Kamis, 31 Januari 2019

Lima Pertimbangan Memilih Smartphone Andalan


Membeli smartphone itu tidak seperti membeli baju, begitu ada yang eyecacthing lansung ambil. Namun ada banyak hal yang harus ditelisik terlebih dahulu. Enggak mau kan sudah beli baru eh enggak tahunya cuma bisa download sedikit aplikasi karena RAMnya kecil. Atau malahan desainnya sudah kece badai eh cepat habis baterai, bisa bikin mati gaya kalau begini.

Makanya membeli barang yang satu ini tuh sudah ibarat kayak memilih jodoh, Harus dipertimbangkan bibit, bebet dan bobotnya agar mendapatkan yang terbaik. Kalau smartphone ya enggak segitunya juga ya. Namun kita tetap harus menetapkan standar smartphone yang akan menjadi gadget andalan kita.

Ngomong-ngomong soal standar saya juga memiliki pertimbangan tersendiri sebelum membeli smartphone. Nggak banyak sih cuma lima saja.

  1. RAM
Hari gini Ram satau atau dua GB itu sudah uzur. Coba deh lihat lagi gawai lama yang RAM nya segitu. Bisa download apa? Pasti banyak aplikasi yang sudah tidak tersisa, palingan tiga sampai lima aplikasi saja. Makanya saya selalu ngecek RAM yang minimal 3GB agar bisa senang menyusuri playstore dan mendownload aplikasi pilihan yang sekarang makin ciamik.

2.            Kamera
Zaman now kamera smartphone sudah menjadi andalan untuk selfie. Kamera menjadi pertimbangan tersendiri. Yah nggak usah tinggi-tinggi banget lah. Minimal 13 MP kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan.

3.            Baterai
Kami sekeluarga memiliki hobi jalan-jalan. Makanya untuk pilihan baterai sebisa mungkin memiliki daya yang besar. Jadi pas sampai di tempat tujuan jangan sampai baterai malah ngedrop kalau kayak gini gimana mau mengabadikan momen seru ya…. Nah untuk yang satu ini cobain deh pilih smartphone yang memiliki daya minimal 4000 mAh.

4.            Speaker
Saya termasuk yang suka menonton video baik yang lucu maupun demo masak. Nah agar bisa lebih dimanjakan dengan tontonan video tentu smartphone juga harus ditopang dengan speaker yang mumpuni. Supaya tidak sakit telinga ketika mendengarnya berbunyi hehehe.

5.            Harga
Jadi tidaknya membeli sebuah barang tergantung pada satu hal ini. Jadi tetapkan budget sebelum membeli. Namun tetap harus rasional dalam menetapkannya, jangan mau fitur yang high class tapi harganya terlalu rendah. Kalau saya sih untuk sementara ini budget tertinggi adalah 3 juta rupiah. Nggak ketinggian dong ya karena dua tahun lalu saya sudah membeli gawai dengan harga di kisaran 2,5 juta rupiah boleh dong kali ini naik kelas.



Nah ngomong-ngomong soal fitur tadi saya jadi kesengsem dengan sebuah smartphone yang masuk dalam kriteria saya. Yaitu Asus Zenfone Max M2. Memangnya apa saja kelebihannya sampai bisa dibuat kesengsem?

  1. RAM
Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, RAM minimal 3GB adalah batas standar. Nah Asus Zenfone Max M2 ini memiliki dua macam RAM. Ada yang 3GB dengan memori internal 32 GB dan 4 GB dengan memori internal 64GB. Masuk ya…

2.            Kamera
Kalau kamera Asus Zenfone Max M2 ini sebenarnya bukan fitur unggulan. Hanya saja bagi saya sudah cukup masuk kriteria. Yaitu kamera belakang 13 MP dan kamera depannya 8 MP. Istimewanya lagi baik kamera depan maupun kamera belakang dilengkapi dengan lampu blitz.

3.            Baterai

Baterainya tak dinyana memilki daya 4000mAh. Dilansir dari situs resmi asus, Asus Zenfone Max M2 ini bisa tahan hingga tiga hari dalam kondisi standby, dan bahkan tahan hinga 8 jam untuk memainkan game Free Fire, game bawan dari gawai ini. Wah asyik banget dong kalau baterai bisa tahan lama. Gak bakala mati gaya saat bepergian jauh ataupun tidak perlu repot menenteng powerbank kemana-mana saat plesiran.

4.            Speaker
Audio Asus Zenfone Max M2 ini bakalan memanjakan telinga kita karena sudah menggunakan 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah. Gak bakalan malu-maluin deh karena suaranya

5.            Harga
Ternyata eh ternyata, gawai ini memiliki harga yang terjangkau lho dengan kedahsyatannya itu. Soalnya dari budget yang saya tetapkan masih ada kembaliannya. Itu artinya harganya enggak sampai 3 jutaan. Wuih menang banyak nih.

Tapi bukan hanya itu lho kelebihannya masih banyak yang mau saya ulas mengenai Asus Zenfone Max M2 ini.

  1. Prosesor
Smartphone yang satu ini mengusung prosesor Quacomm Snapdragon 632. Prosesor ini merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal memiliki performa tinggi namun hemat daya dan tidak panas. Jelas sangat mumpuni dan merupakan kolaborasi yang pas dengan baterai yang besar.Pantas aja daya tahannya cukup lama ya. 

Oya handphone ini juga sudah didukung fast charging untuk pengisian dayanya. Jadi cukup charge selama 2 jam dan baterai 4000 mAh itu akan penuh. Selain itu sistem androidnya yang sudah menggunkan andorid oreo atau 8.0 sangat ringan untuk bermain game. Wah klop banget nih.

2.            Layar
Layar Asus Zenfone Max M2 memiliki lebar layar 6,3 inch. Cukup lebar ya, namun meskipun demikian tetap nyaman digenggam karena memiliki rasio 19:9. Layarnya juga didukung HD+ lho jadi bakalan memanjakan mata saat video streaming maupun bermain game.

3.            Desain

Desain Zenfone Max M2 ini cukup tipis hanya 7,7 mm saa ketebalannya. Wah enggak bakalan bikin saku membesar ya. Selain itu bagian belakangnya merupakan metal body yang berkesan kokoh. Ada tiga pilihan warna yang dapat dipilih yaitu Hitam, Biru dan Silver.

4.            Triple Slot

Nah yang ini kita bakalan lebih dimanjakan lagi. Ada triple slot dimana terdapat satu slot untuk kartu Micro SD hingga 2TB dan dua slot untuk kartu SIM yang bisa digunakan sekaligus.

5.            Kemananan
Kini Asus Zenfone Max M2 sudah memiliki sistem pengenalan wajah yang memungkinkan untuk membuka smartphone hanya dengan melihatnya saja.  Selain itu sensor sidik jari juga dipasang pada gawai ini yang hanya memerlukan waktu 0,3 detik untuk membukanya. GPL ya Gak Pake Lemot hehehe.


Nah itu dia keunggulan yang ada pada Asus Zenfone Max M2 yang menurut saya sudah menjadi smartphone idaman. Meskipun saya sekarang sudah tidak getol nge-game lagi namun performa baterai dan prosesornya cukup mumpuni dan harganya itu lho cukup terjangkau. Apalagi buat emak-emak ASN seperti saya yang senang jualan dan hobi jalan-jalan ini





Nah ini dia spesifikasinya.
Prosesor
CPU:Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor
GPU:Qualcomm® Adreno™ 506
RAM
 LPDDR3 3GB / 4GB
Ruang Simpan
32GB / 64GB
Layar
6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display
88% screen-to-body ratio
Front 2.5D curved glass
Capacitive touch panel with 10 points multi-touch
Slot
Triple slots: Dual SIM & one microSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card
Slot 3: Supports up to 2TB microSD card
Kamera Belakang
13MP
F1.8 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Phase-detection autofocus
LED flash
AI Photography:
AI Scene Detection in 13 types: people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, ocean, flower, plant, snow, stage, text
Camera modes:
Auto
Beauty
Portrait
Pro
HDR
Sports
Night
9 various filters

2nd Camera:
2MP
Depth sensing
Kamera Depan
8MP
F2.0 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Softlight LED Flash
Face recognition unlock
Camera modes:
Auto
Beauty
Sports
Night
9 various filters
Navigasi
GPS, AGPS, GLONASS
Sensor
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Baterai
4000 mAh
Sumber Gambar: Website resmi ASUS

Selasa, 29 Januari 2019

5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Rekreasi

Rekreasi kadang dianggap sebagai sesuatu yang kurang bermanfaat dan menghabiskan unag. Padahal rekreasi juga memiliki manfaat antara lain melihat temat baru, menambah wawasan dan pengetahuan, menambah pengetahuan sejarah, me-refresh otak dan bersenang-senang. Seperti yang pernah saya tulis dalam 5 Manfaat Rekreasi Yang Perlu Kamu Tahu.

Namun terkadang rekreasi menjadi petaka tersendiri ketik kurang perencanaan. Misalnya istri murung karena ternyata harus mengeluarkan banyak uang. Atau suami istri bertengkar ketika memutuskan destinasi wisata. Bahkan waktu bisa terbuang percuma karena hal ini.

Nah agar rekreasi menyenangkan coba lakukan lima hal berikut.

1. Rencanakan Liburan

Rekreasi memerlukan waktu khusus utamanya ketika liburan, baik liburan nasional maupun cuti. Nah sebelum memutuskan berekreasi kita juga harus merencanakan kapan liburan. Jangan sampai semua berantakan karena liburan yang tidak terencana.

2. Atur Budget

Yang ini penting banget, jangan sampai istri manyun gara-gara tidak ada perencanaan keuangan. Biasanya kalau tidak ada perencanaan akan terkaget-kaget ketika mengeluarkan uang yang cukup banyak. Namun ketika sudah dianggarkan semua akan berjalan seperti biasa, toh sudah dianggarkan gak ada alasan untk kaget dong.

3. Tentukan Destinasi Wisata

Menentukan destinasi wisata juga harus dipertimbangkan, terlebih jika mengajak anak-anak. Karena tidak semua destinasi wisata cocok untuk anak-anak.

Jika baru pertama kali akan berkunjung coba cek seperti apa fasilitasnya, apakah cocok untuk anak-anak atau tidak. Jangan sampai anak menangis kebosanan atau terjadi hal-hal berbahaya terhadap anak hanya karena kita salah memilih destinasi wisata.

4. Lama Perjalanan

Perlu dipertimbangkan lama perjalanan. Sehingga kita bisa memperhitungkan apakah perlu menginap atau jalan malam. Jika menginap tentu harus disediakan uang penginapan (terkait budget) sedangkan jika memutuskan untuk melakukan perjalanan di malam hari hasrus sedia suplemen supaya badan tidak loyo.

5. Kondisi Fisik

Ini Lho Serunya Ikut Antologi

Antologi merupakan sebuah karya tulisan yang dikerjakan beramai-ramai. Meski demikian biasanya sudah ditentukan temanya, jadi ada keseragaman dalam hal apa yang akan ditulis. Dulu saya paling malas ikutan antologi, soalnya sering nggak terbitnya padahal sudah capek-capek menulis eh harapan menerbitkan buku pupus hehehe.

Namun di tahun 2018 kemarin saya mulai getol menulis antologi. Enam judul saya ikuti dan alhamdulillah sudah ada dua buku yang cetak dan sampai ke tangan saya. Tahun ini punya target lebih banyak yaitu 12, semoga tercapai ya.

Lalu kenapa sih suka banget ikut antologi? Karena ternyata ikut menulis buku antologi itu sangat seru, ini dia ya keseruan yang saya rasakan.

1. Nambah Teman

Dalam membuat buku antologi kita tidak akan sendiri pasti ada banyak kntributor yang ikut. Nah disinilah ajang menambah teman. Dan biasanya merasa senasib karena apa yang dituliskan satu tema. Lumayan kan makin banyak yang bisa diajak silaturahmi.

2. Memiliki Perasaan Yang Sama

Namanya nulis buku antologi itu biasanya memiliki perasaan yang sama antar kontributornya. Salah satunya adalah perasaan senasib ketika tulisannya perlu banyak diedit hehehe. Biasanya sesame kontributor akan menanyakan seberapa banyak di edit, atau sudah selesa ngedit belum?

3. Menambah Ilmu

Pada proses editing ini biasanya akan banyak ilmu diperoleh. Misalnya tata cara penulisan, pemilihan kata dan sebagainya. Dan hal ini harus dicatat baik-baik supaya tidak melakukan kesalahan serupa di tulisan kita berikutnya. Kalau yang ini sebenarnya saya juga masih teledor, masih banyak khilfnya daripada insyafnya hihihi, maafkan ya.

4.  Menambah Portfolio

Menjadi penulis belum afdol rasanya jika belum menerbitkan sebuah buku bukan? Nah buku antologi bisa menjadi salah satu alternative untuk membuat deretan portolio buku yang pernah ditulis. Lumayan kan.

5. Bahagia dan Bangga

Proses menerbitkan buku tidaklah sebentar, apalagi buku untuk proyek antologi. Dulu waktu awal-awal mengikuti proyek antologi saya tidak sabaran. Inginnya segera terbit bukunya. Nyatanya perlu waktu berbulan-bulan menyelesaikannya. Dan akhirnya saya mengerti bahwa semua butuh waktu. Akhirnya saya menulis kemudian lupakan tapi tetap dicatat. Dan Alhamdulillah ketika buku tersebut jadi rasanya bahagia luar biasa dan juga bangga. Plong rasanya pas buku sudah sampai di tangan.

Itu dia lima hal keseruan dalam menulis proyek antologi. Kalau menurutmu seru nggak ikut proyek antologi?

