Jumat, 04 Januari 2019

Tips Mudah Membuat Kripik Pisang Anti Gagal

Mertua saya itu kalau masak apa-apa pasti enak. Apalagi kalau dibawa ke kantor, dalam hitungan menit langsung ludes. Jadi penasaran dong, gimana sih membuat makanan yang enak dan digandrungi orang. Kebetulan beberapa waktu lalu mertua saya membuat kripik pisang. Kripik pisangnya tuh renyah banget dan nggak terlalu manis. Setelah saya intip ini tipsnya biar kripik pisang kita jadinya renyah dan gurih.

1. Pemilihan pisang

Pisang yang dipakai bisa pisang kapok atau pisang tanduk. Kalau pisang kapok biasanya memiliki tekstur yang lebih keras, sedangkan pisang tanduk walaupun renyah tapi rapuh dan tidak sekeras pisang kapok kalau digigit. Yang perlu diperhatikan adalah pisang yang akan digunakan untuk kripik haruslah sudah tua namun belum matang. Kalau saya perhatikan kulit buahnya benar-benar masih hijau sebelum dibuat kripik.

2. Goreng Menggunakan Mentega

Agar mendapatkan rasa yang gurih, minyak untuk menggoreng dicampur mentega. Perbandingannya mungkin satu banding satu. Oya selama menggoreng ketika kripik hampir matang diperciki dengan air gula agar rasanya gurih mantap, asin dan manis gitu. Setelah diperciki ini tunggu hingga minyak tak bersuara lagi lalu angkat. Oya untuk memercikkan air gula ini cukup dengan daun yang telah disobek-sobek kemudian diikat sehingga menyerupai kuas, kalau mau pakai alat yang lain boleh juga sih, tapi jangan pakai sendok hehehe.

Untuk takaran minyak dan mentega perbandinganya 1 banding 1. Iya memang perlu banyak mentega untuk memberikan rasa pada pisangnya.

3. Langsung Di Potong Di Atas Wajan

Memotong pisangnya dadakan ya… Jadi setelah pisang dikupas dan dicuci tidak langsung dipotong. Melainkan dipotong langsung di atas wajan. Jadi si penggoreng sekaligus berperan sebagai pemotong. Kebayang kan? Ambil satu pisang potong-potong menggunakan alat pemotong tapi yang langsung masuk ke wajan. Mungkin untuk menghindari warna pisang yang biasanya kecoklatan kalau lama terkena udara.

Wah sederhana banget ya ternyata, sayapun takjub melihatnya. Dan hasilnya jangan ditanya, nggak cuma saya tapi anak-anak juga suka. Apalagi ini cemilan sehat ya homemade pula. Hahaha kapan-kapan kalau ke pasar beli pisang mentah ah….


Selamat praktek ya, semoga tips sederhana ini bermanfaat. 

7 komentar:

  1. Keripik pisang...kesukaanku. Ternyata bikinnya repot juga. Pantaslah klo yg enak harganya mahal 😊.

    BalasHapus
  2. Baru tahu rahasianya yg diperciki air gula waktu masih digoreng. Nggak bledhoskah mbak minyaknya?

    BalasHapus
  3. Waawww ini to rahasia bikin kripik pisang biar renyah dan gurih...Pengen nyoba ahh... Secara praktis dan mudah ya baca resepnya. Anak2 dan suami suka nyemil sih... Thx ya tips nya mbaa

    BalasHapus
  4. Oh ternyata begitu ya rahasianya. Makasih mba udah berbagi tips dan triknyaa bikin keripik pisang ini

    BalasHapus
  5. Trimakasih. Mbak sudah berbagi tips membuat kripik pisang. Kelihatannya mudah ya, tapi yang nomor 3 kayaknya sangat menantang bagi saya. Kapan2 coba ah bikin se diri

    BalasHapus
  6. wahhh kalo tipe saya begini
    mending beli jadi mb
    wwkwkwk

    BalasHapus
  7. patut dicoba nih. secara di rumah banyak pisang

    BalasHapus