Kamis, 31 Januari 2019

# Cerita # lomba

Lima Pertimbangan Memilih Smartphone Andalan


Membeli smartphone itu tidak seperti membeli baju, begitu ada yang eyecacthing lansung ambil. Namun ada banyak hal yang harus ditelisik terlebih dahulu. Enggak mau kan sudah beli baru eh enggak tahunya cuma bisa download sedikit aplikasi karena RAMnya kecil. Atau malahan desainnya sudah kece badai eh cepat habis baterai, bisa bikin mati gaya kalau begini.

Makanya membeli barang yang satu ini tuh sudah ibarat kayak memilih jodoh, Harus dipertimbangkan bibit, bebet dan bobotnya agar mendapatkan yang terbaik. Kalau smartphone ya enggak segitunya juga ya. Namun kita tetap harus menetapkan standar smartphone yang akan menjadi gadget andalan kita.

Ngomong-ngomong soal standar saya juga memiliki pertimbangan tersendiri sebelum membeli smartphone. Nggak banyak sih cuma lima saja.

  1. RAM
Hari gini Ram satau atau dua GB itu sudah uzur. Coba deh lihat lagi gawai lama yang RAM nya segitu. Bisa download apa? Pasti banyak aplikasi yang sudah tidak tersisa, palingan tiga sampai lima aplikasi saja. Makanya saya selalu ngecek RAM yang minimal 3GB agar bisa senang menyusuri playstore dan mendownload aplikasi pilihan yang sekarang makin ciamik.

2.            Kamera
Zaman now kamera smartphone sudah menjadi andalan untuk selfie. Kamera menjadi pertimbangan tersendiri. Yah nggak usah tinggi-tinggi banget lah. Minimal 13 MP kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan.

3.            Baterai
Kami sekeluarga memiliki hobi jalan-jalan. Makanya untuk pilihan baterai sebisa mungkin memiliki daya yang besar. Jadi pas sampai di tempat tujuan jangan sampai baterai malah ngedrop kalau kayak gini gimana mau mengabadikan momen seru ya…. Nah untuk yang satu ini cobain deh pilih smartphone yang memiliki daya minimal 4000 mAh.

4.            Speaker
Saya termasuk yang suka menonton video baik yang lucu maupun demo masak. Nah agar bisa lebih dimanjakan dengan tontonan video tentu smartphone juga harus ditopang dengan speaker yang mumpuni. Supaya tidak sakit telinga ketika mendengarnya berbunyi hehehe.

5.            Harga
Jadi tidaknya membeli sebuah barang tergantung pada satu hal ini. Jadi tetapkan budget sebelum membeli. Namun tetap harus rasional dalam menetapkannya, jangan mau fitur yang high class tapi harganya terlalu rendah. Kalau saya sih untuk sementara ini budget tertinggi adalah 3 juta rupiah. Nggak ketinggian dong ya karena dua tahun lalu saya sudah membeli gawai dengan harga di kisaran 2,5 juta rupiah boleh dong kali ini naik kelas.



Nah ngomong-ngomong soal fitur tadi saya jadi kesengsem dengan sebuah smartphone yang masuk dalam kriteria saya. Yaitu Asus Zenfone Max M2. Memangnya apa saja kelebihannya sampai bisa dibuat kesengsem?

  1. RAM
Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, RAM minimal 3GB adalah batas standar. Nah Asus Zenfone Max M2 ini memiliki dua macam RAM. Ada yang 3GB dengan memori internal 32 GB dan 4 GB dengan memori internal 64GB. Masuk ya…

2.            Kamera
Kalau kamera Asus Zenfone Max M2 ini sebenarnya bukan fitur unggulan. Hanya saja bagi saya sudah cukup masuk kriteria. Yaitu kamera belakang 13 MP dan kamera depannya 8 MP. Istimewanya lagi baik kamera depan maupun kamera belakang dilengkapi dengan lampu blitz.

