Minggu, 06 Januari 2019

# challenge # review

Mudah Kelols Bisnis dan Pekerjaan Dengan Agenda Bekerja dan Berbisnis


Di era digital ini banyak orang yang memiliki lebih dari satu pekerjaan. Biasanya mereka masih memiliki gaji yang kurang dari pekerjaan utama atau melakukan pekerjaan sampingan karena memang hobi. Contohnya karyawan yang juga memiliki bisnis tanaman hias, atau karyawan yang juga pemiliki toko kelontong dan lain-lain. Namun banyak yang merasa kewalahan menjalani dua peran sekaligus, sebagai karyawan dan sebagai owner bisnis. Kini hadir sebuah agenda yang lengkap untuk pekerja yang juga berbisnis.

Buku agenda ini ditujukan kepada ibu-ibu atau perempuan, karena biasanya wanita memang lebih sering melakukan multi tasking dibanding laki-laki. Kenapa dicatata dibuku bukan di android?Ada beberapa alasan antara lain
1.   Buku lebih fleksibel, kapan saja bisa dibuka, tidak ada resiko file terhapus palingan buku rusak  terkena air.
2.  Mengurangi dampak buruk gadget seperti radiasinya yang beresiko terhadap kesehatan badan dan mengurangi dampak buruk bagi mata yang terus-terusan terpapar sinar dari gadget.
3. Tidak akan rebutan dengan anak,zaman sekarang anak-anak sering kecanduan gadget, melihat orang tuanya memegang gadget pasti juga akan ikut memegang, akibatnya anak dan orang tua malah jadi rebutan hehehe.

    Seperti apa spesifikasinya?

1.   Buku ini dibuat dengan kertas HVS 80 gram
2.   Terdiri dari 144 halaman
3.   Ukuran buku 15 x 10,5 (setengah A5)
4.   Warna isi dual tone
5.   Hard cover, laminasi doff, emboss, spot uv
6.   Blinding: blok lem pakai benang

Lalu apa saja yang bisa dilakukan dengan buku ini? Ada 9 kotak yang bisa kita isi menggunakan buku ini. Antara lain:
1.   Hari dan Tanggal
      Tulis hari dan tanggal dimana kita akan melakukan kegiatan.
2.   To Do List Kantor
       Isi to do list kantor disini. Kalau sudah dilakukan beri tanda ceklis pada kotak kecil sebelah       kiri. Saya biasanya menulis to do list kantor ini pagi setiba di kantor atau malam sebelumnya.     Ketika satu pekerjaan selesai tinggal melihat catatan untuk melakukan pekerjaan berikutnya.
3.   To Do List Bisnis
     Nah kalau ini saya kerjakan di luar jam kantor atau di sela-selanya ketika pekerjaan kantor      tidak terlalu padat. Kalau pesan mentor bisnis saya The Indari Mastuti kita harus menentukan  jam kerja untuk bisnis. Jadi saya memilih di pagi hari, siang saat istirahat dan malam ketika  bocah sudah terlelap.
4    To Do List Rumah
      Jadi nggak cuma melulu to do list kantor dan to do list bisnis ada juga to do list rumah. Kalau    hari libur daftar yang saya bikin bisa panjang, tapi kalau di hari kerja paling cuma nyuci doing  hehehe.
5.   Masalah Hari Ini
      Apa masalah yang ditemui hari ini bisa dituliskan disini. Masalahnya boleh apa saja ya, boleh    tentang kantor, bisnis atau tentang rumah.
6.   Solusi Hari Ini
      Nggak cuma masalah yang ditulis, solusi juga harus ditulis. Biar kita selalu aktif memikirkan     solusi atas masalah yang dihadapi.
7.   Syukur Hari Ini
    Bahkan bersyukurpun juga ditulis, memang sih ya syukur itu harus dilakukan setiap hari.    Karena ada saja anugerah Yang Maha Kuasa kepada kita.
8.   Omzet Hari Ini
      Yang ini ditulis secara global saja sih tidak per transaksi, soalnya kolomya kecil. Misalnya hari   ini saya dapat transferan menulis 350 ribu. Yang ditulis disini jelas ya omzet bisnis saja.
9.   Perbaikan Untuk Besok
    Hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin bukan? Hal ini diakomodir pada kolom ini.  Perbaikan apa yang harus dilakukan untuk besok dalam mencapai tujuan kita baik bisnis,      kantor maupun rumah.
10. Catatan
   Pada delapan lembar terakhir berisi catatan. Di catatan ini kita bisa menuliskan apa saja  termasuk ide promo, ide membenahi rumah, ide mempercepat pekerjan kantor dan lain      sebagainya.



                
Wah ternyata banyak ya yang bisa dilakukan dengan buku agenda ini. Sayapun merasa terbantu dengan adanya buku agenda ini. Seperti misalnya ketika to do list bisnis mengharuskan saya menyapa 100 orang sehari, maka saya harus melakukannya kemudian setelah itu saya akan update status misalnya. Jadi gak akan mati gaya atau bingung dengan apa yang akan dilakukan setelah ini.

6 komentar: