Sabtu, 12 Januari 2019

# Obrolan # tips

Manajemen Hutang, Resolusi 2020 Bebas Hutang


Dua tahun silam saya mengikuti sebuah kelas bayar suka-suka yang diadakan oleh Indscript. Judulnya The Power of Celengan. Kelasnya langsung dipandu mentor kece The Indari Mastuti. Waktu itu saya masih kondisi cuti setelah melahirkan anak ketiga. Dan alhamdulillah materi langsung bisa dipraktekkan.

Dalam training tersebut dibahas bagaimana sebuah celengan bisa untuk memenuhi kebutuhan masa depan, melunasi hutang, memotivasi kita untuk bekerja lebih keras dan cerdas. Hah?! Bagaimana bisa sebuah celengan dapat melakukan banyak hal untuk perbaikan diri?

Jadi begini sodara-sodara, uang yang akan kita masukkan celengen itu sudah ada alokasinya untuk apa. Misalnya biaya anak sekolah, perkirakan berapa biaya pembangunan untuk masuk sekolah beberapa tahun ke depan, breakdown keperluan tersebut boleh dalam hari, minggu atau bulan. Misalnya anak saya yang mau masuk SD uang pembangunannya 4 juta. Maka dalam setahun saya harus menabung kurang lebih 350 ribu rupiah per bulan selama 12 bulan.

Keperluan kita kadang kan nggak cuma satu, misalnya yang satu lagi beli lemari seharga 3 juta dalam waktu 6 bulan ke depan. Maka saya harus menabung 500 ribu per bulan. Dan keduanya disimpan dalam celengan yang berbeda. Celengan tersebut harus ditulisi ya, celengan pertama biaya anak sekolah, celengan kedua beli lemari.

Contoh di atas saya buat per bulan karena saya adalah seorang karyawati yang gajiannya tiap bulan. Beda sama ibu-ibu yang punya bisnis gajiannya kan tiap hari, jadi nabungnya juga bisa di breakdown per hari.

Di akhir materi kami dapat bonus materi manajemen hutang. Bagaimana melunasi hutang-hutang yang sudah ada dengan baik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Catat Semua Hutang

Catat semua hutang yang kita miliki dengan rinci. Mulai dari jumlah hutang, hutang kepada siap dan kapan ingin dilunasi. Nah waktu ini akan menentukan berapa jumlah tabungan per hari.

2. Tentukan Jumlah Tabungan Per Hari

Misalnya kita ada hutang 4 juta di tempat si A. Mau dilunasi dalam waktu 200 hari maka per hari harus menabung sebanyak 20 ribu rupiah.

3. Tulis di Celengan

Celengan yang digunakan bukan sekedar celengan. Agar lebih greget maka tulisi celengan sesuai dengan tujuan, yaitu melunasi hutang A, jumlah hutang yaitu 4 juta, dan jangka waktu pelunasan yaitu misalnya 13 Januari sampai 31 Juli.

4. Buka Celengan Pada Hari H
Setiap celengan sudah memiliki masanya, baik untuk keperluan hutang maupun yang lainnya. Maka buka celengan pada hari H, sesuai dengan yang sudah kita tuliskan.

Itulah langkah-langkah sederhana memanajemen hutang. Alhamdulillah walaupun berat di awal, namun meniatkan melunasi hutang saja rezeki sudah lumayan mengalir. Dan berdasakan hitungan kami Insya Allah bebas hutang tahun 2020. Semoga tercapai. Amiin.

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar