Rabu, 16 Januari 2019

# challenge # tips

Liburan Tapi Tetap Kerja? Lakukan Lima Hal Ini Agar Tetap Asyik

Liburan memang selalu dinanti. Kapan lagi bisa jalan ramai-ramai dan menikmati suasana baru. Namun yang namanya pekerjaan tidak pernah ada habisnya. Apalagi pekerjaan online yang bisa dikerjakan dimana saja. Agar liburan tetap asyik meski ada pekerjaan saya melakukan lima hal ini.

1. Tidak Melakukan Perjalanan Malam
sumber gambar:pixabay

Yang namanya liburan itu nggak afdol kalau tempat yang dikunjungi dekat rumah. Inginnya ya yang lebih jauh walaupun kadang kalau dipikir-pikir objek wisatanya mirip sih hihihi. Dulu kami sering melakukan perjalanan di malam hari, namun perjalanan malam hari ternyata banyak ruginya.
Pertama tidak bisa menikmati pemandangan alam di sekitar, kedua badan lebih lelah karena tidur dalam posisi duduk, lebih-lebih suami yang nyopir malah nggak tidur dan ketiga saya nggak bisa nulis.

Gimana mau nulis ya, di mobil memang Si Bungsu yang baru 2 tahun sambil elus-elus Si Tengah yang masih 4 tahun. Yah jadinya nggak bisa megang smartphone maupun laptop.
Berdasarkan pengalaman ini sekarang dalam membuat perencanaan liburan kami berusaha menghindari perjalanan di malam hari. Meskipun menyebabkan perjalanan lebih lama namun tetap santai dan tidak terlalu capai. Sayapun bisa kerja plus nulis di malam hari hihihi.

2. Siapkan Paket Data

Kita tidak pernah tahu akan mendapatkan wifi  dimana, ya kalau ada, kalau enggak? Bisa mati gaya. Makanya usahakan selalu menyediakan paket data sebelum bepergian. Jadi ketika pekerjaan itu datang sewaktu-waktu kita akan selalu update.

Jika di rumah atau di kantor memang sudah ada wifi membeli paket data secukupnya saja. Tidak perlu membeli yang terlalu besar karena biasanya ada batas waktu pemakaian data. Daripada mubazir mending dibelikan yang lain

3. Alokasikan Jam Kerja
sumber gambar:pixabay

Ingat kita saat ini sedang liburan. Butuh fisik yang kuat sehingga memerlukan asupan gizi dan istirahat yang cukup. Jangan sampai gara-gara pekerjaan kita menyepelekan istirahat. Bisa tekor badan. Harusnya senang-senang malah jadi meriang.

Agar hal tersebut tak terjadi kita harus memiliki alokasi waktu kerja saat liburan. Misalnya jam 3-4 dini hari untuk kerja, jam 9 malam sudah mulai tidur bersama anak-anak. Sehingga waktu istirahat tetap terpenuhi meski sedang liburan sambil bekerja.

Usahakan dalam waktu satu jam pekerjaan kita sudah selesai atau minimal 50 persen. Jadi besoknya bisa selesai. Karena kalau tidak dijadwal dan ditargetkan biasanya kita akan menghabiskan malam untuk kerja dan tidak memikirkan kesehatan diri.

4. Konsumsi Suplemen
sumber gambar: pixabay

Bagi yang tidak biasa traveling, bisa saja kelelahan karena seharian digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Ditambah bangun pagi-pagi untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentu menambah berat beban tubuh kita.

Untuk itu kita perlu mengonsumsi suplemen untuk menambah daya tahan tubuh. Suplemen ini ada banyak dan dijual di apotek. Tinggal pilih saja mana yang cocok.

5. Jangan Lupa Bawa Laptop

Namanya juga kerja online, kemana-mana ya harus bawa gadget termasuk yang satu ini. Laptop wajib dibawa karena bekerja di laptop kadang lebih leluasa daripada bekerja melalui smartphone. Meskipun kadang laptop membuat barang bawaan lebih banyak, tapi tak mengapa kan daripada pekerjaan tidak dapat diselesaikan.

Nah itu dia lima tips liburan tetap asyik meski sambil bekerja semoga bermanfaat.


17 komentar:

  1. Iya mbak, kalau perjalanan malem emang tidak bisa lihat viewnya. Tapo enaknya jalannya enggak macet.

    BalasHapus
  2. Sy paling menghindari liburan sambil kerja..tapi klo kerja smbil liburan mah mau 😁😁

    BalasHapus
  3. seru ya bisa liburan sambil kerja hehe, tapi emang bener sih terkadang harus pintar2 alokasi waktu. Takutnya malah sibuk kerja eh liburannya enggak jadi wkwkw.

    BalasHapus
  4. Yess, benar banget tips-tipsnya. Itulah enaknya kerja freelance, biar liburan tapi masih tetap bisa kerja.

    BalasHapus
  5. Sippp, informasinya yang sangat bermanfaat

    Harus pinter-pinter memanajemen semuanya ya biar semua tetap jalan

    BalasHapus
  6. Suplemen ini yang terkadang lupa nyiapin mb. Terimakasih tipsnya, bermanfaat banget.

    BalasHapus
  7. Boleh dicoba nih tipsnya. Biasanya kami kerja ya kerja, liburan lain lagi. Kalau dikombinasi bisa gak ya apalagi bawa bocil ...

    BalasHapus
  8. Siapkan paket data, berat nih Mbak. Wajib. Kayaknya kalau nggak ada paket data dunia serasa hampa... secara lebih banyak hidup di dunia online dibandingkan dunia offline.

    BalasHapus
  9. Belum pernah sih liburan sambil kerja, nggak bisa konsen. tetapi klo memang diharuskan kerja, laptop dan Wifi memang harus on, agar lancar kerjanya. terimakasih tipsnya, mbak

    BalasHapus
  10. Wah liburan sambil kerja, asyik juga tuh Mbak. Emang ya klu yang pekerjaannya secara online memang kayak nggak mengenal waktu ya, jadi memang paket data dan laptop /smartphone jadi barang wajib yang harus dibawa saat pergi berlibur :)

    BalasHapus
  11. aku juga menghindari malam buat liburan mb
    malam ituuuu
    buat tidurrr
    wkwkkk

    BalasHapus
  12. Saya enggak pernah bawa laptop kalau lagi liburan. Pernah Malam hari saya nulis diprotes juga. Akhirnya saya memutuskan kalau liburan, libur dulu nulisnya, kecuali nulis artikel pesanan orang lain. Mau enggak mau, lagi liburan, ya, tetep kerja.

    BalasHapus
  13. Aku gak bawa kerjaan saat liburan mbak, bisa diprotes suami dan anak-anak, hehe.
    Makanya aku sering ngebut beresin kerjaan sebelum berangkat liburan.
    Tapi mungkin next time kalo darurat harus kerja saat liburan, tips nya bisa saya coba nih mbak. Makasih

    BalasHapus
  14. waah ilmu banget ini. kalau saya lagi bepergian ga bisa bawa laptop mbak. rebutan terus nanti sama krucil. hehehehe

    BalasHapus
  15. Bener juga nih freelance writter kayak kita harus membaca artikel ini. Suka kebablasan pas liburan juga jadi kerja haha

    BalasHapus
  16. Konsumsi suplemen penting nih, biar tetap sehat..

    BalasHapus
  17. Terima kasih tipsnya, Mbak. Sangat bermanfaat buat yang suka kerja online begini...

    BalasHapus