Seri Mainan Tayo di KFC Kids Meal


Paket yang satu ini merupakan menu favorit anak-anak. Selain mendapatkan makanan juga mendapatkan mainan. Inilah Paket Kids Meal dari KFC. Selain mendapatkan makanan juga mendapatkan mainan. Seri mainan ini berubah-ubah tiap periode. Pernah mendapatkan seri Sponge Bob, Doraemon, Boboiboy dan saat ini adalah Tayo.

Ada enam jenis mainan yang dipilih yaitu Tayo, Rogi, Gani, Sito dan Max. Untuk Tayo, Lani dan rogi memiliki tiga bagian. Bagian pertama adalah mobilnya, kedua garasi dan ketiga pendorong. Pendorong ini selain digunakan untuk menjalankan bus juga berguna sebagai penopang garasi sehingga bisa berdiri dalam posisi ini. Jika Tayo, Rogi, Lani dan Gani disatukanakan menbentuk garasi yang ada di serial TV nya.

Sementara itu Sito dan Max hanya terdiri dari satu bagian saja. Untuk Sita bisa berjalan juga dengan cara menariknya mundur lalu melepaskannya. Sedangkan Max memiliki bak truk yang bisa dibuka. Wah seru ya.

Di bungkusnya sudah ada peringatan bahwa mainan ini tidak boleh digunakan untuk anak dibawah umur tiga tahun. Jadi harus dalam pengawasan ketat ketika anak-anak yang bermain di bawah usia tersebut.

Entah kenapa ya, mengeoleksi mainan ini menjadi kegemaran tersendiri. Pertama material mainannya berkualitas tinggi. Hal ini dibuktikan dengan mainan yang tidak mudah pecah saat terjatuh. Kedua mainan ini merupakan series. Misalnya seri Boboiboy ada Boboiboy, Yaya, Ying, Gopal dan Fang. Seri Doraemon ada Doraemon, Nobita, Sizuka dan Giant. Ketiga keseruan mengumpulkan satu persatu. Seperti ada tangantang tersendiri untuk mengumpulkan satu demi satu mainan tersebut, Belajar sabar karena tidak setiap hari makan disana.

Selain itu juga menambah koleksi mainan anak. Tapi mainan ini juga cantik lho dijadikan pajangan. Karena ja itu tadi materialnya sangat bagus dan dengan warna menarik dan cerah. Difoto juga instagramable.

Mudah-mudahan periode berikutnya mainanya lebih saru. Tetap menunggu dengan setia, soalnya satu periode mainan itu sampai berbulan-bulan. Kadang malah jadi ganda maianannya. Meskipun ada untungnya juga yaitu bocah nggak jadi berebut hihihi. Buat yang suka koleksi mainan yuk buruan dikoleksi sebelum berganti mainannya ya…

Kamis, 24 Januari 2019

Mudah Mengatur Keuangan Dengan Financial Board For Mom's


Menjadi ibu-ibu memang memiliki segudang problema. Mulai dari menyiapkan menu masakan, mengurus anak, melayani suami hingga mengatur keuangan.

Kerana pekerjaannya yang cukup banyak membuat ibu sering tidak sempat mencatat. Ya mencacat menu yang akan disajikan, mencatat keperluan anak hingga masalah keuangan. Parahnya kadang-kadang ibu sudah menyusihkan uang untuk bayar SPP anak eh tahu-tahu uangnya berkurang. Pas ditelusuri lagi penggunaannya ternyata ada selisih. Akhirnya suudzon sama tuyul, na'udzubillah.

Untuk ibu-ibu yang merasa catatan keuangnnya masih belum rapi sekarang bisa dirapiin dengan Fiancial Board For Mom. Apa saja kegunaan board ini?


1. Memudahkan membuat daftar pemasukan per bulan dari berbagai sumber
2. Memudahkan membuat daftar budget rumah tangga maupun bisnis setiap bulan
3. Merencanakan fiancial jangka panjang deng jelas dan terukur
4. Membantu mencatat targetan, investasi dan hutang

Wah ternyata tidak hanya untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan saja ya tapi juga untuk investasi. Lalu seperti apa boardnya?


Board ini memiliki dua bagian. Yaitu jangka pendak dan jangka panjang. Untuk jangka pendek isiannya sebagai berikut:
1. Budgeting Rumah Tangga
Bersi pengeluaran untuk rumah tangga yang berupa pengeluaran tetap (fix cost) yang bisa terdiri dari uang sekolah, listrik pulsa dan lain-lain. Juga pengeluaran tidak tetap (variable cost) seperti pengeluaran untuk beli ATK dimana bulan ini beli bulan depan tidak beli.

2. Budgeting Bisnis
Isinya sama dengan budgeting rumah tangga, hanya saja dikhususkan untuk bisnis. Jadi ibu-ibu yang punya bisnis juga dimudahkan dengan board ini karena bisa mulai memisahkan antara keuangan rumah tangga dan bisnis.

