Minggu, 13 Januari 2019

# buku # review

Kereta Zaman Dulu, Kereta Masa Kini, Kereta Masa Depan, Semua Ada Di Ensiklopedia Anak : Kereta Api


Judul Buku: Ensiklopedia Junior Kereta Api
Jumlah halaman: 125 halaman
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Pengalih Bahasa: Tim Tulislah.com


Seri Ensiklopedia Junior itu ada banyak, dan saya sudah berniat mau mengoleksi satu per satu. Tapi tetap ya disesuaikan dengan budget. Setelah buku Ensiklopedia Junior Hewan Pemecah Rekor, akhirnya pilihan kedua jatuh ke Kereta Api. Kenapa saya memilih ini? Awalnya karena anak-anak suka kereta api. Dan mereka juga memiliki impian bisa naik kereta api hihihi. Padahal emaknya dulu tukang naik kereta api pas kereta api masih ganas-ganasnya (baca: banyak pengamen dan copet).


Buku ini cukup menarik. Diawali dari sejarah kereta api yang cukup panjang. Dengan model yang berubah-ubah. Rupanya konsep dari jalur kereta api terinspirasi dari jalanan di Romawi. Di Romawi karena banyak kereta hilir mudik menyebabkan jalan yang dilewati membentuk alur-alur yang mengarahkan roda kereta. Diawali dari rel ini cikal bakal kereta api dibuat.

Ada banyak lokomotif dibuat, pun bentuk kereta apinya. Awalnya kereta ini hanya mengangkut barang, namun seiring perkembangan zaman juga mengangkut manusia. Bahkan dulupun sudah dibedakan per kelas ya. Ada kelas 1 dimana gerbongnya ditutup dan memiliki jendela, ada kelas 2 yang hanya memiliki atap dan kelas 3 tidak beratap.


Di awal dijelaskan juga tentang penataan wilayah karena ada kereta, seperti membangun viaduk, terowongan dan jembatan. Dari sini saya baru tahu apa itu viaduk hihihi. Dalam buku ini juga sedikit dibahas mengenai pembuatan terowongan bawah tanah. Alatnya itu lho gede banget, nggak nyangka ternyata alat pengebor terowongan itu menakjubkan.


Kemudian dijelaskan juga tentang sistem pendolino, apa itu sistem pendolina? Bisa dibaca di halaman 57 ya… Juga dijelaskan bagaimana masinis mengendalikan kereta dengan melihat lampu sinyal dan panel sehingga kereta api bisa lewat tanpa bertabrakan satu sama lain.

Di akhir buku kita akan dibuat terbelalak dengan kereta api luar biasa dari berbagai belahan dunia. Ada orient express yang sangat mewah, ada kereta api dengan jalur tertinggi dengan ketinggian lebih dari 5000 meter di Tibet, ada kereta ap terpanjan yang memiliki 682 gerbong, kereta api di India yang penumpanya sampai luber, hingga rancangan kereta api masa depan ada yang memiliki kecepatan hingga 1220km/jam ada kereta kapsul, dan lain-lain.


Membaca buku ini seperti berpetualang menemukan kereta api kemudian menjadikannya kereta cepat yang mengangkut penumpang hingga menjelajahi belahan dunia untuk melihat keunikan masing-masing kereta pi. Ditambah berbagi pengetahuan per-keretaapian seperti membangun jalur kereta api, sistem pendolino, lampu sinyal dan panel dan lain sebagainya.


Menarik bukan?

2 komentar:

  1. Bukunya ensiklpedinya menerangkan teknis perkeretaapin secara detail yaa??
    Warna2nya cerah dan jelas

    BalasHapus
  2. Saya di kalimantan gak ada kereta api, senang banget bisa naik kereta api.
    Bukunya cakep ya, sekalian bisa memberi gambaran perbedaan dan kita bisa membandingkan kereta api beda zaman ini

    BalasHapus