3.            Baterai

Baterainya tak dinyana memilki daya 4000mAh. Dilansir dari situs resmi asus, Asus Zenfone Max M2 ini bisa tahan hingga tiga hari dalam kondisi standby, dan bahkan tahan hinga 8 jam untuk memainkan game Free Fire, game bawan dari gawai ini. Wah asyik banget dong kalau baterai bisa tahan lama. Gak bakala mati gaya saat bepergian jauh ataupun tidak perlu repot menenteng powerbank kemana-mana saat plesiran.

4.            Speaker
Audio Asus Zenfone Max M2 ini bakalan memanjakan telinga kita karena sudah menggunakan 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah. Gak bakalan malu-maluin deh karena suaranya

5.            Harga
Ternyata eh ternyata, gawai ini memiliki harga yang terjangkau lho dengan kedahsyatannya itu. Soalnya dari budget yang saya tetapkan masih ada kembaliannya. Itu artinya harganya enggak sampai 3 jutaan. Wuih menang banyak nih.

Tapi bukan hanya itu lho kelebihannya masih banyak yang mau saya ulas mengenai Asus Zenfone Max M2 ini.

  1. Prosesor
Smartphone yang satu ini mengusung prosesor Quacomm Snapdragon 632. Prosesor ini merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal memiliki performa tinggi namun hemat daya dan tidak panas. Jelas sangat mumpuni dan merupakan kolaborasi yang pas dengan baterai yang besar.Pantas aja daya tahannya cukup lama ya. 

Oya handphone ini juga sudah didukung fast charging untuk pengisian dayanya. Jadi cukup charge selama 2 jam dan baterai 4000 mAh itu akan penuh. Selain itu sistem androidnya yang sudah menggunkan andorid oreo atau 8.0 sangat ringan untuk bermain game. Wah klop banget nih.

2.            Layar
Layar Asus Zenfone Max M2 memiliki lebar layar 6,3 inch. Cukup lebar ya, namun meskipun demikian tetap nyaman digenggam karena memiliki rasio 19:9. Layarnya juga didukung HD+ lho jadi bakalan memanjakan mata saat video streaming maupun bermain game.

3.            Desain

Desain Zenfone Max M2 ini cukup tipis hanya 7,7 mm saa ketebalannya. Wah enggak bakalan bikin saku membesar ya. Selain itu bagian belakangnya merupakan metal body yang berkesan kokoh. Ada tiga pilihan warna yang dapat dipilih yaitu Hitam, Biru dan Silver.

4.            Triple Slot

Nah yang ini kita bakalan lebih dimanjakan lagi. Ada triple slot dimana terdapat satu slot untuk kartu Micro SD hingga 2TB dan dua slot untuk kartu SIM yang bisa digunakan sekaligus.

5.            Kemananan
Kini Asus Zenfone Max M2 sudah memiliki sistem pengenalan wajah yang memungkinkan untuk membuka smartphone hanya dengan melihatnya saja.  Selain itu sensor sidik jari juga dipasang pada gawai ini yang hanya memerlukan waktu 0,3 detik untuk membukanya. GPL ya Gak Pake Lemot hehehe.


Nah itu dia keunggulan yang ada pada Asus Zenfone Max M2 yang menurut saya sudah menjadi smartphone idaman. Meskipun saya sekarang sudah tidak getol nge-game lagi namun performa baterai dan prosesornya cukup mumpuni dan harganya itu lho cukup terjangkau. Apalagi buat emak-emak ASN seperti saya yang senang jualan dan hobi jalan-jalan ini





Nah ini dia spesifikasinya.
Prosesor
CPU:Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor
GPU:Qualcomm® Adreno™ 506
RAM
 LPDDR3 3GB / 4GB
Ruang Simpan
32GB / 64GB
Layar
6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display
88% screen-to-body ratio
Front 2.5D curved glass
Capacitive touch panel with 10 points multi-touch
Slot
Triple slots: Dual SIM & one microSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card
Slot 3: Supports up to 2TB microSD card
Kamera Belakang
13MP
F1.8 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Phase-detection autofocus
LED flash
AI Photography:
AI Scene Detection in 13 types: people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, ocean, flower, plant, snow, stage, text
Camera modes:
Auto
Beauty
Portrait
Pro
HDR
Sports
Night
9 various filters