3. Penghasilan Tetap
Tulis penghasilan tetap yang kita dapat berdasarkan sumbernya.

4. Target Penghasilan Bisnis
Kalau untuk bisnis jelas kita harus punya target. Berapa banyak target yang diharapkan dan dari mana sumbernya tulis disini.

5. Penghasilan Lain-lain
Ini adalah penghasilan yang tidak tercakup di penghasilan tetap dan penghasilan bisnis.


Sedangkan untuk jangka panjang ada tiga hal yang dapat kita rencanakan.

1. My Dreams
Berisi mengenai mimpi kita yang ingin diwujudkan, berapa biayanya kapan target tercapai dan berapa alokasi biaya per harinya.

2. Investasi
investasi apa yang ingin diambil? Rumah, tanah, emas, tuliskan berapa budgetnya, kapan mau dicapai dan berapa lokasi per harinya.

3. Hutang
Board ini juga bisa membantu kita kelola utang. Tulis semua hutang kita nama orang yang kita hutangi, berapa jumlah hutangnya, kapan target lunasnya dan berapa alokasi per harinya.


Sedangkan untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut:
1. Terdapat tali yang memungkinkan board ini digantung
2. Bahan art paper 260 gr dan karton A3
3. Bisa dipakai bulanan dan dihapus
4. Ukuran A3


Wah cantik ya desain boardnya. Bagi yang berminat silakan langsung kontak wa.me/6287893791150  dengan kata kunci mau financial board for mom. Harga diskon dari Rp 139.000 menjadi Rp 99.000 hanya sampai tanggal 30 Januari saja lho ya .....

Selasa, 22 Januari 2019

5 Manfaat Rekreasi Yang Perlu Kamu Tahu

Rekreasi kadang dianggap sebagai sesuatu yang kurang bermanfaat. Bahkan banyak yang menganggap bahwa rekreasi merupakan hal yang mubazir alias mengahambu-hamburkan uang. Padahal bagi saya pribadi rekreasi itu perlu karena banyak manfaat yang akan diperoleh. Terinspirasi dari ibu yang selalu menyediakan waktu rekreasi setahun sekali bersama keluarga besar bapak, maka sayapun juga memiliki rutinitas yang sama.

Lalu apa manfaat rekreasi?

1. Melihat Tempat Baru

Saya selalu takjub melihat tempat baru. Seperti waktu ke Siak tempo hari yang catatannya sudah saya tulis di Berkunjung Ke Siak, Kota Istana. Saya melihat pemandangan baru. Seperti taman-taman di jalan yang banyak dibuat di sini. Pun Taman Mahratu dan air mancur menarinya yang luar biasa bagi saya. Kalau saya tidak jalan- jalan kesini saya mungkin tidak akan tahu keindahan tempat ini atau keindahan air terjun menari yang memang dari dulu saya dambakan.

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Wawasan akan bertambah manakala kita berkunjung ke tempat baru. Misalnya seperti saya yang pernah jalan-jalan ke Lembah Harau , Sumatera Barat. Apa yang bisa saya rekomendasikan untuk teman-teman saya. Apakah tempatnya bagus, udaranya sejuk, banyak objek wisata yang dinikmati dan lain sebagainya. Pun pengetahuan kita akan bertambah. Tentang bagaimana mengelola alam sekitar hingga mampu menjadi daya tarik wisata.

3. Menambah Pengetahuan Sejarah

Setiap tempat pasti memiliki sejarah. Tak hanya objek wisata peninggalan zaman dahulu, namun juga objek wisata masa kini. Jika hal tersebut kita pelajari bisa dijadikan sebuah tulisan yang menarik. Karena bagi saya kisah sejarah itu seperti dongeng pengantar tidur.

4. Me-Refresh Otak

Mengerjakan rutinitas juga bisa membuat kita jenuh. Pagi-pagi rempong urusan anak dan rumah, siang urusan kantor, malam urusan anak-anak lagi. Capek ya rasanya. Nah bepergian mungkin bisa me-refresh otak dan bahkan bisa memberikan inspirasi tersendiri ketika bepergian. Coba saja.

5. Bersenang-senang

Setelah penat dengan kegiatan harian yang mungkin membuat jemu rekerasi merupakan waktu bersenang-senang. Banyak pilihan untuk bersenang-senang. Bisa mengunjungi waterpark, kulineran, ke taman fantasy seperti Dufan misalnya atau bahkan wisata belanja? Manapun itu bersenang-senang akan membuat hati bahagia dan semangatpun akan kembali membara.

