Kamis, 03 Januari 2019

Trip To Sumbar


Sumatera Barat memang selalu memesona, keindahan alamnya tiada tara. Mulai dari pemandangan dengan latar pegunungan dan hamparan sawah hingga pantainya yang jelita. Meskipun perjalanan kali ini bukanlah ke tempat wisata alam mengingat membawa bocah-bocah kecil namun tetap asyik dan seru plus bisa dijadikan rekomendasi destinasi wisata di Sumatera Barat.

1. Mifan Waterpak & Resort, Padang Panjang

Ini adalah tujuan pertama kami. Kami berangkat dini hari supaya bisa sampai sini pagi. Perjalanan sekitar 5 jam. Pas sampai sana ternyata belum buka hehehe. Akhirnya nungguin sambil sarapan. Untung anak-anak masih mau bersabar.

Disini fasilitasnya cukup lengkap sebenarnya ada penginapan yang terdiri dari 12 rumah gadang, 33 cottage superior, 2 cottage excecutive deluxe, 4 unit rumah pohon dan 2 unit rumah bulat. Kami pernah menginap disini waktu acara kantor dengan menyewa rumah gadang. Tempatnya bersih dan nyaman. Selain penginapan tempat ini juga menyadian meeting room, outbound area, cinema 4D, aneka permainan anak, dan yang paling kami sukai adalah kolamnya. Ada kolam Olimpic, kolam ombak, kolam anak dengan ember tumpah raksasa dan seluncuran yang cukup tinggi yang bisa memacu adrenalin kita. Sayangnya tempat bilasnya kurang bersih. Namun anak-anak puas main disini. Kami main hingga tengah hari dan lanjut ke destinasi berikutnya.

2. Kebun Binatang Kinantan, Bukittinggi

Kira-kira satu jam dari Padang Panjang kami tiba di Kebun Binatang Kinantan, Bukittinggi. Jalanan disini sempit dan macet. Tempat parkirnya juga sedikit sehingga banyak kendaraan yang parker di tepi jalan. Terlebih kebun binatang ini dekat dengan Jam Gadang yang lumayan ramai.

Berbagai macam binatang terdapat disini. Ada kijang, aneka macam burung, ular, gajah, orang utan, merak, singa, harimau, beruang madu dan lain-lain. Taka da wahana bermain, hanya ada foto dengan ular, ada juga akuarium ikan. Meski demikian suasana disini sangat asri, uniknya Kebun Binatang Kinantan ada Jembatan Limpapeh yang menghubungkan kebun binatang dengan benteng Fort de Kock

3. Jam Gadang, Bukittinggi
Selesai melihat-lihat hewan disini kamipun melanjutkan perjalanan ke Jam Gadang. Disni terkenal dengan wisata belanja, harga barang-barang disini cukup murah sehingga ramai dikunjungi wisatawan. Jam Gadang kini juga memiliki air mancur menari yang sangat menarik.

4. Lapangan Kodim 0304 Agam
Malamnya kami menginap di hotel sakato. Letaknya cukup strategis, dekat kodim. Di malam hari terdapat aneka kuliner di seberang hotel. Berbagai menu disajikan, mulai dari nasi goreng, bakso, es durian dan lain-lain. Di dalam lingkungan hotel terdapat Roti Durian yang didapuk menjadi oleh-oleh khas bukittinggi.

Paginya kebetulan hari minggu dan ternyata lapangan tersebut menjadi area olahraga. Ada pasarnya juga yang menjual aneka makanan, mainan, hewan, fashion dan tanaman hias. Sebenarnya pengen beli tanaman hias yang cantic-cantik itu tapi takut mati, soalnya di dalam mobil kan panas dan perjalanan masih memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk pulang. Akhirnya kami membeli baju anak-anak, jilbab dan aksesoris untuk Si Tengah.

Sekitar jam 9 kami bertolak dari Hotel Sakato menuju Payakumbuh.


5. Lembah Harau, Lima Puluh Kota



Sebenarnya mampir ke tempat ini tidaklah direncanakan. Namun karena hari masih siang kami mencoba mampir kesini. Daaaannn pemandangan indah tersaji. Wilayah ini dikelilingi tebing tinggi. Terdapat beberapa air terjun dan banyak yang bisa dinikmati disini. Ada rumah Barbie, berkuda, mandi air terjun, sepeda gantung, naik sampan ataupun hanya sekedar berselfie ria.

