnis aja klo memang ada waktu buatnya ;)

    BalasHapus
  8. Wah bukunya bagus nih .. bisa juga dijadikan ide usaha

    BalasHapus
  9. Bunga dari sedotan? Kayaknya, waktu kecil dulu saya juga sering membuat aneka kreasi dari sedotan. Salah satunya adalah bunga. Ternyata, kalau diseriusi bisa dibuat menjadi kreasi yang lebih keren dan bisa bernilai jual, ya, Mba....

    BalasHapus
  10. Saya nggak sabaran jika harus berhubungan dengan kreasi tangan mbak, hehe.
    Btw halaman yang full gambar dan nggak terlalu tebal, sangat menggugah selera untuk segera mengeksekusinya.

    BalasHapus
  11. Ingat zaman SD, lagi musim bikin bunga dari sedotan, tapi sedotan yg kecil2. Sekarang udah lupa cara bebikin kreasi dr sedotan. Ternyata kalau sesuatu itu ditekuni, bakal bernilai jual y mbk.

    BalasHapus
  12. Saya dulu pernah coba bikin bunga dari sedotan mbak, mengasyikkan

    Tapi sekarang udah lupa euii gimana caranya, ntar mau coba bikin lagi

    BalasHapus
  13. Jaman saya SD, kalau buat prakarya di sekolah pake sedotan wah jadi semangat. Sedotannya tapi pakai yang kecil, buat hiasan gantungan yang berbentuk bintang, bulan. Sekarang udah lupa kalau suruh buat. Hahahah

    BalasHapus
  14. Wah...bisa untuk mengasah kreativitas anak ya...tfs mb...

    BalasHapus
  15. Sudah sering liat bunga yang dibuat dari sedotan plastik. Kreatif banget ya kalau bisa bikin bunga seperti itu cuma saya gak tahu cara buatnya dan gak punya bukunya juga hehe. So bagus banget kalau punya bukunya bisa langsung praktik ya Mbak��

    BalasHapus
  16. Hasta karya yang kreatif sekali. Saya juga pernah belajar membuat dekorasi cantik dari sedotan bekas pakai. Keren dan inovatif

    BalasHapus
  17. Wah bisa jd peluang usaha ys mb buat ibu-ibu yang mau mngisi wzktu. Bernilai ekonomi juga, leten dah
    .

    BalasHapus
  18. Boleh nih Mbak buat kreasi dengan anak-anak di rumah, kalau yang suka bisnis bisa jadi peluang bisnis nih...

    BalasHapus