 

Bagaimana setujukah dengan lima manfaat rekreasi di atas? Tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya…

Senin, 21 Januari 2019

Inilah 4 Hal Yang Membuat Saya Bangga Mejadi Narablog



Perjalanan saya menjadi seorang narablog atau blogger cukup panjang. Bermula dari keinginan seperti teman-teman yang memiliki media untuk menulis, pada 2009 saya memutuskan untuk membuat blog. Sayangnya waktu itu saya tidak tahu banyak tentang blog, hanya tahu bahwa menulis di blog itu bisa langsung tayang dan dibagikan ke sosial media.

Di awal mula menjadi narablog saya juga hanya fokus ke fiksi. Saat itu bagi saya menulis fiksi lebih mudah dibanding menulis non fiksi. Pun saat itu saya beranggapan bahwa fiksi lebih banyak diminati daripada non fiksi. Namun ternyata saya salah besar. Dari situlah saya mulai mengikuti komunitas blogger dan belajar membuat konten yang menarik di blog.

Dalam perjalanan panjang tersebut, saya mulai merasakan betapa bangganya saya menjadi seorang narablog. Hal apa saja yang membuat saya bangga.

1. Bisa Berbagi Pengalaman

sumber gambar: pixabay

Awal mula menulis non fiksi itu ya ini, menulis pengalaman. Kemudian membagikannya ke sosial media biar lebih banyak orang yang tahu. Berbagi pengalaman ini seperti sedang menulis buku harian. Seperti misalnya hari ini belanja ke minimarket A dan ternyata mendapatkan banyak barang gratisa dengan membeli barang-barang x,y,z seharga sekian rupiah.

Atau misalnya pengalaman membersihkan kerak kamar mandi. Bisa juga ternyata ditulis. Dan dari menulis tema-tema yang mudah yaitu berdasarkan pengalaman pribadi ternyata membuat semangat menulis makin tinggi. Beda dengan menulis tema-tema yang belum dikuasai. Takutnyamalah berhenti ketika tulisan di tengah jalan.

Asyiknya berbagi pengalaman ini adalah ketika orang lain juga mengalami hal yang sama dengan kita. Terkadang mereka menyikapinya berbeda dengan apa yang kita lakukan. Hasilnya ya menambah wawasan kita lagi.

2. Bermanfaat Bagi Orang Lain
 
sumber gambar: pixabay
Dengan berbagi hal-hal yang sudah kita lalui kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Seperti postingan saya mengenai kehamilan saya di blog satu lagi. Beberapa wa bahkan telepon masuk untuk menanyakan hal tersebut.

Hal ini tentu saja merupakan kebanggan tersendiri buat saya. Saya ini hanyalah buih di lautan yang luas, namun ternyata masih bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Ah ternyata masih ada gunanya juga saya hidup.

3. Menambah Teman
 
sumber gambar: pixabay
Tak dinyana melalui blog kita jadi menambah teman. Ya inilah hasil dari berbagi pengalaman. Ketika yang membaca suka atau merasakan ada manfaatnya maka mereka akan menghubungi kita atau sekedar meninggalkan jejak di blog kita. Tentu saja kita tidak tinggal diam, berkunjung ke blognya adalah sebuah penghormatan dan menambah teman.

Ya layaknya hidup bertetangga, blog adalah rumah kita. Tetangganya bisa siapa saja. Dan sebagai tetangga yang baik kita juga harus mengunjungi tetangga untuk bersilaturahmi bukan?

Kadang pertemanan ini juga didaptkan melalui komunitas yang dibangung bagi para narablog. Mulai dari saling kenalan, saling membagikan link, hingga kemudian saling mengunjungi atau istilahnya blog walking. Dari situlah tercipta interaksi dan menambah pertemanan. Jadi jangan kaget ketika teman narablog itu ada dimana-mana.

4. Menambah Uang Jajan
 
sumber gambar: pixabay
Saya sedikit iri ketika banyak teman-teman narablog yang mulai memposting bahwa blog mereka mulai menghasilkan rupiah. Saya yang waktu itu masih polos hanya meloto, kok bisa? Lalu setiap ada yang berbagi mengenai cara mendapatkan uang melalui blog say abaca baik-baik.

Dimulai dari nama blog yang harus merupakan Top Level Domain, yang ini jelas beli ya untuk menjadikan blog kita berakhiran .com, .co.id dan sebagainya. Yang kedua meningkatkan DA dan PA. Ya hanya itu saja modal saya dan alhamdulillah tips tersebut manjur.

Jadi bagi sebagian orang yang mungkin saya kurang kerjaan nulis-nulis nggak penting kemudian cari perhatian di sosial media, mereka salah. Sebenarnya saya sedang ingin menambah uang jajan hihihi. Bisa melalui pekerjaan yang diberikan oleh pengguna jasa narablog maupun mengikuti lomba.

