Rabu, 09 Januari 2019

# Cerita # challenge

5 Makanan Khas Kampar Yang Wajib Kamu Coba

Kampar merupakan salah satu kabupaten yang ada di Riau. Berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu dan Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini juga memiliki kuliner unik yang memanjakan lidah. Apa saja itu?

1. Plito Daun

Kue ini rasanya gurih dan manis. Mirip seperti rasa bubur sumsum tapi lebih gurih karena pakai santan. Bentuknya juga unik. Ada tempat seperti mangkok yang terjadi iat dari daun pisang atau daun pandan.

Kue ini dinamakan plito daiun karena pas dibuka bentuknya menyerupai pelita, gula merah yang ada di dalam bentuknya menyerupai sumbu pelitanya. Namun saya tidak pernah membuka bungkusnya karena memakannya dengan cara langsung dihisap dari ujung atasnya.

Sekali mencoba makanan ini dijamin bakalan ketagihan hihihi.

2. Lopek Bugi

Kalau yang ini terbuat dari tepung ketan. Ada yang dari ketan putih dan ketan hitam dengan isian kelapa perut yang dicampur gula. Dibungkus dengan daun pisang yang bentuknya segi empat dengan punuk di tengahnya

Rasanya gurih manis juga. Jajanan ini bisa didapatkan di Desa Danau Kecamatan Tambang. Ada banyak toko yang menjual lopek bugi. Sama seperti makan plito daun makan jajanan satu ini juga membuat kita ingin lagi dan lagi.

3. Kerupuk Jengkol

Namanya mungkin mengerikan bagi sebagian kalangan. Namun rasanya jangan ditanya. Tapi kalau beli mentah dan goreng sendiri kadang rasanya kurang enak, pahit jadinya. Namun jika bisa menggorengnya rasanya gurih sedikit pahit khas rasa jengkol. Agar lebih nikmat makan kerupuk ini menggunakan sambal cabai merah.

Namun tidak seperti kudapan jengkol di Kalimantan Selatan yang baunya sudah hilang ya. Makan kerupuk ini tetap saja ada bau khas jengkol yang tertinggal. Jadi tetap waspada ya setelah makan cemilan ini.

4. Ikan Salai

Ikan salai merupakan ikan asap. Jenis ikannya juga bermacam-macam, ada ikan baung, lele, patin dan lain-lain. Menurut ibu mertua saya sudah menjadi tradisi bahwa ibu setelah melahirkan wajib makan ikan ini. 

Ikan ini bisa dimasak dengan cara digoreng kemudian dibalado atau dimasak dengan kuah santan. Kekhasan dari makanan ini adalah aroma asapnya yang tetap terasa meski sudah dimasak. 

5. Lemang

Lemang merupakan makanan yang berasal dari beras ketan, diberi santan kemudian digulung dengan daun pisang dan dimasak di dalam bambu dengan cara dibakar. Rasanya gurih, biasanya dimakan bersama dengan durian. Tapi dimakan begitu saja juga sudah lezat sih.

1 komentar: