Senin, 21 Januari 2019

# Cerita # curhat

Inilah 4 Hal Yang Membuat Saya Bangga Mejadi Narablog



Perjalanan saya menjadi seorang narablog atau blogger cukup panjang. Bermula dari keinginan seperti teman-teman yang memiliki media untuk menulis, pada 2009 saya memutuskan untuk membuat blog. Sayangnya waktu itu saya tidak tahu banyak tentang blog, hanya tahu bahwa menulis di blog itu bisa langsung tayang dan dibagikan ke sosial media.

Di awal mula menjadi narablog saya juga hanya fokus ke fiksi. Saat itu bagi saya menulis fiksi lebih mudah dibanding menulis non fiksi. Pun saat itu saya beranggapan bahwa fiksi lebih banyak diminati daripada non fiksi. Namun ternyata saya salah besar. Dari situlah saya mulai mengikuti komunitas blogger dan belajar membuat konten yang menarik di blog.

Dalam perjalanan panjang tersebut, saya mulai merasakan betapa bangganya saya menjadi seorang narablog. Hal apa saja yang membuat saya bangga.

1. Bisa Berbagi Pengalaman

sumber gambar: pixabay

Awal mula menulis non fiksi itu ya ini, menulis pengalaman. Kemudian membagikannya ke sosial media biar lebih banyak orang yang tahu. Berbagi pengalaman ini seperti sedang menulis buku harian. Seperti misalnya hari ini belanja ke minimarket A dan ternyata mendapatkan banyak barang gratisa dengan membeli barang-barang x,y,z seharga sekian rupiah.

Atau misalnya pengalaman membersihkan kerak kamar mandi. Bisa juga ternyata ditulis. Dan dari menulis tema-tema yang mudah yaitu berdasarkan pengalaman pribadi ternyata membuat semangat menulis makin tinggi. Beda dengan menulis tema-tema yang belum dikuasai. Takutnyamalah berhenti ketika tulisan di tengah jalan.

Asyiknya berbagi pengalaman ini adalah ketika orang lain juga mengalami hal yang sama dengan kita. Terkadang mereka menyikapinya berbeda dengan apa yang kita lakukan. Hasilnya ya menambah wawasan kita lagi.

2. Bermanfaat Bagi Orang Lain
 
sumber gambar: pixabay
Dengan berbagi hal-hal yang sudah kita lalui kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Seperti postingan saya mengenai kehamilan saya di blog satu lagi. Beberapa wa bahkan telepon masuk untuk menanyakan hal tersebut.

Hal ini tentu saja merupakan kebanggan tersendiri buat saya. Saya ini hanyalah buih di lautan yang luas, namun ternyata masih bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Ah ternyata masih ada gunanya juga saya hidup.

3. Menambah Teman
 
sumber gambar: pixabay
Tak dinyana melalui blog kita jadi menambah teman. Ya inilah hasil dari berbagi pengalaman. Ketika yang membaca suka atau merasakan ada manfaatnya maka mereka akan menghubungi kita atau sekedar meninggalkan jejak di blog kita. Tentu saja kita tidak tinggal diam, berkunjung ke blognya adalah sebuah penghormatan dan menambah teman.

Ya layaknya hidup bertetangga, blog adalah rumah kita. Tetangganya bisa siapa saja. Dan sebagai tetangga yang baik kita juga harus mengunjungi tetangga untuk bersilaturahmi bukan?

Kadang pertemanan ini juga didaptkan melalui komunitas yang dibangung bagi para narablog. Mulai dari saling kenalan, saling membagikan link, hingga kemudian saling mengunjungi atau istilahnya blog walking. Dari situlah tercipta interaksi dan menambah pertemanan. Jadi jangan kaget ketika teman narablog itu ada dimana-mana.

4. Menambah Uang Jajan
 
sumber gambar: pixabay
Saya sedikit iri ketika banyak teman-teman narablog yang mulai memposting bahwa blog mereka mulai menghasilkan rupiah. Saya yang waktu itu masih polos hanya meloto, kok bisa? Lalu setiap ada yang berbagi mengenai cara mendapatkan uang melalui blog say abaca baik-baik.

Dimulai dari nama blog yang harus merupakan Top Level Domain, yang ini jelas beli ya untuk menjadikan blog kita berakhiran .com, .co.id dan sebagainya. Yang kedua meningkatkan DA dan PA. Ya hanya itu saja modal saya dan alhamdulillah tips tersebut manjur.

Jadi bagi sebagian orang yang mungkin saya kurang kerjaan nulis-nulis nggak penting kemudian cari perhatian di sosial media, mereka salah. Sebenarnya saya sedang ingin menambah uang jajan hihihi. Bisa melalui pekerjaan yang diberikan oleh pengguna jasa narablog maupun mengikuti lomba.

Rasanya ya jelas bangga bahwa ternyata kegemaran menulis ini ada yang membutuhkan. Ataupun ketika tulisan kita mendapatkan juara dalam lomba. Belum lagi apresiasi yang diterima. Makin semangat dan bangga menjadi narablog.


Agar tetap eksis sebagai narablog saya juga harus punya resolusi untuk memperbaiki blog yang saya kelola maupun meningkatkan kemampuan dalam menulis. Maka dari itu di tahun 2019 ini saya sudah memiliki beberapa resolusi sebagai narablog.