Rasanya ya jelas bangga bahwa ternyata kegemaran menulis ini ada yang membutuhkan. Ataupun ketika tulisan kita mendapatkan juara dalam lomba. Belum lagi apresiasi yang diterima. Makin semangat dan bangga menjadi narablog.


Agar tetap eksis sebagai narablog saya juga harus punya resolusi untuk memperbaiki blog yang saya kelola maupun meningkatkan kemampuan dalam menulis. Maka dari itu di tahun 2019 ini saya sudah memiliki beberapa resolusi sebagai narablog.

1. Menambah Blog TLD
 
sumber gambar: Pixabay
Seperti yang sudah saya ceritakan di atas bahwa salah satu syarat agar blog bisa menghasilkan adalah Top Level Domain atau yang sering disingkat dengan TLD. Di tahun 2019 ini saya ingin memiliki blog dengan nieche yang lebih spesifik yaitu kesehatan ibu dan anak. Blog tersebut sudah ada dan pengunjungnya juga sudah lumayan banyak. Namun belum saya jadikan TLD karena saya merasa masih belum bisa mengurus blog ini dengan baik.

Di tahun 2019 ini saya ingin menjadikan blog tersebut TLD. Namun seperti biasa, menunggu diskonan dari penyedia layanan domain dan hosting. Namanya juga emak-emak harap maklum ya.

2. Rajin Update Blog
 
sumber gambar: pixabay
Saya malu kalau melihat jumlah postingan saya di blog. Rasanya belum layak saya dijuluki sebagai narablog. Untuk itu di tahun 2019 ini saya harus bisa menghadirkan lebih banyak postingan menarik di blog ini dan menantang diri untuk membuat one day one post.

Sementara ini saya masih memiliki hutang. Ini adalah postingan ke-18 di hari ke-21 bulan Januari. Masih ada hutang 3 postingan yang harus saya kejar. Semoga bisa ya supaya resolusi ini tercapai.


Itulah empat hal yang membuat saya bangga menjadi narablog beserta dua resolusi dalam hal per-blogging-an yang ingin saya capai. Mohon doanya ya …

Kamis, 17 Januari 2019

Udah Cobain Indomie Goreng Aceh? Yuk Intip Disini



Sejak pertama kali muncul iklan Indomie Goreng Aceh saya langsung penasaran sama rasanya. Namun rupanya mencari Indomie varian ini tidaklah mudah. Di daerah tempat tinggal saya Bangkinang saya tidak menemukannya di berbagai minimarket yang saya kunjungi. Untungnya beberapa waktu lalu ada tugas keluar kota, ke Pekanbaru.

Sebenarnya nggak niat membeli ini sih hanya mau beli buah-buahan untuk anak-anak. Eh pas baru masuk kok lihat penampakan Indomie Goreng Aceh. Wah lansung masuk keranjang deh. Sebenarnya sih banyak yang jual Mie Aceh disini, tapi belum nemu yang rasanya maknyus. Beberapa waktu lalu sempat beli dan malah dianggurin, sayang banget kan. Kebetulan juga sih anak-anak pada minta.

Nah berhubung saya berhasil menemukan mie ini saya langsung mengabarkan pada anak-anak. Namun tiba-tiba saya ingat Mie Aceh kan pedas anak-anak pasti nggak balakan doyan. Tapi Si Sulung yang sudah mulai doyan pedas memaksa dibuatkan. Ya sudahlah saya buatkan sesuai pesananya.

Nah pas dibongakar ada lima macam bumbu, yang pertama bumbu bubuk, bawang goreng, saus, kecap dan minyak sayur yang berwarna merah. Mungkin bumbu khasnya Mie Goreng Aceh. Sedangkan mi nya saya rasa biasanya saja, maksudnya tidak sebesar ukuran mi Aceh.

Nah ini dia penampakannya setelah dimasak. Mirip Samyang ya…. Rasanya juga mirip sih pedas-pedas gimana gitu, pedas enak maksudnya. Namun masih lebih pedasan Samyang ya. Nah berhubung level pedasnya Si Sulung belum sampai level ini akhirnya dia nggak doyan hehehe.

Ya wes lah biar dia tetap bisa makan Indomie Goreng Aceh akhirnya saya bikin lagi tapi kali ini saya hanya memasukkan bumbu bubuknya, kecap dan bawang goreng. Tara… jadilah Indomie Goreng Aceh yang nggak pedes. Kali ini Si Sulung masih complain juga katanya keasinan kemudian dia tambahkan saus. Emaknya cuma geleng-geleng melihat kelakuan Si Bocah.



