Selasa, 29 Januari 2019

# Cerita # challenge

5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Rekreasi

Rekreasi kadang dianggap sebagai sesuatu yang kurang bermanfaat dan menghabiskan unag. Padahal rekreasi juga memiliki manfaat antara lain melihat temat baru, menambah wawasan dan pengetahuan, menambah pengetahuan sejarah, me-refresh otak dan bersenang-senang. Seperti yang pernah saya tulis dalam 5 Manfaat Rekreasi Yang Perlu Kamu Tahu.

Namun terkadang rekreasi menjadi petaka tersendiri ketik kurang perencanaan. Misalnya istri murung karena ternyata harus mengeluarkan banyak uang. Atau suami istri bertengkar ketika memutuskan destinasi wisata. Bahkan waktu bisa terbuang percuma karena hal ini.

Nah agar rekreasi menyenangkan coba lakukan lima hal berikut.

1. Rencanakan Liburan

Rekreasi memerlukan waktu khusus utamanya ketika liburan, baik liburan nasional maupun cuti. Nah sebelum memutuskan berekreasi kita juga harus merencanakan kapan liburan. Jangan sampai semua berantakan karena liburan yang tidak terencana.

2. Atur Budget

Yang ini penting banget, jangan sampai istri manyun gara-gara tidak ada perencanaan keuangan. Biasanya kalau tidak ada perencanaan akan terkaget-kaget ketika mengeluarkan uang yang cukup banyak. Namun ketika sudah dianggarkan semua akan berjalan seperti biasa, toh sudah dianggarkan gak ada alasan untk kaget dong.

3. Tentukan Destinasi Wisata

Menentukan destinasi wisata juga harus dipertimbangkan, terlebih jika mengajak anak-anak. Karena tidak semua destinasi wisata cocok untuk anak-anak.

Jika baru pertama kali akan berkunjung coba cek seperti apa fasilitasnya, apakah cocok untuk anak-anak atau tidak. Jangan sampai anak menangis kebosanan atau terjadi hal-hal berbahaya terhadap anak hanya karena kita salah memilih destinasi wisata.

4. Lama Perjalanan

Perlu dipertimbangkan lama perjalanan. Sehingga kita bisa memperhitungkan apakah perlu menginap atau jalan malam. Jika menginap tentu harus disediakan uang penginapan (terkait budget) sedangkan jika memutuskan untuk melakukan perjalanan di malam hari hasrus sedia suplemen supaya badan tidak loyo.

5. Kondisi Fisik

18 komentar:

  1. Tulisannya belum selesai, ya mba? Kalau saya, bujetnya dulu yang paling utama. Maklum, dengan anak banyak, tentunya akan beda bujet yang harus dikeluarkan dengan yang beranak satu atau dua. Jangan sampai kelaparan di tempat wisata gara2 bujet gak cukup. Hehehe

    BalasHapus
  2. Bener banget mbak kelima hal tersebut memang sangat penting ketika perencanaan liburan. Budget yang menurutku utama yang lainnya bisa menyesuaikan dari dana yang ada, adanya dana berapa dan bisa kemana baru deh ngerem anaknya buat liburan, biar gak habis uang cuma buat liburan

    BalasHapus
  3. Saya juga termasuk apa2 harus pakai persiapan, kurang bisa spontan kalau bepergian. Kalau ada yang ga pas, berpengaruh ke mood soalnya. Meskipun ada juga teman yang bilang piknik spontan menyenangkan byk kejutan yang tak terduga katanya..

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah travelling yang bener2 jalan2, biasanya perjalanan jauh cuma ke rumah ortu, heheh

    Tulisannya membantu sekali kalau suatu saat kami jalan2 mba ^^

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah travelling mba, jadi ini artikelnya membantu banget buat bekal kl nnt aku travelling ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  6. Saya termasuk orng yg harus well-prepared kalo mau traveling. Sampai apa apa yg hrus dibawa harus dilist tulis dlu biar ga ada yg ketinggalan. Semuanya pinginnya harus rapiii dan terorganisir gitu. Dan pasti kayak budget itin dll hrus direncanakan dgan baik. Nah baru saat eksekusinya krena ngajak anak 5 bulan jdinya ya ikut anak ajaaa a hahahaha

    BalasHapus
  7. Ehhh jadi pengen rekreasi nih,..
    Biasanya butuh musyawarah dulu sama suami dan anak-anak untuk tujuannya. Kami kasih beberapa destinasi wisata ke anak-anak, lalu mereka akan memutuskan.

    BalasHapus
  8. Berlibur memang butuh perencanaan, apalagi bawa anak-anak. Terima kasih sudah berbagi Mbak.

    BalasHapus
  9. saya sebetulnya kalau travelling suka dadakan gitu. mau ke mana dipikir ntar. tapi saya punya partner yang kalau kemana-mana bener-bener disiapin semuanya. jadi klop. wkwkk

    BalasHapus
  10. Saya juga budget yg utama...
    Kemudian waktu yg tepat serta kondisi fisik ya...,klu lg sakit kan ngk bisa menikmati rekreasinya ..

    BalasHapus
  11. Saya merasakan ...setelah anak-anak beranjak remaja, merencanakan liburan tidak lagi segampang dulu. mengatur waktu yang tepat termasuk hal yang rumit..karena Mereka sudah memiliki jadwal pribadi (ikutan klub olahraga, les, keg ekskul di hari libur dll).

    BalasHapus
  12. Kalau saya juga masalah budget yang utama, soalnya klu nggak ada/minim badget ya nggak bisa travellingnya jauh2 apalgi setelah punya bayi harus dikondisikan juga dengan keadaannya๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  13. Kalau saya sblm plann piknik ya ada dana dulu. Tp tipsnya udh keren yaa...mksh infonya

    BalasHapus
  14. Waaah bisa jadi acuan buat bulan april nih ... Thanks infonya, Mbak Puji ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
  15. Memang perlu persiapan yang matang sebelum rekreasi sekeluarga nih, Mbak. Jangan sampai setelah senang2 eh pulangnya meriang :)
    Bener semua tips-nya. Terutama kalau saya sih terkait budget :)

    BalasHapus
  16. Terima kasih banyak, Mbak..sangat berguna nih buat saya yang punya anak juga. Soalnya kalau bawa anak persiapannya ekstra..haha

    BalasHapus
  17. kalo mo piknik lagi aku yg utama adalah destinasi dulu karena berkaitan dengan budget hehehe...ayo piknik biar gak panik

    BalasHapus
  18. Mba kepotong ya tulisannya? Kalo buat saya yang masih berdua sama suami, kerasa banget kalo random travelling suka ada percikan bete-betean, terutama dari budgeting. Makasi sharing nya ya

    BalasHapus