1. Menambah Blog TLD
 
sumber gambar: Pixabay
Seperti yang sudah saya ceritakan di atas bahwa salah satu syarat agar blog bisa menghasilkan adalah Top Level Domain atau yang sering disingkat dengan TLD. Di tahun 2019 ini saya ingin memiliki blog dengan nieche yang lebih spesifik yaitu kesehatan ibu dan anak. Blog tersebut sudah ada dan pengunjungnya juga sudah lumayan banyak. Namun belum saya jadikan TLD karena saya merasa masih belum bisa mengurus blog ini dengan baik.

Di tahun 2019 ini saya ingin menjadikan blog tersebut TLD. Namun seperti biasa, menunggu diskonan dari penyedia layanan domain dan hosting. Namanya juga emak-emak harap maklum ya.

2. Rajin Update Blog
 
sumber gambar: pixabay
Saya malu kalau melihat jumlah postingan saya di blog. Rasanya belum layak saya dijuluki sebagai narablog. Untuk itu di tahun 2019 ini saya harus bisa menghadirkan lebih banyak postingan menarik di blog ini dan menantang diri untuk membuat one day one post.

Sementara ini saya masih memiliki hutang. Ini adalah postingan ke-18 di hari ke-21 bulan Januari. Masih ada hutang 3 postingan yang harus saya kejar. Semoga bisa ya supaya resolusi ini tercapai.


Itulah empat hal yang membuat saya bangga menjadi narablog beserta dua resolusi dalam hal per-blogging-an yang ingin saya capai. Mohon doanya ya …

37 komentar:

  1. Masyaallah, mantaps Wida, udah 18 postingan aja. ��

    BalasHapus
  2. iyaa betul banget mba, saya pun bangga menjadi seorang blogger hihi, semoga selalu bermanfaat tulisan kita. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Bangganya menjadi seorang blogger/narablog, ya, mba. Yang paling bikin senang tiada duanya kalau ada yang merespon baik tulisan kita, bahkan terinspirasi. Bahagianya, puolll

    BalasHapus
  4. Daripada ngegosip, mending menuangkan inspirasi lewat tulisan dan dibaca banyak orang. Bisa bagi ilmu, dapat pahala, tulisannya berkah, bahagia rasanya. Ya gak? Terus poin terakhirnya itu...cring cring. Ah kok jadi matre ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha crinh cring nya bikin ngiler ya mbak

      Hapus
  5. Jadi tambah semangat juga nih mbak

    Saya juga mulai bangga jadi blogger

    Kemarin baru mulai konsisten lagi ngisi blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya Mbak... Semoga selalu terjaga konsistensinya

      Hapus
  6. One day One Post ini masih susah mbak. Suka keabisan ide nulis apalagi yah. Soalnya aku harus yang aku suka. Baru lancar banget nulis kek jalan tol heheh. Happy blogging mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, sekarang kalau ada ide langsung tulis jadi pas ide habis ada cadangan yang bisa dieksekusi hihi

      Hapus
  7. One day one post memang melatih buat konsisten. Perjalanan tiap orang memang berbeda, yang Pentingnya fokus dan memberikan yang terbaik

    BalasHapus
  8. Semoga resolusinya tercapai ya mbak:) Ngeblog memang memberikan banyak sekali manfaat, saya pun merasakannya. Jadi bangga sebagai narablog :)

    BalasHapus
  9. sukses ya, mbak. Tetap semangat ngeblog kita.

    Btw saya mengenal blog mbak Widayati (nama kita sama ya) sering memenangkan berbagai lomba blog. selamat, ya mbak. Keren.

    BalasHapus
  10. Berbagi info dan semoga bermanfaat, itu alasan saya menjadi blogger. Walau tak dapat bersua, semoga dengan tulisan dapat mengeratkan hubungan persaudaraan. Sukses ya Mbak, semoga resolusi tahun 2019 tercapai. Aamiin...

    BalasHapus
  11. Semoga resolusi 2019 nya dapat tercapai ya Mbak. Setuju banget dengan ngeblog bisa menambah teman, bonusnya bisa menambah penghasilan juga.

    BalasHapus
  12. Sukses terus ya mbak, semoga tulisan2 nya selalu memberi inspirasi buat org lain dan tentu sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  13. semoga saya juga bisa menambah uang jajan dengan rajin update di Blog ya mbak. heheh saya baru beberapa hari ngeblog. semoga bisa berteman baik dengan mbak widayati ...

    BalasHapus
  14. Semoga tulisan kita selalu bermanfaat, ya. Saya pun bangga dan menikmati sekali sebagai seorang blogger

    BalasHapus
  15. Saya justru belum bisa rutin nulis di blog. Agak kesulitan kalau harus menceritakan pengalaman sendiri dalam bentuk tulisan di blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebalikan mbak, kalau nulis pengalaman malah lebih mudah soalnya referensi dari diri sendiri

      Hapus
  16. alhamdulillah ketemu satu lagi blogger perempuan yang semangatnya luar biasa. semoga berkah ya mbak Wida.

    BalasHapus
  17. amin, moga resolusi di tahun 2019 ini tercapai ya mbaaaa, terus semangat!

    BalasHapus
  18. semoga resolusinya tercapai ya mbak. saya juga seneng jadi blogger dan punya harapan yanb hampir sama dengan mbak juga. :)

    BalasHapus
  19. Sukses dengan blog TLD nya ya Mbak. Saya juga punya niatan yg sama. Semoga bs konsisten­č嬭čĺ¬

    BalasHapus
  20. Nambah uang jajan adalah kebahagiaan hakiki buat seorang ibu wkkk
    Nambah ilmu wawasan sodara
    Ahh emng banyak manfaatny y mb

    BalasHapus