Finally Si Sulung nggak menghabiskan mi nya, Si Tengah yang awalnya mau juga akhirnya nggak mau karena sudah ditambah saus pedas sama abangnya. Ya sudahlah rezeki emak sholeha ini namanya. Saya habiskan punya Si Sulung dan Indomie kloter pertama yang sudah dibuat. Rasanya memang nikmat, namun nampaknya belum cocok untuk para bocah. Ya iyalah ya anak kecil makan makanan rumahan saja bukan yang seperti ini wkwkwkwk.

Rabu, 16 Januari 2019

Liburan Tapi Tetap Kerja? Lakukan Lima Hal Ini Agar Tetap Asyik

Liburan memang selalu dinanti. Kapan lagi bisa jalan ramai-ramai dan menikmati suasana baru. Namun yang namanya pekerjaan tidak pernah ada habisnya. Apalagi pekerjaan online yang bisa dikerjakan dimana saja. Agar liburan tetap asyik meski ada pekerjaan saya melakukan lima hal ini.

1. Tidak Melakukan Perjalanan Malam
sumber gambar:pixabay

Yang namanya liburan itu nggak afdol kalau tempat yang dikunjungi dekat rumah. Inginnya ya yang lebih jauh walaupun kadang kalau dipikir-pikir objek wisatanya mirip sih hihihi. Dulu kami sering melakukan perjalanan di malam hari, namun perjalanan malam hari ternyata banyak ruginya.
Pertama tidak bisa menikmati pemandangan alam di sekitar, kedua badan lebih lelah karena tidur dalam posisi duduk, lebih-lebih suami yang nyopir malah nggak tidur dan ketiga saya nggak bisa nulis.

Gimana mau nulis ya, di mobil memang Si Bungsu yang baru 2 tahun sambil elus-elus Si Tengah yang masih 4 tahun. Yah jadinya nggak bisa megang smartphone maupun laptop.
Berdasarkan pengalaman ini sekarang dalam membuat perencanaan liburan kami berusaha menghindari perjalanan di malam hari. Meskipun menyebabkan perjalanan lebih lama namun tetap santai dan tidak terlalu capai. Sayapun bisa kerja plus nulis di malam hari hihihi.

2. Siapkan Paket Data

Kita tidak pernah tahu akan mendapatkan wifi  dimana, ya kalau ada, kalau enggak? Bisa mati gaya. Makanya usahakan selalu menyediakan paket data sebelum bepergian. Jadi ketika pekerjaan itu datang sewaktu-waktu kita akan selalu update.

Jika di rumah atau di kantor memang sudah ada wifi membeli paket data secukupnya saja. Tidak perlu membeli yang terlalu besar karena biasanya ada batas waktu pemakaian data. Daripada mubazir mending dibelikan yang lain

3. Alokasikan Jam Kerja
sumber gambar:pixabay

Ingat kita saat ini sedang liburan. Butuh fisik yang kuat sehingga memerlukan asupan gizi dan istirahat yang cukup. Jangan sampai gara-gara pekerjaan kita menyepelekan istirahat. Bisa tekor badan. Harusnya senang-senang malah jadi meriang.

Agar hal tersebut tak terjadi kita harus memiliki alokasi waktu kerja saat liburan. Misalnya jam 3-4 dini hari untuk kerja, jam 9 malam sudah mulai tidur bersama anak-anak. Sehingga waktu istirahat tetap terpenuhi meski sedang liburan sambil bekerja.

Usahakan dalam waktu satu jam pekerjaan kita sudah selesai atau minimal 50 persen. Jadi besoknya bisa selesai. Karena kalau tidak dijadwal dan ditargetkan biasanya kita akan menghabiskan malam untuk kerja dan tidak memikirkan kesehatan diri.

4. Konsumsi Suplemen
sumber gambar: pixabay

Bagi yang tidak biasa traveling, bisa saja kelelahan karena seharian digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Ditambah bangun pagi-pagi untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentu menambah berat beban tubuh kita.

Untuk itu kita perlu mengonsumsi suplemen untuk menambah daya tahan tubuh. Suplemen ini ada banyak dan dijual di apotek. Tinggal pilih saja mana yang cocok.

5. Jangan Lupa Bawa Laptop

Namanya juga kerja online, kemana-mana ya harus bawa gadget termasuk yang satu ini. Laptop wajib dibawa karena bekerja di laptop kadang lebih leluasa daripada bekerja melalui smartphone. Meskipun kadang laptop membuat barang bawaan lebih banyak, tapi tak mengapa kan daripada pekerjaan tidak dapat diselesaikan.

Nah itu dia lima tips liburan tetap asyik meski sambil bekerja semoga bermanfaat.