2nd Camera:
2MP
Depth sensing
Kamera Depan
8MP
F2.0 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Softlight LED Flash
Face recognition unlock
Camera modes:
Auto
Beauty
Sports
Night
9 various filters
Navigasi
GPS, AGPS, GLONASS
Sensor
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Baterai
4000 mAh
Sumber Gambar: Website resmi ASUS

33 komentar:

  1. Smartphone canggih nih
    gaming lancar tanpa hambatan
    selfie jadi bakalan sering jg
    jadi kepengen ahhaa

    BalasHapus
  2. Harganya mbak, hihihi? Habis bikin kepingin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang RAM 3GB 2,3 jutaan mbak, yang 4GB 2,6 jutaan

      Hapus
  3. aduuuuh... HPnyaaa... mau banget kalau punya kayak gini. >.<

    BalasHapus
  4. Kalau saya milih hp krn kameranya...Hahaha...soalnya suka moto jadi meski hp dengan kamera caem...hi

    BalasHapus
  5. Aduh jadi mupeeng nih, mbak. Kebetulan lagi pengin ganti hengpon, noted lah, hehe :D

    BalasHapus
  6. duh mupeng, saya udah pakai iphone 4 tahun lebih, terus ngerasa mau ganti handphone sempat galau mau ganti apa, keknya ASUS kek gini kece juga, makasih bun sharingnya ~

    BalasHapus
  7. Kayaknya hp saya ketinggalan jauh dari ini, biarlah ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk yang penting masih lancar buat cari uang ya Bun

      Hapus
  8. asus memang termasuk yang kece badai secara kameranya, bikin pengen cekrak cekrek terus :D

    BalasHapus
  9. Wahhh, saya milih hp yang bisa buat nulis

    Udah sangat lama sekali megangjadoeleuii ini jadi kepengen ganti juga euii

    Ngiler liat hape yang ini

    BalasHapus
  10. Iya ..betul butuh pertimbangan kalau milih smartphone ya mb..Saya pasti akan browsing dulu, baca majalah khusus smartphone. Merk dan type apa yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan kita.

    Makasih nih tulisannya..bisa jadi referensi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, gak bisa asal comot walau desainnya cantik

      Hapus
  11. saya udah rencana pengin ganti smartphone, kalau ada duit yang RAMnya 4GB. Dan Asus MAX M2 ini menggoda sangat

    BalasHapus
  12. Kalau saya Mbak..untuk memilih produk spt Hp ini dibantu oleh asisten..hehhe yg tak lain si sulung. Alhamdulillah, si dia rajin liat youtuber posting produk terbaru yang oke punya.. Tinggal menyesuaikan kebutuhan dan anggaran di kantong๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih asyik dong mbak, ada penasehat terpercaya

      Hapus
  13. Spesifikasi smartphone ini keren banget mbak, apalagi RAMnya ada yang sampe 4GB git. Jadi mupeng saya ...

    BalasHapus
  14. Mantabbb..
    Ternyata sekarang kudu beli yg RAM minin 3GB yes. Beklah, besok klo beli smartphone cari yg mirip Asus Zenfone ini. Bismillah ada rezeki. Aamiin.

    BalasHapus
  15. Waduh! Saya kok jadi pingin pindah ke lain hati ya... eh, lain HP, jadi tergoda sama HP yang ini, Mbak...

    BalasHapus
  16. Dari beberapa referensi yg saya baca, ZenFone Max2 ini emang keren. Sayangnya saya udah terlanjur pakai yg merk sebelah. Kalah spek, sih emang.
    Mau banget tapi kalau dapet hadiah yg ini, hehe *minta digetok

    BalasHapus
  17. Milih smartphone pun ada kriteriany y mb cem milih jodoh j wkk

    BalasHapus
  18. Yang pertama kulihat RAM sama kekuatan baterai juga kamera wkwk maklum demen selfi

    BalasHapus
  19. Noted mba...kebetulan lg cari info ttg hp yang oke. Bisa jd referensi nih. Thx ya info ttg tips pertimbngn pilih smarphone...

    BalasHapus