6. Kelok Sembilan, Lima Puluh Kota

Padatnya lalu lintas dari Riau ke Sumatera Barat dan sebaliknya sering mengakibatkan macet di wilayah ini. Sehingga pada tahun 2003 pemerintah mulai membangun jembatan laying di kelok 9 ini. Dan jadilah Kelok Sembilan ini sebuah icon Sumatera Barat. Apalagi bagi warga Riau, rasanya belum afdol kalau belum melihat kegagahan Kelok Sembilan.

Sambil rehat kita bisa memesan makanan ringan ssperti jagung bakar, mie instan maupun kopi. Karena fungsinya juga sebagai rest area disini juga terdapat toilet, namun jangan kaget kalau airnya sedingin es hihihi. Disini juga banyak jasa fotografer lepas yang bakalan membidik kita dengan kameranya dan langsung mencetaknya, jadi siapkan gaya terbaikmu ya….


Itu dia perjalanan kami dalam tur yang singkat selama sabtu-minggu beberapa bulan lalu. Semoga bisa menjadi referensi.




22 komentar:

  1. masih tetap impiannn kami sekeluarga nih Bun, bisa berkunjung ke bumi sumatera, semoga tahun ini bisa tercapai

    BalasHapus
  2. belum pernah ke Sumbar, pernah ke Sumatra pas itu trip ke Krakatau sama Pahawang doang heee. Jadi kepengin juga Sumbar. Makasih bun sharingnya, untuk to do list pas ke sumbar nih ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, masih banyak sebenarnya objek wisata sumatera barat

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya penasaran sama kelok sembilan, kayaknya Keren banget, ya. Pengen lihat aslinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak takjub lihatnya, biasanya jalan layang kan di kota besar, lha ini diapit bukit tinggi nan menjulang

      Hapus
  5. Kota Lima Puluh juga ada di Sumut lho Mbak. Penasaran dengan Sumbar, terutama jam gadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mirip namanya ya mbak, pengen juga nih jalan-jalan ke Sumut

      Hapus
  6. Penasaran dengan ikon kota Padang, Jam Gadang. Tapi pengen juga lihat Kelok Sembilan dan keindahan alam Sumbar lainnya. Dari dulu, Sumbar memang terkenal dengan keindahan alamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak, Jam Gadang iconnya Sumatera Barat berada di Kota Bukittinggi. Sekarang ada air terjun menarinya juga lho

      Hapus
  7. Seru banget jalan2nya. Pasti happy ya anak2 jalan2 di tempat2 asri khas sumbar begitu.
    Btw, akhir tahun kemaren, suami ku juga kena macet tuh di Kelok Sembilan, ternyata emang sering macet ya disitu. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum dan sesudah kelok sembilan itu jalannya sempit mbak , dan hari libur memang banyak yang pergi ke Sumatera Barat. Alhamdulillah anak-anak menikmati, asal logistik penuh nggak rewel deh hihihi

      Hapus
  8. Mudah-mudahan banyak rezekinya bisa jalan-jalan ke Sumbar

    Hobby banget deh kalo masalah jalan-jalan tingga ngukur kedalaman kantong dan dompetnya aja lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, semoga bisa kesini ya Mbak, sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisatanya.

      Hapus
  9. Senang ya Mbak, bisa mengunjungi banyak tempat wisata dalam waktu singkat. Sumbar salah satu Provinsi yang banyak tempat indah dan bersejarah.. wonderful Indonesia.

    BalasHapus
  10. Impian saya bisa plesir ke lembah harau mb. Indah banget kayaknya.

    BalasHapus
  11. Sumatera Barat nih biarpun nggak se-hits Bali dan Lombok ternyata nggak kalah keren ya mbak. Mupeng ih pengen jalan-jalan ke sana hihi

    BalasHapus
  12. Penasaran banget sama kelok sembilan ini, Bund. Kudu ke sana kapan waktu, ah!

    BalasHapus
  13. Hemmm belum pernah ke pulau sumatera. Semoga Allah izinkan..

    BalasHapus
  14. Saya juga punya mimpi ke Padang, nih. Pernah punya teman2 dari Padang Pas merantau dulu. Mereka asyik2.
    Sekarang, Padang lebih sering dipromoin wisatanya ya, Mbak. Sip. Nice info :)

    BalasHapus
  15. Sumbar tuh yg paling terkenal jam gadangnya y selama ini
    Padahal ada banyak tempat wisata lain yang enggak kalah menarikny
    Aku jadi pengin mengeksplore semua tempat ini
    Moga2 ada kesempatan pergi ke sanaa aamiin

    BalasHapus